• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Tradisi Ulang Tahun Nyeleneh yang Mungkin Belom Pernah Kamu Tau

Tradisi Ulang Tahun Nyeleneh yang Mungkin Belom Pernah Kamu Tau

Ternyata ulang tahun itu nggak cuman potong kue, make a wish, sama pesta-pesta aja loh. Ada tradisi unik-unik acara ulang tahun di berbagai negara yang mungkin pengen kamu kepoin lebih lanjut!

Swiss: Teror Badut Menyeramkan


Di negara ini, anak kecil mungkin lebih memilih nggak ulang tahun. Soalnya, orang tua mereka akan mengundang badut seram ke pesta ulang tahun anak tersebut. Bukan cuman ditakut-takutin aja, tapi anak yang berulang tahun itu akan diberi kue ulang tahun tepat ke wajahnya biar mendapat banyak keberuntungan. Kayaknya, kalo kamu ulang tahun di sana, bakal lebih milih untuk nggak ngerayain, ya?

Vietnam: Merayakan Ulang Tahun Bersama Satu Negara

A photo posted by Igor Gorshkov (@feanorus) on


Kalo kamu tinggal dan lahir di Vietnam, kamu nggak perlu repot buat mencari kado buat temen, atau nabung uang jajan buat traktir temen karena ulang tahun dirayainnya bebarengan dengan tahun baru. Hemat ya? Hahaha. Orang Vietnam emang udah diajarin sama nenek moyang mereka untuk nggak mengkhususkan hari lahir mereka karena menurut mereka itu nggak penting. Jadi, mereka nggak terbiasa ngerayain hari ulang tahun mereka, ya. Setuju nggak sama nenek moyang orang Vietnam?

Jerman: Jomblo Mendadak Jadi Tukang Sapu

A photo posted by @hannaane.faatehi.art on


Kalo di Jerman, jomblo yang lagi ulang tahun akan jadi bahan lelucon buat temen-temennya. Mereka yang ulang tahun wajib menyapu tangga di balai kota. Bayangin aja betapa ramenya balai kota dan kamu harus nyapu tangga di sana karena jomblo! Kekocakan itu nggak berhenti di situ. Sampah-sampah yang udah disapu akan kembali diberantakin sama temen sehingga nggak ada habisnya jadi tukang sapu gratisan. Kamu baru boleh berhenti kalo ada perempuan yang mencium kamu. Iyap. Tradisi ini hanya buat laki-laki yang usianya mencapai 30 tahun aja. So, perempuan yang jomblo nggak usah cemas. 😛

Indonesia: Dibumbuin Terus Ngasih Makan Orang Banyak

A photo posted by Cafrince 瑩 (@sunday_khoo) on


Nah. Kalau di Indonesia, kamu tau dong? Biasanya anak yang lagi ulang tahun akan diikat pake tali. Lalu, temen-temennya akan membeli tepung, kecap, telur busuk, dan masih banyak lagi. Semua bahan itu dicampur jadi satu. Dan, anak itu siap disiram dengan ramuan ajaib itu. Hal yang menyebelkan bukan pas disiramnya, tapi pas membersikan ‘ramuan’ itu. Baunya bisa bertahan selama beberapa hari berikutnya, meski udah mandi dengan segala jenis sabun. Setelah selesai mengikuti ritual ulang tahun, inilah saatnya buat anak yang ulang tahun buat traktir temen-temennya. Ritual ini emang bakal bikin si anak yang ulang tahun bokek. Namun, ritual ini akan dialami oleh setiap anak yang lagi ulang tahun. Jadi, tinggal nunggu giliran dapet traktiran dari temen, deh.

Sama kayak tradisi orang Indonesia yang suka traktir pas ulang tahun, Mataharimall juga mentraktir orang se-Indonesia loh pas lagi ulang tahun. Kalo kamu kepo dan pengen tau banget, bisa cek Super September di MatahariMall. Promonya dijamin nggak bakal bikin dompet merana, deh.

Setiap tradisi tersebut pasti punya alasan tersendiri sehingga dibuat jadi turun-temurun sampe sekarang. Tapi, ada juga sih yang alasannya cuma buat seru-seruan. Hehe. Kalau kamu, apa punya tradisi unik atau aneh pas lagi ngerayain ulang tahunmu? Yuk, komen di bawah ini!

Sumber foto: pcwallart.com

Categorised in: , ,

This post was written by Claudia Jasmine