• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Ngeri Banget! Ini 5 Urban Legend Paling Menyeramkan di Indonesia

Ngeri Banget! Ini 5 Urban Legend Paling Menyeramkan di Indonesia

Banyak urban legend yang menjadi buah bibir karena kejanggalan cerita yang di luar nalar manusia. Apa kamu sudah tahu cerita horor ini?

Urban legend atau mitos mengenai misteri tertentu adalah hal yang nggak terpisahkan dari kehidupan masyarakat manapun. Kebanyakan cerita urban legend dengan mudah tersebar dari mulut ke mulut oleh orang yang mengaku menjadi saksi mata dari kejadian tersebut. Beberapa urban legend menyeramkan bahkan diangkat ke layar lebar, sehingga nggak heran kalau misteri-misteri ini semakin populer di masyarakat.

Di Indonesia sendiri, urban legend menyeramkan pernah terjadi di sejumlah daerah, dan parahnya, sebagian kisah horor itu juga memakan korban secara misterius! Yuk simak 5 urban legend Indonesia yang menyeramkan berikut.

Si Manis Jembatan Ancol

urban legend indonesia menyeramkan

Sumber: Four Look

Jika mendengar nama Ancol, hal yang biasanya terbesit di pikiran kamu adalah area wisata pantai maupun wahana liburan keluarga yang cocok dikunjungi di akhir pekan. Namun, tahukah kamu kalau di balik nama tempat wisata favorit ini juga menyimpan misteri urban legend yang kerap kali dirasakan oleh warga sekitar.

Berlokasi di jembatan goyang Ancol, seorang pelukis lokal pernah didatangi oleh seorang perempuan cantik dan meminta untuk dilukiskan. Saat pelukis baru melukis separuh badannya, perempuan tersebut tiba-tiba menghilang. Karena kecantikannya, perempuan ini dijuluki Si Manis Jembatan Ancol.

Perempuan cantik ini juga pernah dilihat oleh seorang pemilik kios rokok dimana setelah memberikan senyuman, perempuan ini lagi-lagi menghilang. Selain itu, perempuan ini juga pernah beberapa kali terlihat di kawasan Hotel Horison Ancol. Sereeemmm!

Terowongan Casablanca

urban legend indonesia menyeramkan

Sumber: Hantu Punya Cerita

Sebagian besar orang cenderung sudah familiar atau bahkan sering melewati Terowongan Casablanca. Namun, nggak banyak yang tahu tentang urban legend pada terowongan yang menghubungkan Jalan Casablanca dengan Jalan Prof. Dr. Satrio ini.

Rumornya, banyak orang yang melihat sosok seorang nenek di dalam terowongan. Nenek tersebut dipercaya merupakan arwah yang ingin balas dendam setelah tewas diperkosa dan dibuang di terowongan itu. Nggak cuma itu, nenek tersebut juga ditemani oleh seorang anak kecil atau seorang pemuda yang mati gantung diri di sana.

Setiap orang yang berkendara melewati Terowongan Casablanca dipercaya harus membunyikan klakson kendaraannya sebagai bentuk permintaan izin ke para makhluk halus. Kabarnya, mereka yang nggak minta izin akan mengalami kecelakaan atau sering diteror oleh para arwah tersebut.

Rumah Pondok Indah

urban legend indonesia menyeramkan

Sumber: Jadi Berita

Mewahnya sebuah rumah nggak menutup kemungkinan bisa menjadi sarang bagi makhluk halus. Berawal di tahun 2002, seorang penjual nasi goreng diduga menghilang setelah mengantar pesanan ke dalam rumah, sementara gerobaknya masih tertinggal di luar. Padahal, rumah tersebut telah lama nggak berpenghuni, lho!

Menurut cerita, konon terjadi perampokan yang menewaskan seluruh penghuni rumah yang terdiri dari 7 warga negara asing. Sejak saat itu, sering terjadi peristiwa-peristiwa aneh di dalam dan sekitar rumah mewah yang terletak di kawasan elite Jakarta Selatan ini. Nggak hanya mengganggu para penghuni yang bergantian menghuninya, fenomena aneh ini juga sering meneror warga sekitar.

Ada yang pernah melihat seorang wanita yang berdiri di balkon lantai 2 pada malam hari. Ada juga yang pernah melihat anak kecil sedang bermain basket di halaman rumah ketika menjelang magrib. Kemudian ada pula yang melihat rumah ini bersih dan terawat di malam hari, padahal di siang hari terlihat dipenuhi oleh rumput-rumput liar.

Hantu Jamu Gendong

urban legend indonesia menyeramkan

Sumber: Ayu Laksmi

Melihat ibu-ibu jamu gendong yang sedang berjualan memang sudah biasa di Indonesia. Tapi, bagaimana dengan urban legend mengenai hantu jamu gendong? Kehebohan mitos tersebut bahkan dikemas menjadi sebuah film berjudul “Hantu Jamu Gendong”.

Produser film ini mengaku mengangkat kisah nyata dari seorang penjual jamu di Yogyakarta yang diperkosa hingga tewas dan menjadi gentayangan.

Seorang satpam yang sedang menjaga malam di sebuah bank swasta pernah bertemu dengan hantu jamu gendong di malam hari. Ia yang nggak curiga sama sekali pada sosok tersebut lantas membeli dan minum jamu pegal linu. Setelah mengambil dompet yang tertinggal, satpam tersebut nggak menemukan si penjual jamu dan hanya melihat gelas jamu yang ia minum berubah menjadi berisi darah.

Jleb.

Rumah Gurita

urban legend indonesia menyeramkan

Sumber: grya

Kamu bisa menemukan sebuah rumah misterius di belakang Hotel Grand Aquila di Jalan Pasteur, kota Bandung. Rumornya, rumah ini digunakan sebagai gereja setan yang memperbolehkan seks bebas dan melakukan pemujaan dengan minum darah bayi yang diaborsi.

Patung gurita besar berwarna hitam beserta tentakelnya yang menutupi atap rumah, cat tembok rumah yang sudah terkelupas, dan koleksi pajangan aneh yang terpampang di kaca, menambah kesan angker dan misterius rumah gurita tersebut.

Namun, warga setempat mengaku nggak melihat ada keanehan yang terjadi di rumah itu. Untuk patung guritanya, Pak RT menjelaskan bahwa patung itu hanyalah tempat penyimpanan air dan orang yang tinggal di sana sangat suka dengan seni gurita buatan mahasiswa ITB tersebut. Jadi, rumor atau fakta, ya?


Jika kamu merasa tertantang untuk mencari tahu kebenaran masing-masing urban legend ini, coba deh kunjungi langsung ke lokasi tersebut dan buktikan sendiri. Jangan lupa bawa kamera agar dapat menyimpan dokumentasi kunjunganmu dan menceritakannya kepada teman-teman. Sukses ya, uji mentalnya!

Baca juga: 10 Film Horor Indonesia Paling Nyeremin, Diurutkan Dari Paling Jadul

Sumber gambar utama: incocropcircles

Categorised in: , ,

This post was written by Jufery Chen