• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Hobbies
  • >
  • 5 Aplikasi yang Bakal Membantu Kamu Mengasah Skill Main Gitar

5 Aplikasi yang Bakal Membantu Kamu Mengasah Skill Main Gitar

Kalau kamu pingin skill main gitar kamu makin terasah, coba deh rajin-rajin ngulik lewat 5 aplikasi ini, sehari sejam aja pasti cepet jago!

Bisa main gitar mungkin layak masuk dalam daftar hal yang wajib dimiliki setiap cowok. Fungsi main gitar dalam keseharian kita banyak banget, mulai dari bahan untuk mencairkan suasana dalam pergaulan, mengiringi nyanyi-nyanyi saat lagi kumpul seru, sampai modal ngerayu cewek yang lagi kamu taksir.

Tenang aja, kamu nggak mesti sejago Steve Vai atau Joe Satriani kok! Asal bisa menguasai kord beberapa lagu kesukaan atau yang sedang populer saja udah lumayan buat menghibur diri sendiri, dan mungkin juga orang lain. Maka itu, les gitar di tempat kursus musik mungkin bisa jadi pilihan terakhir. Sebagai pengganti praktis, cobain deh mengasah skill main gitar lewat aplikasi di smartphone Android kamu.

Apa saja aplikasi yang bisa membantu kamu makin jago main gitar? Simak beberapa pilihan berikut ini:

Real Guitar

guitar_-_real_guitar

Memiliki rating penggunaan yang cukup baik, aplikasi ini cukup populer di kalangan pemula karena membantu penggunanya belajar gitar dengan model serupa dengan main game Guitar Hero. Intinya, aplikasi ini ibarat simulator yang memungkinkan kamu belajar gitar tanpa gitar.

Pada Real Guitar kamu bisa mengeksplorasi simulasi gitar akustik ataupun listrik; serta bisa dipakai di smartphone atau tablet. Fitur yang juga menarik pada aplikasi ini, kamu bisa merekam sesi belajar gitar kamu dan mengunduhnya dalam format MP3.

Baca juga: 5 Panduan yang Nggak Bikin Kamu Saltum Saat Nonton Konser Musik

Perfect Ear

guitar_-_perfect_ear

Walaupun aplikasi ini tidak spesifik untuk permainan gitar, tapi juga bisa untuk mengasah skill pada instrumen musik lainnya, tapi layak juga dipilih untuk kita yang lagi khusus belajar gitar, karena inti dari aplikasi ini adalah membantu mempertajam kepekaan kita terhadap ritme dan nada.

Perfect Ear memiliki banyak pilihan interval nada, progresi kord, serta pola latihan mengikuti ritme yang bakal bikin kita makin memahami dinamika permainan musik. Mungkin jadi agak serius, tapi percaya deh, kalau diikuti dengan tekun, kamu bakal merasakan permainan musik yang lebih memakai rasa ketimbang menghafal kord.

GuitarTuna

guitar_-_guitartuna

Salah satu aplikasi favorit kami, dan juga bisa dibilang paling penting, serta bakalan sering kamu gunakan saat main gitar. Karena, aplikasi ini adalah pembantu kamu saat perlu menyetem senar gitar. Dan dari sekian banyak aplikasi sejenis, GuitarTuna bisa dibilang yang terbaik dan sangat mudah digunakan. Kamu tinggal aktifkan aplikasi sembari menyetem gitar, dan otomatis aplikasi akan menunjukkan akurasi setelan senar gitar kamu, untuk disesuaikan.

Gokilnya lagi, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk perangkat seperti bas, ukulele, biola, cello, sampai banjo. Buat kebanyakan orang yang sedang belajar gitar dan belum bisa nyetem gitar, aplikasi akan sangat membantu kamu.

Baca juga: 5 Aplikasi Streaming Musik yang Bikin Kamu Nggak Perlu Download Lagu Bajakan Lagi

smartChord

guitar_-_smartchord

Aplikasi ini kami masukkan ke dalam daftar, karena lengkap banget! Pada aplikasi ini tersedia berbagai fitur, mulai dari metronome, fitur buat nyetem gitar, latihan nada, dan lainnya. Tapi fitur utama, sekaligus yang paling menonjol adalah chord library-nya. Lewat aplikasi ini kamu bisa mempelajari berbagai kord yang ada dengan cara mudah. App ini bisa dibilang “the ultimate chord reference”.

Jadi kalau misal, kamu menemukan kord yang nggak biasa seperti Dadd9 atau G#dim, langsung aja buka smartChord dan pelajari cara memainkannya dari instruksi berdasarkan letak senar pada gitar kamu.

Ultimate Guitar Tabs

guitar_-_tabs

Ini dia aplikasi yang kamu perlukan untuk mendapatkan kord berbagai lagu buat kamu mainkan dengan gitar. Aplikasi ini ibarat Google untuk nyari kord lagu. Kamu tinggal ketik judul lagu yang diinginkan, selanjutnya aplikasi ini akan menawarkan pilihan versi kord yang tersedia buat kamu ikuti.

Aplikasi yang gampangnya bisa disebut Tabs ini wajib diunduh kalau kamu termasuk yang perlu memainkan banyak lagu (misal, kamu anak band) atau memang hobi main gitar dan nyanyi-nyanyi sendiri. Sayangnya memang, aplikasi ini berbayar (Rp19.000); dan kalau beneran butuh, percaya deh, aplikasi ini layak dibeli kok!

Baca juga: 5 Aplikasi Anti Stres Buat Pengadu Nasib di Jakarta

Dengan semua aplikasi di atas, dan niat serius kamu belajar, dalam hitungan bulan dijamin kamu bakalan makin mahir main gitar deh! Jadi, yuk cobain, biar kita makin pede mainin lagu-lagu asyik di depan teman-teman dan si kesayangan. Uhuy!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza