4 Jersey Bersejarah para Juara Liga Champions

Buat kamu yang koleksi jersey, nggak lengkap rasanya kalau nggak punya 4 jersey yang ini.

Final Liga Champions selalu menyajikan keseruan dan kejutan tersendiri. Tak jarang tim-tim unggulan harus menerima kekalahan dari tim underdog dengan cara yang dramatis. Ada juga tim yang mengukuhkan kejayaannya dengan menjuarai semua kompetisi yang diikuti, termasuk Liga Champions.

Tahukah kamu, beberapa jersey dari tim sepakbola yang menjuarai Liga Champions dengan dramatis masih jadi icon hingga saat ini. Nggak heran harganya melambung tinggi. Jika harga jersey saat ini dibanderol dengan harga 800.000 rupiah, maka jersey bersejarah ini bisa ditebus dengan harga jutaan rupiah!

jersey Manchester United '99

Manchester United ’99

Siapa nggak ingat kejayaan Manchester United pada musim 1998-1999? Selain sukses menjadi juara di Liga Inggris dan Piala FA di Inggris, tim asuhan Sir Alex mampu menjuarai Liga Champions dengan dramatis.

Manchester United harus menerima kebobolan di menit-menit awal dan tertinggal dari Bayern Munich. Terus menekan, United akhirnya berhasil menyamakan kedudukan di menit 90 yang diawali dengan sepak pojok David Beckham. Terkejut karena kedudukan disamakan di menit akhir, bencana bagi Bayern justru datang beberapa menit kemudian. Solksjaer sukses merobek jala Bayern sekaligus mengukuhkan Manchester United sebagai juara.

Dengan final yang dramatis, dan sukses meraih treble winners, tak heran jersey Manchester United tahun 1999 ini diburu semua fans United. Di ebay, harga jersey United dengan nama punggung pemain bisa mencapai 5 jutaan.

jersey Liverpool '05

Liverpool ’05

Miracle of Istanbul, itulah namanya. Saat half time, AC Milan unggul tiga gol tanpa balas atas Liverpool. Pertandingan nampak sudah usai karena belum pernah ada tim yang mampu comeback dari tiga gol dalam final Liga Champions sebelumnya. Namun keajaiban terjadi.

Dalam babak kedua, gol dari Gerrard, Smicer dan Xabi Alonso sukses menyamakan kedudukan menjadi 3-3. Pertandingan pun dilanjutkan ke extra time. AC Milan sebenarnya punya peluang untuk memenangkan pertandingan, andai kiper Liverpool, Dudek, nggak melakukan penyelamatan gemilang. Akhirnya, Liverpool sukses keluar menjadi juara melalui adu penalti.

Hingga saat ini, Liverpudlian masih menganggap malam itu adalah malam terbaik mereka. Jersey Liverpool di musim 2004-2005 pun laku keras di pasaran. Jika kamu ingin membeli jersey Liverpool musim 2005, kamu harus merogoh kantong hingga 3 juta rupiah. Masih berminat?

jersey AC Milan '94

AC Milan ’94

Final Liga Champions tahun 1994 adalah final kedua beruntun bagi AC Milan. Musim sebelumnya, AC Milan harus menerima kekalahan dari Marseille dan merelakan piala melayang ke Prancis. AC Milan pun mendapatkan kesempatan kedua pada tahun 1994.

Namun lawan di final bukan tim sembarangan. Milan harus melawan Barcelona yang saat itu baru saja menjuarai Liga Spanyol. Terlebih, Milan harus bermain tanpa pemain andalan mereka, van Basten dan Baresi. Tak disangka, Milan sukses menghancurkan Barcelona dengan empat gol tanpa balas. Fabio Capello, manajer Milan saat itu sukses menampilkan performa terbaik pada malam itu.

Walaupun menjadi underdog, Milan ternyata mampu mengejutkan penggemar bola di seluruh dunia dengan kemenangan besar mereka. Jersey Milan musim ini pun menjadi icon kejayaan mereka di ranah Eropa. Tak heran jika jersey Milan musim ’94 menjadi salah satu jersey termahal di pasaran. Harganya bisa mencapai 2 juta rupiah.

jersey Chelsea '12

Chelsea ’12

Sejak kebangkitan Chelsea melalui kucuran dana dari Abramovich, obsesi menjadi juara Eropa memang terlihat jelas. Meski berulang kali menjuarai liga lokal, Abramovich nampak belum puas jika Chelsea belum menjuarai Liga Champions. Setelah kalah dari rival mereka, Manchester United, pada tahun 2008, Chelsea mendapat kesempatan kedua pada tahun 2012.

Jalan menuju juara bagi tim Abramovich tidak mulus. Walaupun berhasil menyingkirkan Barcelona dalam semifinal, Chelsea harus menghadapi Bayern Munich di kandangnya, Allianz Arena. Selama 90 menit, Bayern Munich menguasai pertandingan dan unggul lewat gol Muller.

Lima menit jelang pertandingan berakhir, Drogba mampu menyamakan kedudukan lewat sundulan. Chelsea akhirnya keluar menjadi juara lewat adu penalti. Ini adalah kali pertama Chelsea menjuarai Liga Champions sepanjang sejarah klub. Jersey mereka musim pun jadi saksi sejarah, hingga harganya menjulang tinggi. Jika kamu ingin membeli jersey yang digunakan Chelsea di malam final Liga Champions, kamu harus rela membayar hingga 4 juta rupiah.

Dari empat jersey di atas, tentunya yang punya Milan yang tertua, namun masih banyak peminatnya. Kira-kira kamu tertarik beli yang mana?

Baca Juga:
Meski Kurang Tenar di Dunia Bola, Nama Indonesia Harum Banget di Ranah Bulu Tangkis
Pengin Beli Jersey secara Online? Simak Dulu Panduan Kami Biar Nggak Salah Ukuran

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza