• Home
  • >
  • Gaya Hidup
  • >
  • Makan Gorengan Tapi Tetap Sehat? Bisa Banget, Ini Caranya!

Makan Gorengan Tapi Tetap Sehat? Bisa Banget, Ini Caranya!

Biar ngga merasa bersalah setiap habis makan gorengan, baca dulu yuk, tips-tips di bawah ini!

Buat sebagian orang, makan makanan tanpa sesuatu yang gurih masih suka terasa hampa. Nggak heran aneka gorengan selalu ada di menu sehari-harinya. Memang benar, untuk menjauhkan tubuh dari berbagai penyakit dan biar berat badan ideal, makan gorengan itu perlu dibatasi. Namun bukan berarti nggak boleh sama sekali. Selama kita tahu bagaimana cara mengolah dan memproses makanan yang digoreng tersebut dengan lebih sehat, tentu kita nggak akan merasa dosa-dosa amat saat melahapnya.

Kalau gitu, simak yuk tips-tips yang Mozaic siapkan berikut ini!

Bikin Sendiri

poin_1_bikin_sendirii

Yup, ini kunci utamanya! Apapun makanannya, memang akan lebih sehat jika dibuat dengan tangan sendiri, termasuk makanan yang digoreng. Selain kamu bisa menjamin kebersihannya, kamu tentunya bisa mengolah makanan dengan menggunakan bahan-bahan yang lebih sehat dan dianjurkan. Bikin tubuh jadi terhindar dari segala penyakit, deh!

Baca juga: 5 Macam Pisau yang Wajib Punya di Dapur Rumahmu

Minyak Sehat

poin_2_minyak_sehat

Pilihlah minyak goreng yang lebih sehat. Apalagi, jenis minyak-minyak seperti ini sudah gampang banget ditemukan di pasaran, atau bahkan dibeli secara online. Minyak yang lebih sehat adalah yang kandungan lemak jenuhnya berjumlah lebih sedikit. Ada minyak zaitun, minyak biji bunga matahari, hingga minyak kedelai. Dibanding minyak curah, jenis-jenis ini tentu lebih dianjurkan.

Bahan Juga Sehat

poin_3_bahan_sehat

Bijak juga memilih bahan yang akan digoreng. Misal, hindari daging berlemak, lalu lebih memilih daging ikan. Atau lebih pilih kentang goreng (yang sebelumnya direbus dan dipotong-potong sendiri), dibandingkan dengan kentang goreng kemasan. Jangan lupa, sayuran juga bisa kamu olah dengan digoreng. Mulai dari kembang kol, kubis, hingga bawang bombay.

Baca juga: Selain Wortel, Makanan Enak Ini Bikin Mata Jadi Lebih Sehat

Temperatur Benar

poin_4_temperatur_benar

Sebelum menggoreng, panaskan minyak beberapa saat, dengan api yang ngga terlalu besar atau suhu yang nggak terlalu tinggi. Karena jika minyak terlalu dingin, atau belum panas, maka akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menggorengnya, dan bahan makanannya akan lebih banyak menyerap minyak tersebut.

Hindari Minyak Bekas

poin_5_hindari_bekas

Sementara jika minyak terlalu lama kena suhu tinggi dan digunakan berkali-kali, maka kandungannya akan rusak. Minyak akan lebih banyak melepaskan zat radikal bebas yang ngga baik buat tubuh. Untuk itu, pemakaian minyak goreng, maksimal 2-3 kali saja. Pilih juga wajan atau wadah menggoreng yang berkualitas tinggi dan anti lengket, supaya makanan ngga mudah rusak.

Nah selesai menggoreng, jangan lupa tiriskan makanan dan alaskan dengan tisu dapur, agar kelebihan minyak dapat diserap oleh tisu terlebih dahulu. Selamat makan!

Categorised in: ,

This post was written by Diona Ratrixia