4 Peralatan Wajib Punya untuk Memulai Hobi Sketching

Belakangan, hobi menggambar atau sketching sedang marak. Apa saja sih kebutuhan untuk memulai hobi sketching ini?

Untuk kamu yang hobi menggambar, belakangan sketching kembali populer di kalangan anak muda. Hobi yang satu ini ini bisa mengasah rasa, mempertajam pengamatan dan detail, melatih kesabaran hingga menanamkan disiplin. Untuk memulai hobi sketching, ada beberapa peralatan dan bahan yang wajib kamu miliki. Apa saja? Simak di bawah ini.

sketching

Kertas

Untuk menggambar, tentu saja dibutuhkan kertas—kecuali kamu biasa menggambar di daun lontar seperti Mpu Gandring. Jika kamu baru saja menggeluti hobi sketching, disarankan memakai kertas fotokopi. Harga kertas fotokopi yang murah membuatmu nggak sayang untuk menghabiskannya. Selain itu, kertas fotokopi juga cukup kuat untuk berkali-kali dihapus tanpa merusak permukaan kertas. Kalau kamu sudah naik tingkat dari pemula, saatnya kamu memakai kertas yang lebih bervariasi. Ada banyak sketchbook yang bisa kamu sesuaikan dengan gaya dan peralatan yang kamu pakai.

sketching

Pensil

Bagi pemula, pakailah pensil apapun yang kamu punya. Yang terbaik adalah pensil 2B (itu lho, pensil yang dipakai untuk mengisi lembar jawab komputer) karena cukup lunak tapi bisa menghasilkan warna hitam yang solid dan warna abu-abu yang lembut.

Bila sudah naik tingkat, kamu membutuhkan satu set berisi 12 pensil sebagai ‘amunisi’ hobi sketching kamu. Pastikan set pensil itu memiliki pensil jenis B. Satu set berisi 12 pensil biasanya terdiri dari pensil H (keras), F (medium), HB, B (Hitam) dan berurutan pensil 2B hingga 9B.

Kalau kamu suka membuat gambar/sketsa berukuran kecil, memakai pensil mekanis bisa juga kok. Ada banyak ukuran ujung pensil mekanis, mulai dari yang terkecil berdiameter 0,2 mm hingga terbesar berdiameter 5,6 mm. Yang paling umum dipakai adalah yang berdiameter 0,5 mm yang juga umum dipakai untuk menulis. Harus diingat, pensil mekanis nggak cocok buat kamu yang ingin membuat gambar besar karena akan memakan waktu lama untuk menyelesaikan sebuah gambar/sketsa.

sketching

Penghapus

Sebagai pemula di bidang hobi sketching, sebuah penghapus plastik berwarna putih sudah cukup. Kamu juga bisa memotongnya bila ingin menghapus bidang gambar yang kecil. Untuk tahap lanjut, kamu bisa memakai kneaded eraser, yakni penghapus yang berwujud seperti tanah liat, bisa dipotong dan dibentuk-bentuk seperti malam. Kemampuan kneaded eraser sangat baik dan nggak meninggalkan kotoran di kertas.

sketching

Asahan Pensil

Gunakan pengasah pensil yang biasa kamu pakai. Saran kami, jangan mengasah pensil terlalu tajam karena karbon dari pensil yang tajam itu bisa masuk terlalu dalam ke kertas dan jadi susah dihapus. Kalau pensilmu terlalu tajam, kamu bisa menggores-goreskannya lebih dahulu ke kertas bekas atau karton. Kamu juga bisa memakai pisau atau cutter untuk mengasah pensil, tapi harus lebih berhati-hati dalam mengasah jangan sampai bagian karbonnya patah.

Dari penjelasan di atas, kesimpulannya adalah hobi sketching bukan hobi yang mahal. Pakailah peralatan-peralatan yang kamu mampu beli. Asalkan kamu tekun dan rajin latihan, pasti karyamu akan makin bagus. Kapan mulai menggambar?

Baca Juga:
Koleksi Mobil Diecast, Hobi yang Bawa Untung
Deretan Game yang Bikin Tubuh Sehat!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza