10 Versi Alternatif Spider-Man Selain Peter Parker

Ternyata selain Peter Parker, Marvel membuat banyak versi lain dari Spider-Man, lho! Yuk dibaca 10 alternatif Spider-Man berikut ini.

Siapa sih yang nggak kenal superhero yang hobi bergelantungan di gedung-gedung kota New York sambil memantau para penjahat? Ya, superhero yang diciptakan oleh Stan Lee dan Steve Ditko ini dikenal dengan nama Spider-Man.

Mungkin selama ini kamu hanya mengenal Spider-Man yang merupakan alter ego dari Peter Parker, seorang anak yatim piatu yang tinggal bersama Paman Ben dan Bibi May. Tapi, tahu nggak sih kalau sebenarnya ada 10 karakter lain yang juga beraksi sebagai Spider-Man? Yuk, kita lihat 10 karakter alternatif Spider-Man yang nggak kalah seru dengan kisah Peter Parker.

1. Spider-Girl

alternatif Spider-ManSumber: Marvel Wikia

Kisah ini terjadi di dunia alternatif dimana Peter Parker kehilangan kaki kirinya saat bertarung melawan Norman Osborn, si Green Goblin. Pada dunia MC2 ini, Peter dan Mary Jane dianugerahi seorang anak perempuan bernama May Parker. Ternyata selain mewarisi kepintaran ayahnya, May “Mayday” Parker juga mewarisi kekuatan khas Spider-Man yang dimiliki Peter.

Sejak mengetahui kekuatan supernya, ia mulai menggunakan kostum dan mengikuti jejak ayahnya untuk bertarung melawan para penjahat. Bersama dengan Normie Osborn, cucu dari Green Goblin, ia pun membentuk sebuah tim bernama New Warriors.

2. Spider Gwen/Spider-Woman

alternatif Spider-ManSumber: STRIX

Selama ini, Gwen Stacy selalu dikenal sebagai kekasih Peter Parker yang meninggal. Namun, di dunia alternatif Earth-65, ia memiliki alter ego yang dikenal dengan nama Spider-Woman. Sama seperti Peter, ia juga mendapat kekuatannya dari gigitan laba-laba radioaktif.

Di dunia alternatif ini, Peter selalu di-bully dan menginginkan kekuatan seperti idolanya, Spider-Woman. Alhasil ia pun berubah menjadi The Lizard berkat ramuan yg diciptakannya, dan akhirnya meninggal setelah bertarung dengan Spider-Woman.

3. Spider-Man: India

alternatif Spider-ManSumber: stuffpoint atau denofgeek

Di dunia alternatif Earth-50101, Spider-Man merupakan alter ego dari Pavitr Prabhakar yang berasal dari India. Sama seperti versi Peter Parker, ia juga tinggal bersama Bibi Maya dan Paman Bhim yang akhirnya meninggal karena ia nggak mau menolong orang dengan kekuatannya. Pavitr mendapat kekuatan laba-laba dari seorang pertapa yang menyuruh dia mengalahkan Nalin Oberoi, seseorang yang dirasuki oleh iblis dan menjadi raja kejahatan.

4. Ben Reilly (Scarlet Spider)

alternatif Spider-ManSumber: moviepilot

Kisah Ben Reilly dimulai pada tahun 1975, saat The Jackal, profesor yang diam-diam menyukai Gwen Stacy menggunakan DNA Peter Parker untuk membuat kloning dirinya. Sebagai upaya membalas dendam pada Spider-Man atas kematian Gwen, The Jackal mencoba menghasut si klon agar bertarung sama Spider-Man. Namun nggak disangka, pada akhirnya mereka berdua berbalik melawan The Jackal. Mereka berhasil mengalahkannya, namun si klon meninggal pada pertarungan tersebut.

Pada seri Spider-Man Clone Saga pada tahun 1990an, si klon diceritakan kembali hidup dan mengambil nama Ben Reilly yang berasal dari nama paman dan bibi Peter Parker, yaitu Paman Ben Parker dan Bibi May Reilly (yang akhirnya berubah menjadi May Parker). Ia pun menggunakan kekuatan supernya dan dikenal sebagai Scarlet Spider.

5. Spider-Man Noir

alternatif Spider-ManSumber: pipocaenanquim

Karakter Spiderman yang satu ini dikisahkan pada tahun 1990-an, yaitu masa great depression. Tokoh Spiderman Noir memiliki aura yang lebih gelap. Di masa tersebut, Spiderman Noir lebih banyak menggunakan senjata api pistol untuk melawan para penjahat-penjahat. Selain itu berbeda dengan versi tokoh spiderman lainnya, Spiderman Noir nggak menggunakan jaring laba-laba untuk berayun di antara gedung bertingkat, melainkan hanya untuk menyergap para penjahat.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Wonder Woman, Superhero Wanita Terkuat!

6. Superior Spider-Man

alternatif Spider-ManSumber: tay kinja

Pastinya kamu sudah nggak asing dengan Otto Octavius alias Doctor Octopus, musuh terbesar dari Spider-Man. Ketika kondisi tubuhnya semakin memburuk dan sekarat, Spider-Man datang mengunjunginya. Memanfaatkan kesempatan tersebut, Doctor Octopus mengambil alih tubuh Peter sehingga pikirannya berada dalam tubuh Peter.

Setelah mengetahui alasan mengapa Peter berjuang untuk keadilan, Doctor Octopus ingin membuktikan kalau ia bisa menjadi Spider-Man yang lebih hebat dari Peter. Kemudian ia pun berjuang menjadi Superior Spider-Man.

7. Zombie Spider-Man

alternatif Spider-ManSumber: spiderman wikia

Di kisah ini, awalnya Peter Parker a.k.a Spider-Man merupakan superhero normal seperti yang selama ini kita kenal. Namun ketika ia berusaha menyelamatkan Ash Williams) yang terjatuh dari langit, ia bertemu dengan Colonel America, superhero yang serupa dengan Captain America namun terinfeksi virus zombie. Bahu Peter pun digigit oleh Colonel sehingga ia pun terinfeksi.

Setelah ia pulang ke rumah dan bertemu Mary Jane dan Bibi May, efek virus pun menyebar sehingga membuat pikirannya nggak rasional. Akhirnya ia pun memakan kedua orang yang dicintainya. Setelah itu ia pun keluar rumah dan memburu orang-orang lain untuk memuaskan rasa laparnya.

8. Miles Morales (Ultimate Spider-Man)

alternatif Spider-ManSumber: nbcnews

Ketika Miles Morales, seorang anak dengan ras Afrika-Amerika sedang mengunjungi pamannya yang bernama Aaron, ia digigit oleh laba-laba radioaktif yang memberi kekuatan super. Awalnya ia nggak ingin menggunakan kekuatannya dan hanya menjalani kehidupannya seperti biasa. Namun, setelah Peter Parker meninggal akibat pertarungan dengan Green Goblin, Miles pun mengikuti filosofi yang dimiliki Peter Parker dan melanjutkan peran Spider-Man.

Baca juga: Superhero Marvel vs DC, Siapa yang Lebih Kuat?

9. Miguel O’ Hara

alternatif Spider-ManSumber: Marvel Wikia

Di tahun 2099, Miguel O’Hara yang merupakan kepala dari departemen genetik di perusahaan Alchemax memiliki ide untuk menciptakan kembali kekuatan seperti Spider-Man yang ada di masa lampau. Saat ia mencoba mengubah kode genetik dirinya agar nggak lagi kecanduan akibat perbuatan atasannya, Aaron Delgato, teman kerja Miguel pun mensabotase kode genetiknya.

Alhasil ia pun sembuh dan memiliki kekuatan laba-laba. Setelah melihat kondisi orang-orang di lingkungannya, ia berpikir kalau Spider-Man masih dibutuhkan di era tersebut, dan memutuskan untuk menjadi Spider-Man.

10. Peter Parquagh

alternatif Spider-ManSumber: Marvel Wikia

Karakter ini beraksi di tahun 1602 dimana ia menjadi asisten dari Sir Nicholas Fury yang merupakan bawahan dari Ratu Elizabeth. Pada suatu waktu, Fury ingin mengkhianati raja dan membebastugaskan Peter. Peter pun dipanggil oleh raja dan diberi perintah untuk mencari dan membunuh Fury bersama dengan sekelompok orang lainnya.

Namun Fury berhasil membunuh seluruh kelompok tersebut kecuali Peter. Akhirnya Peter pergi keluar dari Inggris bersama paman dan bibinya. Pada saat itulah ia digigit oleh laba-laba dan mendapat kekuatan super. Ia pun menggunakan identitas “The Spider” sebagai alter egonya.

Karakter alternatif Spider-Man dengan kisah yang berbeda ini dijamin bisa memuaskan kamu para pencinta Spider-Man. Kira-kira Marvel akan mengeluarkan kisah alternatif Spider-Man seperti apa lagi ya?

Categorised in: ,

This post was written by Caroline Winata