• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Gadget
  • >
  • 4 Gadget Ini Bisa Jadi Hadiah Yang Tepat Buat Adik Kamu

4 Gadget Ini Bisa Jadi Hadiah Yang Tepat Buat Adik Kamu

Tak semua gadget “membahayakan” buat anak-anak, ada kok gadget yang berguna buat mereka. Coba cek gadget untuk adik yang oke buat hadiah ini.

Banyak yang bilang, gadget itu kurang baik untuk anak kecil, karena dapat menimbulkan ketergantungan mereka terhadap gadget yang akhirnya membuat anak kehilangan kreativitasnya. Menjamurnya game buat anak kecil membuat mereka betah menghabiskan berjam-jam cuma buat main gadget. Padahal, seharusnya mereka explore dunia luar dan bermain dengan teman seusianya.

Nah, buat kamu yang punya adik dan takut mereka jadi terbatas kreativitasnya karena menggunakan gadget, sebenarnya ini nggak perlu terjadi kalau kamu tahu kegunaan masing-masing gadget tersebut. Ini dia contohnya:

Smartphone

A photo posted by iPhone 7 (@_iphone_7) on

Perdebatan soal perlu atau nggaknya anak kecil diberikan smartphone memang nggak bakal ada habisnya. Tapi tentunya hal ini sudah nggak bisa dihindari lagi karena hampir semua anak kecil menggunakan smartphone buat main game. Jika kamu ingin memberikan smartphone, pastikan untuk nggak ngasih yang mahal-mahal banget dan terlalu canggih. Selain itu, batasi akses mereka ke beberapa situs yang bisa berbahaya. Lengkapi juga smartphone dengan aplikasi bermanfaat seperti GPS tracker (Find my iPhone, dan sebagainya).

Baca juga: Cari Tahu Smartphone yang Tepat Untuk Kepribadian Dia

Tablet

via GIPHY

Nggak perlu ragu-ragu memberikan tablet buat adik kamu. Tapi ingat, selalu nyalakan fitur family control agar adik kamu nggak mengakses situs-situs dengan konten yang nggak layak buat dia. Selain itu, install- lah beberapa aplikasi yang dapat memacu kreativitas dia. Contohnya, aplikasi gambar, atau game teka teki. Selain itu kamu juga bisa meng-install aplikasi yang isinya cerita atau dongeng dengan gambar lucu yang bakal disukai.

Kamera Mirrorless

via GIPHY

Jika setelah diberikan smartphone, adik kamu mulai menunjukkan bakat di bidang fotografi, nggak ada salahnya mulai mengenalkan dia dengan kamera digital sejak usia dini. Nggak perlu beli kamera yang mahal-mahal, banyak kok kamera mirrorless di bawah 5 juta yang bisa kamu beli sekarang. Jangan lupa pastikan kamu melengkapi kamera dengan case tahan banting. Ya namanya juga anak kecil, pasti suka ceroboh, kan.

GoPro

A photo posted by gopro (@gopro) on


Nah, kalau adik kamu nggak terlalu kecil dan mulai akrab menggunakan kamera, salah satu cara untuk mengajak anak beraktivitas di luar adalah dengan memberikannya GoPro. Zaman sekarang, banyak kan aktivitas outdoor yang bisa diikuti oleh anak kecil. Dari mulai gokar, motor cross, hingga outbound. Nah dengan memberikannya GoPro, nantinya dia bisa melihat gimana serunya aktivitas tersebut. Selain sebagai dokumentasi, pasti dia bakal makin semangat dan pengin main lagi.

Memberikan gadget buat anak kecil memang bakal selalu jadi isu hangat. Tapi, selama kita bisa membatasi akses dan tahu bagaimana memanfaatkan gadget dengan positif, harusnya sih nggak ada masalah.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza