4 Filter VSCOcam Terbaik untuk Foto Instagram Kamu

Suka mengedit foto untuk di-posting di Instagram? Kalau iya, sudah pernah pakai filter yang berikut ini?

Instagram memang aplikasi edit foto pertama dan yang paling terkenal di antara mereka yang suka banget foto dengan smartphone (atau istilah kerennya mobile photography). Tapi sayangnya, kini Instagram tak lagi sendiri. Munculnya aplikasi edit foto bernama VSCOcam, membuat filter di Instagram mulai ditinggalkan.

VSCOcam menawarkan deretan filter yang terlihat lebih minimalis dan menonjolkan warna tertentu. Beda banget dengan filter Instagram yang cenderung menghancurkan warna asli foto dengan warna bawaan filter. Butuh rekomendasi untuk filter di VSCOcam? Ini 4 filter yang bisa kamu dapatkan gratis di VSCOcam.

A photo posted by Gastón Oliva (@gastonoliva) on

C1 – Vibrant

Jika kamu ingin menonjolkan warna kuning, hijau, atau warna cerah lainnya dalam fotomu, maka C1 adalah pilihan terbaik. Misal, foto salad untuk makan siangmu yang berisi bermacam-macam sayuran. Warna dari tiap sayuran akan lebih keluar dan tegas dengan filter ini. Bahkan, saus mayo dalam salad kamu pun akan terlihat jauh lebih menarik. Untuk menghindari over-colored, atur level filter pada angka +6. Untuk melakukan ini, kamu hanya perlu menekan filter sekali lagi.

A photo posted by Amber Murray (@amberisthesea) on

T1 – Moody

Pernah lihat foto pemandangan hutan yang biasanya diiringi dengan quote penuh inspirasi dan efek faded atau mengabur? Filter yang bernama T1 adalah kuncinya. Sesuai namanya, Moody, filter ini bakal kasih efek kabur atau fade di foto kamu. Foto kamu akan kehilangan warna dan kontrasnya.

A photo posted by leanne (@leyaannn) on

Saran kami, sebaiknya kamu nggak memasang filter ini pada foto yang miskin warna karena cuma bakal bikin fotomu terlihat membosankan. Filter ini justru cocoknya dipasangkan dengan foto buku yang kamu baca saat weekend atau foto pemandangan yang berkesan galau kayak lagi di tengah hutan di Gunung Pancar. Untuk mendapatkan hasil maksimal, set level filter ini ke angka +12.

A photo posted by qi (@runyoko) on

HB1 & HB2 (Hypebeast x VSCO)

Berbeda dengan Instagram, VSCO sering bekerja sama dengan pihak ketiga untuk meluncurkan filter mereka sendiri. Baru-baru ini VSCO bekerjasama dengan Hypebeast meluncurkan filter khusus yang terdiri dari dua pilihan: HB1 dan HB2.

Baca Juga: 4 Smartphone dengan Kamera Terbaik Favorit Gadget Freak

Sesuai dengan konsep Hypebeast.com, HB1 dan HB2 cocok digunakan untuk foto landscape kota, #ootd, dan foto sneakers kamu. Perbedaan HB1 dan HB2 terletak pada tone yang diberikan. Kalau HB1 memberikan tone yang lebih terang dengan sedikit efek warna biru, sedangkan HB2 terlihat lebih gelap dengan fokus pada warna black and white.

A4, A5, A6 (The Aesthetic Series)

Selain bekerjasama dengan brand, VSCO juga meluncurkan filter sendiri dengan tema tertentu. Salah satu favorit user, adalah Aesthetic Series. Seri filter ini terinspirasi dari tone foto yang diambil oleh kamera analog klasik. Ada A4 dan A6 yang bisa mengubah foto kamu menjadi lebih halus dan menonjolkan tone natural. VSCO mengklaim filter ini cocok digunakan untuk foto interior, potrait, dan food photography ala food blogger.

Baca Juga: Ini yang Bikin Foto Makananmu Dapat Banyak Likes di Instagram

A photo posted by g e g e (@gegee_) on

Aesthetic Series memiliki tiga filter, A4, A5, dan A6. Foto dengan filter A4 akan terlihat lebih kecoklatan. Efek Preset A5, nggak jauh beda dengan HB1. Sedangkan A6 akan mengubah fotomu menjadi lebih natural dengan warna monochrome.

Coba utak-atik saja filter VSCOcam yang ada dengan memaninkan kontras, brightness, atau temperatur untuk foto. Butuh skill memang, tapi nanti juga akan terbiasa!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza