4 Akibat Buruk buat yang Suka Main Clash of Clans

Suka main Clash of Clans? Luangkan waktu untuk baca artikel yang satu ini kalau begitu.

Siapa yang nggak kenal game Clash of Clans? Game strategi ini berhasil menduduki peringkat pertama App Store sejak pertama diluncurkan pada tahun 2012 silam. Game ini pun sudah punya banyak penggemar di Indonesia. Nggak aneh kalau kamu melihat ada orang sibuk dengan smartphone-nya bermain Clash of Clans di banyak coffee shop, rumah makan hipster kekinian, atau bahkan di co-working space sambil menunggu meeting selanjutnya.

Walaupun bisa jadi salah satu alternatif untuk membuang penat, justru keranjingan Clash of Clans punya beberapa efek negatif yang patut kamu waspadai.

A photo posted by Clash of Clans (@clashofclans) on

Jarang nongkrong, lebih memilih war

Sebelumnya, kamu anak paling aktif di tongkrongan. Setiap malam Minggu, sudah kepastian kamu nongkrong sama teman-teman. Tapi sejak mengenal Clash of Clans, kamu jadi mulai jarang nongkrong. Jadwal untuk nongkrong selalu bentrok dengan jadwal war kamu dengan Clan lainnya. Karena koneksi internet yang kurang memadai di tongkrongan, kamu akhirnya memilih untuk berperang di rumah saja. Buat yang sudah punya pacar, kamu juga bakal lebih berkurang hangout keluar buat pacaran. Hasilnya, kalian jadi lebih sering berantem karena hobimu yang satu ini. Yaa…hati-hati deh putus di tengah jalan.

Baca Juga: Selain Game, Ini Hobi Lain yang Paling Disebelin Perempuan

A photo posted by Clash of Clans (@clashofclans) on

Mudah insecure

Ke mana pun kamu pergi, kamu akan selalu dihantui perasaan insecure. Apa wall kamu sudah selesai dibangun? Apakah troops kamu sudah kuat untuk menahan serangan lawan? Jika kamu kecanduan Clash of Clans, kamu akan lebih mudah insecure, terutama saat kamu sulit menemukan sinyal. Bawaannya jadi marah-marah mulu. Rasanya, kamu selalu ingin smartphone selalu ada di dekat kamu. Dan setiap ada suara notifikasi muncul, kamu takut itu berasal dari Clash of Clans. Iya, bisa sampai segitunya.

Boros karena Beli Gems Melulu

Satu hal yang paling berbahaya dari semua mobile games adalah fitur yang memungkinkan kita untuk membeli sesuatu untuk meningkatkan level atau menambah power. Dalam Clash of Clans, kamu bisa membeli gems yang berguna untuk mempersingkat waktu, unlock senjata baru, atau menambah level pasukan kamu. Jika kamu termasuk orang yang kurang jago dalam bermain Clash of Clans, hati-hati menjaga jari kamu. Bisa-bisa kamu terkejut saat melihat tagihan kartu kredit akhir bulan.

Baca Juga: Yang Perlu Kamu Tahu sebelum Punya Kartu Kredit

A photo posted by Clash of Clans (@clashofclans) on

Insomnia

Akibat buruk lainnya, adalah insomnia. Efek samping akan dirasakan oleh kamu yang punya clan bersama pemain yang berasal dari timezone berbeda. Kamu terpaksa harus mengikuti jadwal war mereka. Waktu yang paling sering adalah saat dini hari di Indonesia. Dijamin, semakin sering kamu bermain Clash of Clans hingga dini hari, tubuh kamu akan semakin sulit untuk tidur di malam hari. Sebaiknya atur juga waktu tidur dan istirahat kamu. Jangan sampai tubuhmu jatuh sakit karena nggak mendapat istirahat yang cukup. Masih ingat kan besok harus kerja atau kuliah?

Lihat kan? Si Clash of Clans bisa juga bawa efek negatif ke kehidupan kamu. Main boleh, ketagihan banget jangan.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza