• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Gadget
  • >
  • 10 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Membeli Samsung Galaxy S7

10 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Membeli Samsung Galaxy S7

Galaxy S7 memiliki banyak kelebihan, mulai dari kamera 12 MP, layar Super AMOLED, Snapdragon 820, dan RAM 4 GB. Mari kita lihat kehebatannya.

Sejak diluncurkan pada bulan Februari 2016 lalu, Samsung Galaxy S7 masih menjadi salah satu kandidat smartphone terbaik tahun ini, walau ada banyak saingan yang baru diluncurkan. Nilai jual utama yang ditawarkan Samsung Galaxy S7 adalah fitur dan spesifikasi smartphone ini.

Dilihat dari desain, Samsung Galaxy S7 tidak mengalami perubahan drastis dari versi sebelumnya, yaitu Samsung Galaxy S6. Hal ini sangat berbeda dengan apa yang terjadi dari Samsung Galaxy S5 ke Samsung Galaxy S6 yang mengalami perubahan yang nyata. Hal ini tidak membuat Galaxy S7 sepi peminat, malahan justru menjadi semakin dicari-cari.

Samsung juga melakukan beberapa penyempurnaan sehingga membuat smartphone flagship ini semakin komplit. Berikut adalah spesifikasi dari Samsung Galaxy S7.

 

 

Samsung Galaxy S7
Harga (bulan Juni 2016) Sekitar Rp9 juta
Body 142.4 x 69.6 x 7.9 mm dan berat 152 g
Prosesor Exynos 8890 Octa core, 2.3GHz Quad core dan 1.6GHz Quad core cortex-A53
GPU Mali-T880 MP12
RAM 4 GB
Storage 32/64 GB, bisa ditambah memori eksternal hingga 200 GB
Layar 5,1 Inci, 2560 x 1440 piksel (577 ppi)
Kamera Belakang 12 MP (ber-OIS), depan 5 MP
Baterai 3.000 mAh, tidak bisa dilepas
Sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow
Jaringan Dual-SIM 4G LTE
Fitur Fingerprint sensor, heart rate sensor, fast charging, wireless charging

Nah sebelum kamu memutuskan untuk membeli smartphone ini, ada baiknya kamu membaca 10 hal yang harus kamu ketahui tentang Samsung Galaxy S7 untuk mendapatkan referensi tambahan.

Desain bodi semakin elegan

10 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Membeli Samsung Galaxy S7

Sumber: Kārlis Dambrāns
 

Desain yang sudah cakep dari Galaxy S6 semakin dimantapkan dengan lapisan kaca Corning Gorilla Glass 4 di bagian depan dan belakang smartphone ini. Yang lebih menarik lagi, bagian belakangnya tidak datar, melainkan sedikit melengkung di bagian pinggir sisi dan kanan sehingga membuat smartphone ini lebih mudah untuk digenggam.

Perubahan kecil juga terjadi di bagian kamera belakang yang tidak lagi menonjol, sehingga kamu bisa mengetik di atas meja dengan lebih stabil tanpa ada goyangan. Begitu juga dengan tombol Home yang sekaligus berperan sebagai sensor sidik jari, kini memiliki desain yang lebih datar. Secara keseluruhan, Galaxy S7 terlihat lebih bersih dan premium.

Samsung Galaxy S7 tahan debu dan air

Kamu tidak perlu takut lagi apabila smartphone kamu terkena air maupun debu. Sertifikasi IP68 telah membuat Galaxy S7 tahan terhadap air hingga kedalaman 1 meter selamat 30 menit dan juga tahan debu. Untuk bisa tahan air, smartphone ini tidak butuh penutup di lubang-lubangnya karena bagian dalam Galaxy S7 telah didesain sedemikian rupa untuk tahan air dan debu. Keren, kan?

Kamera terbaik untuk segala momen

Galaxy S7 bisa dibilang merupakan salah satu smartphone yang memiliki kamera terbaik saat ini. Dilihat dari resolusi kamera yang mengalami penurunan, mungkin banyak yang mengira kalau kualitas kamera Galaxy S7 juga akan menurun dibandingkan Galaxy S6. Namun justru sebaliknya, teknologi Dual Pixel membuat kamera smartphone ini mampu melakukan fokus dan mengambil gambar dengan lebih cepat.

Galaxy S7 juga menggunakan lensa dengan aperture f/1.7 yang mampu menerima lebih banyak cahaya dibandingkan kamera smartphone lain. Hal inilah yang membuat foto yang dihasilkan tetap tajam, walau dalam kondisi minim cahaya.

Selain itu, kamera belakang Galaxy S7 menggunakan teknologi OIS (Optical Image Stabilization) dan kemampuan untuk mengambil video beresolusi 4K. Cara mengaktifkan kamera juga cepat, yaitu dengan hanya double tap tombol home saja.

Untuk kamera depan, Galaxy S7 menggunakan kamera beresolusi 5 MP dengan lensa Wide Angle yang memungkinkan kamu mengambil gambar dengan lebih banyak orang.

Dukungan memori eksternal

10 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Membeli Samsung Galaxy S7-2

Sumber: Maurizio Pesce
 

Hal ini pasti menjadi fitur tambahan yang paling dinanti semua pengguna smartphone Android, karena Samsung kembali menyediakan slot MicroSD di Galaxy S7 yang sempat absen muncul pada Galaxy S6.

Slot MicroSD tersebut terletak di bagian atas dan berdampingan dengan slot kartu SIM. Untuk kapasitas, Galaxy S7 mendukung penambahan MicroSD hingga kapasitas 200 GB. Jadi, kamu tidak perlu lagi khawatir kehabisan memori karena kebanyakan mengambil foto atau mengunduh aplikasi.

Prosesor terbaru dan RAM besar

Terdapat dua tipe Galaxy S7. Pertama, menggunakan prosesor Exynos 8890 yang memiliki delapan inti utama yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu quad-core 2.3 GHz Mongoose dan quad-core 1.6 GHz Cortex-A53. Kedua adalah Snapdragon 820 dengan empat inti utama yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu dual-core 2.15 GHz Kryo dan dual-core 1.6 GHz Kryo.

Dilihat dari penjelasan di atas, memang terdapat perbedaan jumlah inti utama kedua prosesor. Akan tetapi, keduanya bisa dibilang memiliki performa yang hampir sama karena keduanya adalah prosesor terbaru dan paling tinggi yang digunakan di dalam smartphone.

Untuk mendukung prosesor tersebut, Galaxy S7 dilengkapi dengan RAM 4 GB. Dengan kapasitas RAM sebesar itu, smartphone akan sangat lega dan siap digunakan untuk menjalankan berbagai jenis aplikasi sekaligus. Bahkan, Galaxy S7 mampu menjalankan dua aplikasi sekaligus dengan mode split screen.

(Baca juga : Samsung Galaxy S7 VS S7 Edge: Mana yang Kamu Pilih?)

Layar Super AMOLED dengan Fitur Always-On-Display

10 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Membeli Samsung Galaxy S7-3

Sumber: Samsung
 

Galaxy S7 memiliki ukuran layar 5.1 inci beresolusi QHD 2560 x 1440 dengan kerapatan 577 ppi (piksel per inci), serta dilengkapi dengan teknologi Super AMOLED. Teknologi ini mampu menghasilkan warna yang sangat tajam dan akurat sehingga memanjakan mata ketika menonton video atau bermain game. Di samping itu, Galaxy S7 juga memiliki fitur Always-On-Display. Jadi, saat smartphone dalam keadaan terkunci, layar akan tetap menampilkan sejumlah informasi seperti waktu dan tanggal.

Baterai tahan lama

Daya tahan baterai bisa dibilang sebagai kelemahan dasar smartphone Android. Maka dari itu, Samsung melengkapi Galaxy S7 dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh, yang mampu bertahan lebih dari satu hari. Selain kapasitas yang besar, hal itu juga bisa dicapai dengan dukungan fitur hemat daya bernama Ultra Power Saving.

Selain itu, Galaxy S7 juga mendukung fitur Wireless dan Fast Charging yang mampu mengisi daya baterai smartphone ini dari konsisi 0% ke 100% hanya dalam durasi waktu 1 jam 30 menit.

Teknologi Liquid Cooling

Samsung menyatakan bahwa Galaxy S7 memiliki CPU yang 30.4% lebih kuat dan GPU yang 63.9% lebih cepat dibandingkan Galaxy S6. Analoginya, semakin cepat CPU yang digunakan, maka akan semakin cepat juga suhu panas yang dihasilkan. Untuk mengatasi hal tersebut, Samsung menggunakan sistem pendingin yang disebut dengan Liquid Cooling, yaitu sebuah pipa kecil yang terbuat dari bahan perunggu untuk membuang panas yang dihasilkan sehingga kamu akan tetap merasa nyaman ketika menggunakan Galaxy S7 dalam waktu yang lama.

Bisa dipasangkan dengan gear VR

10 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Membeli Samsung Galaxy S7-4

Sumber: Maurizio Pesce
 

Tahun 2016 bisa dibilang tahun munculnya berbagai produk VR (Virtual Reality). Samsung juga ikut serta dengan meluncurkan sebuah kacamata bernama Gear VR. Alat ini telah didesain khusus untuk dipasangkan dengan Galaxy S7 yang memiliki layar Super AMOLED. Teknologi ini akan membuat pengalaman menikmati VR yang lebih realistis.

Fitur game launcher

Demi memberi pengalaman yang lebih menyenangkan saat bermain game, Galaxy S7 dilengkapi dengan fitur Game Launcher, yaitu sebuah ikon kecil yang memiliki sejumlah opsi, seperti opsi untuk menonaktifkan notifikasi, mengambil screenshot, dan bahkan merekam game yang sedang dimainkan.

Dari ulasan di atas, nggak mengherankan apabila Samsung Galaxy S7 menjadi smartphone papan atas. Bahkan, Galaxy S7 menduduki deretan smartphone terbaik tahun 2016. Bila tertarik, kamu bisa langsung mendapatkan Samsung Galaxy S7 gan Galaxy S7 Edge dengan harga diskon di sini.

Sumber gambar utama: Kārlis Dambrāns
 

 

Categorised in: , ,

This post was written by Gunawan Saputra