5 Alasan Kenapa Jokowi Ngajak Kamu Liburan Ke Mandalika

Pengen tau kenapa Mandalika wajib kamu jadiin destinasi liburan kamu? Baca ini, dijamin kamu penasaran buat berkunjung ke Mandalika.

Bagi sebagian besar orang, nama Mandalika masih kedengeran asing di kuping. Kalo kamu nyari di Google, yang muncul di Wiki malah pulau Mandalika di Laut Jawa, yang masuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Nah, Mandalika yang satu ini jelas beda. Ini adalah sebuah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Belakangan ini, Mandalika jadi hot topik sejak Presiden Jokowi nge-vlog saat lagi berkunjung ke kawasan ini bareng gubernur Nusa Tenggara Barat. Di vlog ini, banyak orang yang takjub dengan keindahan KEK Mandalika. Kini, mulai dari traveler lokal, internasional hingga para investor mancanegara pun ngelirik Mandalika. Nah, buat kamu yang penasaran, berikut beberapa hal menarik dari Mandalika yang bakal bikin kamu makin pengen liburan ke tempat ini.

1. Punya sejarah yang menarik

A post shared by Danu Damarjati (@damarjatidanu) on

Buat kamu yang seneng banget sama wisata sejarah, Mandalika punya sejarah nama yang berasal dari nama seorang putri cantik kerajaan di suku Sasak. Kecantikannya ini bikin baper banyak pangeran yang pengen ngajak putri Raja Tonang Beru dan Ratu Seranting dari kerajaan Tanjung Bitu. Karena banyaknya pangeran yang baper dengan Mandalika, akhirnya terjadi pertempuran buat ngerebutin sang putri. Demi perdamaian, putri Mandalika pun mengorbankan dirinya dengan terjun ke laut agar nggak satu pun yang bisa memilikinya. Tapi ia sempet berpesan kalo dengan cara yang khusus, ia akan kembali tiap tahun membawa nasib baik buat orang-orang yang dia cintai. Patung putri Mandalika yang lagi diperebutkan para pangeran ini diabadiin dalam bentuk monumen di Pantai Seger, Lombok.

Baca juga: 5 Penginapan Murah Meriah Dekat Pantai Bali Yang Harus Banget Dicoba

2. Punya festival nangkep cacing di laut

A post shared by West Waisnawa (@westnawa) on

Ini masih ada kelanjutannya dari kisah putri Mandalika. Waktu sang putri menceburkan dirinya ke laut, banyak orang yang berusaha nyari jasad sang putri, tapi nggak ketemu. Malah yang muncul adalah binatang laut mirip cacing yang dinamain Nyale. Orang percaya kalo Nyale ini adalah jelmaan Putri Mandalika yang ingin ngasih kebaikan bagi penduduk, yang mungkin berupa kesuburan tanah dari cacing-cacing tersebut. Akhirnya muncul tradisi tahunan yang dinamain Bau Nyale, yang artinya nangkep cacing. Biasanya dilaksanain sekitar bulan Februari dan Maret di kawasan pantai Seger dan sekitarnya.

3. Pantainya bakal bikin Instagram kamu keren banget

A post shared by detikTravel (@detiktravel) on

Kamu yang sempet liat vlog nya presiden Jokowi pasti merinding liat keindahan pantai di sekitar Mandalika ini. Ya, ada sekitar 5 pantai cantik di kawasan Mandalika. Selain Pantai Seger, ada juga Pantai Tanjung Aan, Pantai Serenting, Pantai Gerupuk dan Pantai Kuta. Pantai Tanjung Aan punya pasir putih yang indah dan dikelilingin bukit-bukit hijau. Pantai Serenting masih sangat alami dan nggak banyak orang yang tau keindahannya. Pantai Gerupuk sangat tepat buat kamu yang doyan surfing. Sementara pantai Kuta, lumayan ramai turis dengan banyak toko-toko suvenir.

Baca juga: Aksesori Ponsel Wajib Saat Liburan ke Pantai

4. Dikelilingin tempat-tempat wisata seru

A post shared by rian ading (@rian_ading) on

Kalo kamu berkunjung ke Mandalika saat ini, ada beberapa tujuan wisata selain pantai yang wajib kamu kunjungin. Di antaranya yaitu Wisata Desa Sade, Bukit Merese dan Batu Payung. Desa Adat Sade adalah salah satu desa tradisional suku Sasak di wilayah Kabupaten Lombok Tengah. Desa ini masuk dalam daftar 10 desa terindah di Indonesia. Bukit Merese adalah spot paling keren buat nikmatin pemandangan Mandalika dari dataran tinggi. Sementara Batu Payung adalah fenomena alam yang unik dan jadi spot terbaik buat liat sunset.

5. Bakal jadi tempat liburan keren bertaraf internasional

A post shared by Jawa Pos (@jawapos) on

KEK Mandalika punya lahan seluas 1.034 hektar yang bakal dipersiapkan buat kawasan wisata unggulan bertaraf internasional. Selain bakal dibangun hotel dan resor berkelas dengan 10.000 kamar, juga bakal dibangun sirkuit balap kelas dunia, convention center dan infra struktur penunjuang pariwisata setempat. Targetnya, proyek khusus ini bakal kelar di tahun 2019 nanti.

Kalau penasaran, coba lihat deh Vlog Presiden Jokowi satu ini:

Jangan khawatir, kamu nggak perlu kelamaan nunggu liburan ke Mandalika. Sekarang pun, kamu udah bisa traveling ke sana. Nikmatin aja suasana alam kawasan Mandalika yang masih asri saat ini. Mumpung biaya akomodasinya belum membengkak.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza