• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Beauty
  • >
  • Trik Merawat Rambut, Biar Habis Olahraga Rambut Tetap Sehat

Trik Merawat Rambut, Biar Habis Olahraga Rambut Tetap Sehat

Jangan cuma tubuh yang bugar, pastikan juga kalau rambut pun sehat.

Namanya juga wanita, pastinya bukan cuma badan sehat yang jadi concern kamu, tapi juga kondisi kulit wajah dan rambut yang tetap tergerai dengan indah. Nggak heran kalau rangkaian ritual beauty setelah olahraga nggak keberatan kamu lakukan. Selesai olahraga sudah pasti badan berkeringat. Dari ujung kepala bahkan! Nah, kondisi rambut yang berkeringat setelah olahraga perlu perhatian khusus, karena kotor dan lepek. Begini cara merawat rambut yang benar.

Keramas setelah olahraga

CuciRambutByUnsplash

Segeralah keramas setelah kamu berolahraga. Apalagi kalau rambut kamu masuk kategori berminyak. Pastinya akan rawan timbul ketombe dan gatal-gatal. Tapi, pastikan kamu tetap memilih produk shampoo yang tepat, sesuai kondisi rambut.

Peringatan yang sama berlaku untuk kamu dengan kondisi rambut apapun yang rutin berolahraga setiap hari. Coba pilih shampoo yang mild dan diformulasikan untuk pemakaian setiap hari, yang tentunya nggak akan bikin kulit kepala dan batang rambut jadi kering dan mudah patah, seperti Sebamed Everyday Shampoo.

Atau mau keramas praktis? Bisa coba pakai dry shampoo yang bisa menyerap minyak di kulit kepala dan memberi efek sama seperti habis keramas setelahnya.

Baca Juga: Jangan Lakukan 5 Dosa ini Kalau Nggak Ingin Rambut Kamu Rusak

Gaya rambut yang tepat

IkatRanbut

Lupakan ide tetap menggerai rambut biar kelihatan keren waktu foto lagi jogging kamu posting di Instagram, karena selain membatasi gerak kamu, juga akan makin kelihatan lepek saat berkeringat. Buat kamu yang rambutnya medium sampai panjang, tentunya wajib diikat rapi.

Tapi gaya ikat rambut seperti apa yang tepat? Bisa jadi, yang langsung kepikir sama kamu adalah ponytail yang praktis. Memang, sih simple. Tapi ponytail bisa berakibat buruk, karena rambut berkeringat diikat kencang bagian ujungnya. Ini rentan bikin rambut patah-patah. Lebih aman rambut kamu ditata gaya bun. Nggak kalah keren deh, dijamin! Pakai ini buat bikin gaya hair bun yang simpel tapi juga cepat.

Baca Juga: 5 Gaya Rambut Jadul, Tapi In Lagi Sekarang. Coba deh!

Break sejenak sama hair styling tools

HairDryer

Memang sih di gym selalu disediakan hair dryer buat keringkan rambut, tapi ada baiknya setelah proses rambut berkeringat setelah olahraga dan langsung dicuci, rambut kamu jangan dulu dipaksa kering. Biarkan kering secara alami. Karena saat habis dalam keadaan lepek dan lembap, rambut artinya sedang dalam keadaan yang nggak fit. Jauhkan dari proses pengeringan instan dari panasnya hair dryer, atau malah lanjut dengan proses catok. Bisa-bisa nggak cuma patah-patah, tapi rambut juga bisa rusak.

Baca Juga: Rambut Mudah Rontok? Coba 5 Obat Mujarab Ini. 100% Alami!

Tapi, kalau selepas olahraga kamu wajib dandan cantik karena bakal ada meeting penting, pilih hair styling tools yang dilengkapi fitur melindungi kondisi rambut, seperti misalnya Philips Hair Dryer HPS 910 yang dilegkapi fitur Ion yang melindungi kondisi rambut agar tidak cepat rusak selama proses pengeringan. Atau Panasonic EH-HV20 Straight & Curl Straightener yang dilengkapi pelat keramik, sehingga lebih aman dan panasnya merata saat digunakan.

Konsumsi lebih banyak protein

Protein

 

Masalah rambut mudah rontok dan patah usai olahraga salah satunya bisa dipicu karena tubuh kekurangan protein. Nah, segera tambah asupan protein baik dari makanan maupun suplemen untuk mencukupi kebutuhan protein harian, yang efeknya tentu berpengaruh juga pada kecantikan rambut.

Nah, salah satu makanan yang tinggi kadar proteinnya adalah almond. Apalagi sekarang banyak dijual almond roast yang renyah. Sudah sehat, enak pula dijadikan cemilan!

 

Nah, kalau rambut sudah sehat, mau coba gaya rambut yang lagi trend atau mau diwarnai, sih sah-sah saja. Good luck!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza