Yuk, Coba 5 Ide Seru DIY Fashion Dari Barang Bekas!

Sebelum membuang barang yang tidak terpakai, coba pikir-pikir lagi. Kamu bisa buat sesuatu yang baru dari barang-barang bekas tersebut, lho!

Kebiasaan membuang barang habis pakai itu sebetulnya nggak terlalu bagus dampaknya buat lingkungan. Sehabis makan permen, bungkusnya langsung buang. Kalau kamu cuma makan 1 permen, sih, masih nggak apa-apa. Tapi coba bayangkan, satu hari konsumsi satu permen, satu bulan 30 bungkus sudah terbuang. Lalu bagaimana dengan plastik kantong belanja yang tidak terpakai? Daripada dibuang dan limbahnya nggak bisa diurai, kenapa, sih, nggak mencoba berpikir cermat? Kita bikin “DIY” saja, yuk, dari barang-barang bekas tersebut!

BACA JUGA: Cara Pakai Baju Warna Ngejreng Tanpa Kelihatan Kayak Ondel-Ondel

Kantong Plastik Jadi Clutch

plastik_jadi_clutch

Punya kantong plastik bening? Pasti punya, dong? Nah sehabis belanja jangan buang kantong itu, kamu bisa menjahit tepi kanan, kiri, dan bagian bawah plastik. Setelah itu, lekuk bagian atasnya dan jahit kancing di bagian tengah. Voila… Tas transparan yang bisa kamu bawa ke pesta sudah jadi deh. Biar tambah keren, kamu bisa lem manik-manik di permukaan tasnya.

Bungkus Permen Jadi Kalung

permen_jadi_kalung

Sehabis makan permen, simpan dulu bungkusnya dan kumpulkan sampai jumlahnya memadai buat bikin kalung. Sekitar 20 bungkus sudah cukup kok buat bikin choker yang lagi tren. Caranya, lipat bungkus permen seperti bentuk origami, sambung satu per satu hingga membentuk seperdelapan lingkaran. Jadi deh!

Plastik Jadi Kemeja

© PETER STIGTER FILENAME IS DESIGNERNAME HKU 2013 GRADUATES

Kalau ini kamu memang butuh keahlian menjahit. Coba cari caranya dari internet. Harusnya membuat kemeja bermodel sederhana gampang kok. Tinggal gambar polanya di kertas, terus cetak polanya di plastik, gunting, dan jahit, deh. Kamu bisa pakai dalaman cropped top buat jadi paduan kemeja plastik ini.

Cincin dari Koin

koin_jadi_cincin

Kamu mengoleksi banyak koin dari zaman papa dan mama masih muda? Ambil 1 koin yang sudah tidak berlaku, yuk, dan buat jadi cincin. Kamu harus beli kaitan, atau lingkaran cincinnya terlebih dahulu. Bisa cari di Pasar Asemka atau Pasar Pagi Mangga Dua, setelah itu lem koin dan letakkan di atas lingkaran cincinmu. Simple banget, ya!

DIY Celana Jeans Bekas

jeans

Kalau kamu rajin main ke Pasar Senen atau punya celana jeans dari mama kamu dahulu, bisa coba cara satu ini. Kamu cukup siapkan silet, dan gesek di bagian celana yang ingin kamu bolongi. Shredded di bagian lutut dijamin bikin tampilanmu jadi keren. Tuh kan, celana jeans stylish nggak perlu yang mahal kok!

BACA JUGA: Tips Pakai Legging Tapi Nggak Kelihatan Terlalu Ketat

Gampang kan teknik “DIY” dari barang bekas di atas? Kalau berhasil, jangan lupa dipamerkan ke teman, siapa tahu kamu jadi bisa berbisnis lewat cara satu ini!

Categorised in: , ,

This post was written by Jessica Esther