4 Aktivitas Seru Buat Mahasiswa Selain Pacaran

Mahasiswa nggak melulu soal tugas dan kejar-kejar dosen, kok. Kamu masih bisa melakukan segudang aktivitas sambil eksis.

Kegiatan kampus dari pagi sampai malam setiap harinya memang bikin jenuh setengah mati. Belum lagi tugas yang menumpuk menunggu untuk dikerjakan di kosan nanti. Atau kamu termasuk mahasiswa yang jadwal kuliahnya selang-seling diisi dengan jam gabut? Seperti apa pun jadwal dan aktivitasnya, kamu jadi nggak bisa menyalurkan bakat dan hobi karena nggak ada waktu senggang. Tenang, masih ada banyak cara supaya passion kamu semakin berkembang, kok.

Ikut UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)

 


Walaupun sudah mahasiswa, bukan berarti hobi yang kamu punya dari kecil jadi nggak bisa diteruskan. Seni, olahraga, maupun akademik, kampus kamu pasti punya sederet pilihan Unit Kegiatan Mahasiswa untuk kamu pilih. Mulai dari UKM pecinta alam, marching band, English club, bahkan cosplay juga ada. Nggak kayak ekstrakulikuler jaman SMA, UKM ini umumnya nggak bakal menyita banyak waktu belajar. Tapi kalau kamu dan teman satu UKM cukup fokus, nggak menutup kemungkinan kamu bisa menang dalam lomba juga, lho. Biasanya sering diadakan lomba UKM antar kampus atau dari perusahaan dan organisasi negeri maupun swasta tertentu. Selain mengharumkan nama kampus, nama kamu juga jadi eksis di kalangan senior. Hehe.

Organisasi antar kampus


Kalau kamu lebih tertarik untuk mengembangkan hobi sekaligus gaul dengan circle yang lebih luas, ini yang cocok buat kamu. Biasanya, himpunan mahasiswa jurusan dan senat mahasiswa menjalin hubungan dengan kampus lain untuk studi banding, lomba antar kampus, atau sekedar nongkrong bareng. Aktivitas-aktivitas tersebut dilakukan untuk menjalin persahabatan kedua universitas bahkan lebih. Nah, di sini lah kesempatan kamu untuk memperluas pertemanan dan diskusi dengan mahasiswa lain yang punya pengalaman berbeda. Siapa tahu bakal ketemu bunga kampus sebelah, kan?

Gabung komunitas


Beda dengan yang satu ini, komunitas di luar kampus umumnya fokus dengan subjek di luar UKM. Komunitas mobil, pecinta lingkungan, pengusaha muda, bahkan stand up comedy juga ada. Lebih serunya lagi, di setiap komunitas nggak ada batasan umur. Hal ini membuka peluang kamu untuk kenal lebih banyak orang baru dari berbagai kalangan. Walaupun seringkali kumpul komunitas diadakan malam hari atau akhir minggu, tetap pastikan kamu bisa bagi waktu dengan kampus dan hang out.

Magang sesuai passion


Jangan ragu untuk ambil magang walaupun masih tingkat awal. Pasalnya, magang sendiri punya banyak manfaat. Nggak cuma kaya akan pengalaman kerja, cari pekerjaan setelah lulus juga bakal lebih gampang. Ada banyak peluang magang dari yang kecil sampai yang tanggungjawabnya lebih besar. Untuk permulaan, kamu yang jurusannya public relation bisa coba melamar posisi magang sebagai social media executive atau translator untuk mahasiswa jurusan bahasa. Tahun berikutnya, tantang diri kamu dengan ambil posisi magang yang lebih besar. Alhasil kamu akan menyandang gelar mahasiswa sukses. Asal jadwal kuliah nggak molor gara-gara sibuk cari uang, ya. Hehe.

Apa pun pilihan kamu, pastikan kegiatannya sesuai dengan minat, ya. Supaya nggak tambah jenuh nantinya. Have fun!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza