4 Filter VSCO Wajib Pakai untuk Foto di Gunung

Kelar liburan, pasti banyak foto yang menunggu buat diedit. Daripada ribet nyobain satu-satu filter VSCO, kami pilihkan yang terbaik!

Menghabiskan liburan dengan naik gunung memang seru. Apalagi kalau kamu kebetulan fotografer, atau sekadar punya teman fotografer. Dijamin setelah berjam-jam mendaki dan turun lagi, kamu bakal punya banyak foto bagus yang siap untuk diolah sebelum naik ke Instagram feed kamu.

Perjuangan kamu belum selesai hingga foto itu siap untuk diunggah. Proses kurasi satu foto terbaik dari puluhan bahkan ratusan bisa memakan waktu beberapa jam. Setelah itu, kamu masih harus mengedit foto itu. Pastinya kamu nggak mau dong foto ciamik kamu gagal karena salah ngedit. Padahal awalnya kamu yakin foto itu pasti bakal di regram oleh akun-akun traveller di Instagram.

Proses ngedit pun bisa macam-macam. Jika kamu anaknya agak pro sedikit, pasti kamu bermodalkan Photoshop atau Lightroom. Tapi kalau kamu anaknya suka yang sederhana, dan cepat, coba deh ngedit pakai aplikasi VSCO di smartphone kamu. Nah daripada kamu menghabiskan waktu buat download, dan nyobain satu-satu Preset (filter) nya VSCO, kami punya beberapa rekomendasi buat kamu.

Hypebeast x VSCO – HB 2

A photo posted by G E G E (@gegee_) on

Salah satu preset terbaik yang tersedia di VSCO, adalah hasil kolaborasi dengan Hypebeast. Preset ini awalnya dibuat guna menambah kesan bold dan modern pada foto-foto jalanan atau kota. Dengan menambah kesan gloomy dengan warna kebiru-biruan, dan kontras yang semakin tegas, preset ini bisa jadi pilihan tepat buat foto gunung di saat mendung atau hujan.

The Aesthetic Series – A4

A photo posted by G E G E (@gegee_) on

Seringkali foto yang kamu ambil sudah terasa mendekati sempurna, dan hanya butuh sedikit sentuhan saja. Entah itu lighting, kontras, atau sedikit menambahkan fade. VSCO juga punya filter untuk itu; Aesthetic Series namanya. Preset ini punya tone yang natural, dan nggak bakal mengubah foto kamu secara drastis. Preset pertama dari koleksi ini, adalah A4. Preset ini paling cocok digunakan pada foto dengan pencahayaan terang, dengan cahaya yang dominan. A4 tidak akan membuat foto kamu kehilangan warna asli, tapi justru menonjolkannya.

The Aesthetic Series – A6

A photo posted by G E G E (@gegee_) on

Masih dari koleksi Aesthetic Series, preset berikutnya adalah A6. Perbedaan antara dua preset ini terletak pada tone yang dihasilkan. Jika A4 punya tone yang natural, A6 cenderung menonjolkan warna foto kamu, tapi tetap dengan mood natural. Jika kamu punya foto pemandangan yang berlebihan cahaya, maka preset ini cocok banget buat meredamnya dan menonjolkan pemandangannya.

NIKELAB ACG X VSCO

A photo posted by Jc (@jc_captures) on


Last but not least, VSCO punya kolaborasi menarik dengan NIKELAB. Kolaborasi ini sukses menghasilkan sebuah preset yang cocok digunakan untuk foto-foto urban dengan kondisi cuaca yang intens. Pilih foto yang menunjukkan saat kamu sedang hiking, dengan latar belakang jalanan atau medan yang ditempuh. Dengan sedikit menambahkan cahaya pada Preset ini, dijamin kamu mendapatkan banyak likes di Instagram.

Baca juga: 5 Trik Bikin Foto Liburan Superkece di Medsos

Kalau kamu sudah jago ngedit pakai aplikasi VSCO, jangan lupa untuk benerin tone foto Instagram kamu agar setiap feed-nya senada dan kece.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza