4 Hal yang Perlu Kamu Tahu Kalau Mau Bikin Video Timelapse

Lagi pengin coba bikin video timelapse tapi bingung mau mulai dari mana? Ikutin panduan ini saja.

Pernah lihat video pemandangan kota yang berubah dari pagi, siang, hingga malam dalam waktu beberapa detik saja? Atau video ulat memakan daun hingga hanya tersisa batang dalam sekejap mata? Teknik mengambil video ini dinamakan timelapse. Singkatnya, video yang kamu rekam dipercepat hingga beberapa kali lipat sehingga menyingkat proses yang berlangsung beberapa jam selesai dalam waktu beberapa detik. Merekam video timelapse sebenarnya nggak terlalu susah, asal kamu tahu caranya. Tenang, kami punya panduannya.

A video posted by picturethis_ (@picturethis_) on

Pilih Objek

Sebelum memulai segala macam proses rumit untuk mengambil video timelapse, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih objek. Hal ini penting, karena gerakan setiap objek tentu berbeda. Misalnya, timelapse manusia menyeberang di persimpangan jalan padat membutuhkan teknik pengambilan video yang berbeda, dibandingkan dengan matahari terbit.

Interval Waktu

Kalau kamu pengin bikin video timelapse dengan objek yang bergerak cepat, maka pengambilan gambar memerlukan waktu yang cepat juga. Interval pengambilan foto sebaiknya diatur di antara satu foto per detik hingga satu foto per 0.5 detik. Untuk objek yang memiliki pergerakan lambat (contohnya matahari terbit), maka pengambilan gambar bisa diperlambat. Sedangkan untuk timelapse dengan pergerakan objek sangat lambat (contohnya pembangunan jembatan layang), maka waktu pengambilan gambar sebaiknya diatur dalam interval waktu 5 hingga 10 menit.

 

A video posted by Matheus Perisse (@mateosbolado) on

Isi Penuh Baterai Smartphone

Pastikan baterai smartphone kamu terisi penuh sebelum memulai proses pengambilan gambar timelapse. Nggak lucu dong, di tengah proses mengambil timelapse orang yang menyeberang jalan padat tiba-tiba smartphone kamu mati karena baterainya habis. Kalau kamu nggak yakin dengan kapasitas baterai smartphone-mu, nggak ada salahnya untuk langsung colokin powerbank sedari awal.

Perhitungkan Waktu yang Dibutuhkan

Bikin video Timelapse itu perlu kesabaran dan ketelitian yang tinggi. Ya, mirip-miriplah sama mancing di laut atau kolam. Satu video Timelapse setidaknya butuh waktu satu jam untuk merekamnya, tapi tergantung juga sama objek yang kamu pilih. Belum lagi, kamu harus mengeditnya untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Baca Juga: Edit Video Kamu dengan 4 Aplikasi Pilihan Ini  

A photo posted by John (@perthinpictures) on

Pakai Tripod

Sanggupkah kamu menahan smartphone selama satu jam penuh, tanpa gerak sama sekali? Percaya deh, kamu nggak sesanggup itu. Ini momennya kamu menghargai inovasi masa kini yang diberi nama tripod. Benda yang satu ini penting banget buat menstabilkan smartphone kamu sehingga nggak bergetar dan merusak timelapse yang lagi kamu bikin. Oh, nggak perlu membeli tripod yang mahal, yang penting bisa menyangga smartphone kamu dengan mantap selama proses perekaman berlangsung. Tidak goyah saat tertiup angin dan kesenggol tangan. Pejantan tangguh bangetlah pokoknya kalau kata Sheila on 7.

A video posted by Derrick Lytle (@derricklytle) on

Jangan Lupa: FOKUS

Terakhir, sebelum mulai merekam pastikan kamu sudah melakukan setting dasar kamera pada smartphone. Contohnya, filter, white balance, exposure, dan ISO (kalau kamu memang ngerti cara mengaturnya). Jangan lupa, pastikan fokus kamu sudah terkunci dengan benar. Jangan sampai setelah merekam video selama beberapa jam, timelapse kamu justru gagal karena nge-blur. Sedih bangetlah rasanya.

Setelah membaca tips di atas, kamu sudah siap untuk mengambil video timelapse versi kamu sendiri. Jika kamu gagal dalam percobaan pertama, jangan khawatir. Semua indah pada waktunya.

Baca Juga: Bikin Timelapse Pakai GoPro? Bisa Banget

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza