3 Karya Seni Raksasa yang Nggak Muat Disimpan di Galeri Biasa

Siapa bilang karya seni harus melulu dipajang di dalam galeri? Nggak berlaku untuk tiga karya yang cukup menghebohkan ini!

Kalau kamu pikir seniman cuma berkarya di kanvas atau patung ukuran kecil atau sedang demi karyanya bisa dipajang di galeri, kamu salah. Karena ternyata banyak seniman yang nggak puas dengan berseni lewat ukuran yang segitu saja. Mereka malah menggunakan media dengan ukuran lebih besar, atau bahkan… besar banget! Maksudnya, dengan melibatkan media yang memakan tempat, lingkungan sekitar, sehingga membuat orang-orang geleng-geleng kepala melihat keunikannya. Coba intip deretan karya seni raksasa ini.

Florentijn Hofman dan Bebek Raksasanya

Bayangkan kalau suatu hari bebek karet mainan keponakan kecil kamu tiba-tiba berubah jadi raksasa, dan meneror seisi kota. Tenang, kalau kamu menemukan seekor bebek raksasa berwarna kuning sedang anteng berenang di atas air, jangan langsung bingung. Itu cuma salah satu dari sekian karya seniman asal Belanda yang bernama Florentijn Hofman.

Bebek-bebek raksasa ini diberi judul “Rubber Duck” dan disebar di berbagai penjuru dunia; Sydney, Amsterdam, Hong Kong, dan masih banyak lagi. Nah, Rubber Duck terbesar yang pernah dipamerkan Florentijn adalah yang di Los Angeles, dengan ukuran 33 x 18 x 26 m! Jangan lupa selfie dan tag kami kalau ketemu Rubber Duck ini saat kamu sedang berlibur ke luar negeri ya!

Christo Javacheff, Jeanne-Claude

Christo Javacheff, Jeanne-Claude, dan Kain Putih di Reichstag

Karya ini bisa dibilang proyek yang paling ambisius dan memakan waktu yang lama banget. Digagas sejak tahun 1971 dan baru berhasil dilakukan pada tahun 1995! Duet seniman Christo dan Jeanne akhirnya sukses membungkus Reichstag, salah satu gedung bersejarah yang berlokasi di Berlin, Jerman. Bangunan ikonik ini dibungkus dengan kain berwarna perak seluas 100 ribu meter persegi dan diberi judul “Wrapped Reichstag”. Menarik.

Jorge Rodriguez-Gerada

Jorge Rodriguez-Gerada dan Karya Seni ‘Perempuan 11 Hektar’

Dipamerkan pada momen Festival Belfast tahun 2013, foto perempuan ini ‘digambar’ Jorge Rodriguez-Gerada di atas tanah seluas 11 hektar. Saking besarnya karya ini, butuh helikopter untuk bisa mendokumentasikan karya raksasa ini dengan utuh. Tapi untung sekarang sudah ada drone, jadi nggak perlu helikopter lagi! Lukisan berjudul “Wish” ini ‘digambar’ dengan menggunakan tumpukan pasir dan batu, dibantu dengan teknologi GPS untuk membuat lukisannya makin akurat. Sempurna banget.

Kalau kamu punya mimpi jadi seniman-seniman ‘raksasa’ seperti di atas, mending awali dengan belajar gambar dulu. Siapa tahu hobi baru kamu ini bisa mengantarkanmu jadi bintang galeri di kotamu dan membuat karya seni raksasa yang menghebohkan!

Photo Credit: http://www.artdocentprogram.com/, dutchcultureusa.com, www.youtube.com

Baca Juga:
Langsung Pengin Liburan Melihat Karya Seni di Atas? Cari Tiket Murah Dulu!
Makan di dalam Galeri Seni, Artsy!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza