• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Yang Perlu Kamu Tahu Soal Dapur Kotor dan Dapur Bersih

Yang Perlu Kamu Tahu Soal Dapur Kotor dan Dapur Bersih

Masih bingung apa bedanya, dan seberapa penting kehadiran dapur bersih dan dapur kotor di rumahmu? Intip bahasan ini!

Kalau sedikit flashback ke rumah nenek atau rumah-rumah tradisional jaman dulu, yang kamu ingat pasti hanya ada satu ruang dapur. Di area itulah, menyiapkan bahan, mengolah, sampai memasak makanan dilakukan bersamaan.

www.chesterton-library.net__1_ (1)

Seiring waktu dan perkembangan kebutuhan, di rumah-rumah yang luasnya cukup memadai, kehadiran dua jenis dapur mulai marak yaitu dapur kotor dan dapur bersih–atau yang dikenal dengan istilah pantry. Kira-kira perlu nggak ya untuk menghadirkan ke dua ruang itu di dalam hunianmu?

Apa Bedanya?

Istilah dapur kotor memang rasanya cuma dijumpai di Indonesia dan sebagian negara Asia. Bisa dibilang istilah ini muncul karena negara kita dikenal memiliki aneka jenis makanan yang diolah atau dimasaknya harus dengan cara yang cukup ‘berat’. Di dapur kotorlah proses itu akan banyak dilakukan.

dianinterior.blogspot.com

Kemudian muncullah yang namanya dapur bersih atau pantry yang sebenarnya merupakan adaptasi dari negara luar. Di area inilah semua aktivitas kecil dan cepat seperti menyiapkan sarapan, memotong buah, atau memanaskan makanan cepat saji dilakukan.

Apakah Cukup Ruangannya?

Untuk menentukan perlu atau tidaknya memiliki dua jenis dapur yang berbeda, kembali ke dua pertimbangan utama. Apakah luas ruang dalam hunianmu mencukupi? Kalau memang rumahmu bukan tergolong rumah mungil, ya tak masalah kalau mau punya keduanya. Biar masing-masing area dapurnya terlihat lebih luas, cat temboknya dengan warna panduan kami di artikel ini.

HL_4a1

Pertimbangan selanjutnya, apakah intensitas memasakmu cukup tinggi setiap harinya? Kalau kamu lebih sering memesan makanan dari luar, sebaiknya buat satu area dapur yang multifungsi saja.

Apa Kelebihannya Jika Punya Keduanya?

Memiliki dapur kotor dan dapur bersih tentunya membuat area dapurmu terlihat lebih bersih dan terorganisir. Percikan minyak dan bumbu yang berbaur jadi satu bisa kamu sembunyikan sebentar di dalam dapur kotor yang areanya biasanya memang terpisah dengan dapur bersih. Beberapa orang justru memberi pintu sebagai sekat agar kotoran dan kehebohan dapur setelah memasak tak terlihat.

HL_4b

Memiliki dua jenis dapur yang berbeda, juga akan membuatmu lebih leluasa beraktivitas di dapur. Pembagian pekerjaan dapur dengan anak atau keluarga lainnya pun jadi lebih mudah karena semuanya tak berkumpul pada satu area. Kelebihan lainnya? Kamu bisa memiliki beberapa jenis perangkat dapur karena memiliki area simpan yang lebih luas! Sudah punya deretan peralatan dapur yang wajib dipunya di dapur ini belum?

Di mana Posisinya?

Sirkulasi adalah salah satu faktor yang penting dalam semua jenis dapur. Untuk itu, pastikan dapur memiliki akses atau bukaan (jendela) serta ventilasi dengan ruang luar sehingga sirkulasi lebih baik dan maksimal. Bahkan jika memungkinkan, tambahkan exhaust fan agar ruang dapur tetap terasa bersih dan segar. Lirik juga ilmu fengshui ini agar dapurmu jadi lebih sehat ya!

www.lensarumah.com

Area dapur kotor umumnya berdekatan dengan ruang servis dan tak langsung menghadap dengan ruang utama lain dalam rumah. Sementara pantry biasanya lebih kecil luasnya dan posisinya menyatu dengan ruang makan, dan juga ruang keluarga. Kamu bisa menambahkan pintu pemisah dari dapur kotor ke dapur bersih agar aroma bahan masakan tak berpindah ruang. Kebersihan pun tetap terjaga.

Apa Saja yang Ada di Sana?

Di dapur kotor, kompor gas ataupun kompor listrik, oven, blender, lemari es, hingga kitchen sink adalah deret perangkat besar yang perlu kamu letakkan di sana. Tak lupa meja kerja dapur, rak dan lemari-lemari penyimpanan harus ada di dapur kotor. Sementara perangkat kecil dan modern seperti microwave, toaster, hingga mesin pembuat kopi yang dapat kamu letakkan di dapur bersih.

dapur kotor dan dapur bersih

Sudah terbayang kamu perlu dua dapur atau satu saja yang multifungsi? Selalu sesuaikan dengan luas ruangan dan intensitas aktvitas dapur yang sering kamu lakukan setiap harinya ya!

Photo Credit: dianinterior.blogspot.com www.chesterton-library.net www.lensarumah.com

Baca Juga:
Yuk, Buat Area Dapur Jadi Lebih Bersih dengan Dekorasi Serba Putih!
7 Tips Menata Peralatan Elektronik Dapur

This post was written by Kak Moza