5 Aplikasi Buat Belajar Persiapan UAS

Di saat yang lain lagi asyik liburan, kamu masih terjebak dengan UAS. Nggak masalah, ada bantuan dari 6 aplikasi ini kok!

Bulan Desember seharusnya musim liburan akhir tahun. Sayangnya, perjuangan kamu belum berakhir di sini gara-gara Ujian Akhir Semester atau UAS. Setelah proses pembelajaran di kelas dan tugas yang menumpuk selama kurang lebih 4 bulan kemarin, sekarang kemampuan kamu bakal diuji lagi. Mumet rasanya harus ditemani oleh buku semalam suntuk. Gimana kalau coba cara lain untuk belajar? Download dan pakai aplikasi ini, misalnya.

Tinycards – iOS

duolingo-tinycard-screens-1

Sudah pernah dengar Duolingo? Itu lho, aplikasi yang bisa membantu kita belajar bahasa asing. Nah, Duolingo lagi-lagi mengeluarkan aplikasi yang bernama Tinycards. Melalui aplikasi ini, proses menghafal kamu bisa terbantu dengan kartu-kartu virtual di dalamnya. Kamu bisa memilih topik dan subjek, dan yang paling penting, kamu juga bisa membuat board sendiri. Supaya nggak bosan, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk sharing board bareng teman supaya bisa belajar bareng.

GoConqr – iOS & Android

goconqr_flashcard_mobile_03_EN

Mirip dengan Tinycards, GoConqr juga punya fitur di mana kamu bisa bikin flashcards. Bedanya, di sini kamu juga bisa buat mind maps, quiz, dan notes. Semua bisa kamu customize supaya menarik untuk dibaca, seperti warna tabel, font, bahkan attachment foto papan tulis yang isinya catatan dari dosen. Bahkan kamu bisa belajar bareng dosen atau guru dan teman dengan mengisi kuis yang setiap pengguna bisa buat. Daripada ngalor-ngidul di group WhatsApp, mendingan belajar bareng di GoConqr, kan?

Sleep Time Smart Alarm Clock – iOS & Android

sleep_cycle_alarm_iphone_best_apps_screens

Persiapan untuk UAS itu nggak selamanya belajar. Jangan memforsir diri sendiri dengan belajar mati-matian sampai lupa tidur. Yang ada, kamu nggak bakal bisa fokus saat UAS nanti. Kalau kamu terlanjur kesulitan mengatur pola tidur, coba download Sleep Time Smart Alarm Clock, deh. Kehebatannya adalah, aplikasi ini bisa melacak pola tidur dengan merekam gerakan saat tidur melalui microphone. Apakah kamu lagi tidur nyenyak atau light sleep, Sleep Time bisa tahu kondisi tidur kamu. Lalu, aplikasi ini bakal membangunkan kamu dengan cara “halus” yang periode waktunya bisa kamu atur sendiri.

Forest – iOS & Android

forest-app

Ayo ngaku, berapa kali kamu buka handphone dalam waktu 15 menit belajar? Ada notifikasi sedikit aja, kamu bisa langsung tergoda dan berujung bablas buka Instagram. Tenang, kebiasaan buruk ini bisa dihentikan oleh Forest. Teknisnya, aplikasi ini menghitung berapa lama kamu belajar dalam seminggu dengan cara yang unik. Pertama, kamu tanam pohon di dalam Forest dan tanaman ini bisa tumbuh asal kamu tetap buka aplikasi ini selama belajar. Semakin cepat pohonnya tumbuh, itu berarti kamu sudah berhasil nggak kecolongan cek akun social media.

Self-Control to Focus – iOS

screen696x696 (2)

Satu lagi aplikasi yang bisa bantu kamu fokus belajar, terutama untuk kamu susah berhenti buka handphone tingkat akut. Melalui Self-Control to Focus, kamu bisa mengatur password baru yang sulit dan pilih “Forget” lalu log out. Password-nya sendiri bisa kamu atur. Entah itu kombinasi huruf dan angka atau pattern. Setelah itu, atur berapa lama aplikasi ini akan memblokir kamu dari godaan buka handphone. Memang agak ekstrem, tapi sangat membantu untuk fokus.

Belajar dari buku sudah, dibantu 5 aplikasi di atas juga sudah. Berarti sekarang siap untuk tempur ke medan UAS, dong? Ayo semangat!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza