• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Wajib Tahu, Tips Mencuci Jeans Biar Warnya Nggak Cepet Belel

Wajib Tahu, Tips Mencuci Jeans Biar Warnya Nggak Cepet Belel

Ternyata, saat mencuci jeans ada beberapa hal yang perlu kamu tahu dan terapkan. Ini lima di antaranya!

Semua pasti setuju, kalau yang namanya pakaian berbahan jeans (baik celana, rok, ataupun jaket) adalah salah satu invenstasi dalam pakaianmu. Selain modelnya yang nggak pernah surut zaman, jeans juga nyaman banget buat dipakai sehari-hari. Nggak heran, di lemari pakaian kamu pasti minimal punya tiga pakaian berbahan jeans, atau bahkan lebih. Nah, biar jeans kesayangan kamu warnanya lebih awet dan nggak cepat pudar, ada beberapa tips mencuci jeans yang perlu kamu ketahui. Simak, yuk!

Pisahkan Bahan

poin_1

Memisahkan bahan jeans dengan pakaian lainnya yang akan dicuci, sangatlah dianjurkan. Tentunya agar menghindari saling melunturkan warna diantara satu bahan, dengan yang lainnya. Ini berlaku juga buat pencucian antara celana jeans warna gelap, dengan yang berwarna terang.

Kosongkan & Balik Permukaan

poin_2

Jangan lupa untuk memeriksa semua bagian kantong. Sering kali kertas bon, lembaran uang, atau bahkan benda kecil lainnya, ikut tercuci. Yang ada malah merusak permukaan dan melunturkan warnanya. Selain itu, agar warna di permukaan jeans jadi lebih awet, kamu harus membalik permukaannya (bagian luar jeans menjadi di dalam) saat mau mencuci.

Baca juga: Yang Bisa Kamu Lakukan dengan Jeans Vintage Milik Mama 

Cuci Tangan & Air Normal

poin_3

Pencucian dengan tangan (bukan dengan mesin cuci) juga sangat dianjurkan. Langkah ini membuat bentuk celana jeans lebih terjaga. Sementara, saat mencuci gunakan air bersuhu normal saja agar bahan tak mudah menyusut. Air hangat bisa digunakan untuk mencuci bagian yang sangat kotor saja!

Perhatikan Deterjen

poin_4

Sebaiknya, gunakan deterjen cair karena lebih praktis dan bahannya lebih mudah menyerap ke permukaan jeans. Tentunya, kamu juga harus hindari penggunaan bahan pemutih agar nggak merusak dan memudarkan warna jeans.

Baca juga: Cara pakai jaket jeans biar tampil keren di musim hujan 

Keringkan Alami

518328011

Terakhir, saat mengeringkan biarkan jeans kamu terjemur di bawah sinar matahari. Penggunaan mesin pengering dapat memicu perubahan bentuk dan penyusutan bahan. Bahkan, celana jeans sebenarnya nggak perlu disetrika, karena suhu panas yang tinggi juga akan cepat memudarkan warna.

Selain hal-hal di atas, kamu juga perlu memerhatikan bahwa khususnya celana jeans, tak perlu dicuci setiap hari (seperti pakaian berbahan biasa pada umumnya). Minimal cukup seminggu sekali saja, ya!

Categorised in: ,

This post was written by Kak Moza