• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Beli Barang di Luar Negeri

Yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Beli Barang di Luar Negeri

Sebelum membeli barang di luar negeri untuk dibawa pulang, kamu harus memperhatikan beberapa aturan agar tak kena bea masuk ataupun pajak.

Sebelum membeli barang di luar negeri untuk dibawa pulang, kamu harus memperhatikan beberapa aturan agar tak kena bea masuk ataupun pajak. Jangan sampai barang yang kamu beli kena pajak yang bikin kamu gigit jari.

Berikut panduan yang harus kamu perhatikan sebelum membeli barang dari luar negeri agar kamu tak kena masalah.

Baca juga: 5 Seleb Indo Yang Tampil Keren Pakai Baju Desainer Asia Saat ke Luar Negeri

Cek Ketentuan Barang di Situs Bea Cukai

CEksitusbeacukai

Sebelum beli barang di luar negeri, apalagi jumlahnya banyak dan harganya mahal, kamu kudu cek ketentuan barang bawaan penumpang di situs Bea Cukai. Atau kamu juga bisa menelepon pusat layanan Bea Cukai. Di situs Bea Cukai, kamu bisa tahusoal batasan maksimal barang bawaanmu dan dua jalur barang yaitu merah dan hijau. Merah itu untuk barang yang kena bea atau barang yang harus ada izinnya. Sedangkan hijau untuk jalur barang yang bebas bea cukai.

Cek Besaran Batas Bea Masuk

cekbatasanbea

Kamu harus tahu batasan barang bawaan dari luar negeri yang bebas bea masuk dan pajak impor. Barang kamu bebas bea masuk jika nilainya maksimal 250 dolar AS untuk satu orang, atau 1.000 dolar AS untuk satu keluarga. Kalau kamu ingin bawa oleh-oleh rokok, ada batasannya juga. Maksimal 200 batang sigaret, 25 batang cerutu, 100 gram tembakau iris. Sedangkan kalau mau bawa minuman keras, batasannya satu liter.

Jangan Beli Barang yang Sudah Ada di Indonesia

janganbelibarangyangsudahadadiindo

Sebelum beli barang di luar negeri, kamu harus cek dulu harga dan keberadaanya di Indonesia. Kalau barangnya sudah ada di Indonesia, untuk apa dibeli? Apalagi kalau harganya hanya beda dikit dengan di Indonesia. Mending beli di Indonesia. Kamu terhindar dari limit belanjaan bebas pajak.

Cek Juga Ketentuan Barang Nonfisik

barangnonfisik

Barang yang kena bea masuk bukan cuma benda berwujud. Barang enggak berwujud pun kena. Apa contoh barang enggak berwujud yang kena bea masuk? Software, e-book, music, dan lain-lain. Jadi sebelum beli barang enggak berwujud tersebut, cek dulu ketentuan bea masuknya.

Jangan Bawa Barang Beresiko Tinggi

barangbarangberbahaya

Kalau kamu membawa barang beresiko tinggi dari luar negeri, kamu bisa kena denda. Nggak percaya? Sanksi paling kecil adalah 100 persen dari bea masuk yang seharusnya dibayar. Kalau sanksi paling gede, 500 persen dari bea masuk yang seharusnya dibayar. Lantas apa saja barang beresiko tinggi tersebut? Biasanya barang ini masuk dalam jalur merah. Misalnya hewan, tumbuhan, obat-obatan, senjata, amunisi, bahan peledak, dan barang mengandung pornografi. Ada pula film sinematografi, pita video, video laser disc, piringan hitam, dan uang rupiah ataupun dalam mata uang asing sebanyak Rp 100 juta.

So, gimana sudah siap-siap shopping di luar negeri? Jangan lupa panduan di atas yes?

Categorised in: ,

This post was written by Kak Moza