4 Hal yang Harus Diperhatikan Kalau Hunting Foto di Tempat Baru

Yang namanya hunting foto, pasti membutuhkan beberapa pengorbanan tersendiri. Nggak jarang demi foto yang bagus buat menghasilkan ratusan like di Instagram, kamu rela mengembara dan mencari spot baru.

Sebelum berangkat mencari spot foto terbaru, atau hunting foto, jangan lupa riset dulu. Apakah benar tempat tersebut layak untuk diperjuangkan? Kapan waktu terbaik untuk pergi ke sana? Setelah kamu bisa menjawab pertanyaan di atas, jangan lupa untuk memperhatikan beberapa hal saat kamu hunting foto di kota kecil. Di antaranya:

Jangan ganggu orang saat beribadah


Jika kamu mengunjungi tempat yang memiliki cara atau tempat beribadah yang unik, tentu ini bisa jadi salah satu objek foto menarik. Contohnya, Pura tempat umat Hindu di Bali beribadah. Namun jangan lupa untuk tetap menghormati mereka yang sedang beribadah. Jangan sampai demi postingan Instagram, kamu mengganggu prosesi sakral antara sang umat dengan Tuhan-nya.

Minta izin saat ingin foto wajah stranger

A photo posted by Gamal AN (@drtyvibes) on


Selain proses beribadah, ekspresi wajah stranger yang kamu temui di jalanan juga bisa jadi salah satu objek menarik. Walaupun biasanya orang lokal akan senang bila difoto (karena berasa artis?), tapi nggak ada salahnya untuk selalu minta izin. Siapa tahu dia orangnya agak pemalu dan nggak suka difoto. Ya, daripada kamu menghadapi drama yang nggak perlu, nggak ada salahnya kan minta izin.

Ketahui mana tempat yang keramat

A photo posted by Blacky Yap (@blacky_yap) on


Percaya nggak percaya, jika kamu pergi ke kota kecil pasti banyak, deh, ditemukan tempat yang dianggap kramat atau sakral oleh penduduk lokal. Nah, walaupun hal ini nggak sesuai kepercayaan kamu, tapi ingat kamu sedang mencari foto di tempat asing. Jangan sampai mereka merasa terganggu karena kamu hunting foto di tempat yang mereka anggap keramat. Contohnya, candi peninggalan masa lalu atau pura tempat upacara.

Jika berkunjung ke pedalaman, temui dulu kepala sukunya

A photo posted by Singgih Bintoro (@singgihan) on


Poin terakhir ini berlaku jika kamu mengunjungi daerah pedalaman yang masih dihuni oleh suku setempat. Pastikan kamu meminta izin dulu kepada kepala sukunya atau orang yang biasa mengurus aktivitas turis. Hal ini diperlukan, agar mereka tahu keberadaan kamu dan nggak salah sangka. Beberapa suku pedalaman di Indonesia justru senang, loh, jika kedatangan turis. Ya, hitung-hitung tambah teman lah.

Setelah membaca tips di atas, semoga kamu nggak kikuk dan sembarangan lagi ya saat hunting foto di kota kecil. Selalu ingat untuk menghormati adat dan hukum yang berlaku di kota yang kamu kunjungi, ya!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza