Tips & Trik Beli Jam Tangan Buat Pemula

Ketika kamu sudah bisa menghargai waktu, kamu pasti tahu bahwa jam tangan itu nggak sekadar sebagai salah satu fashion item yang wajib kamu punya.

Ya, jam tangan sebenarnya punya banyak fungsi di pergelangan tangan. Bisa sebagai penunjuk waktu, sebagai aksesoris, fashion item yang menyempurnakan gaya kamu, bahkan menunjukkan kelas atau status sosial kamu. Memang bukan hal yang mudah buat kamu memilih jam tangan yang tepat, apalagi sebagai seorang pemula yang baru mulai memikirkan untuk membeli jam tangan yang nggak sekadar sebagai pelengkap gaya. Nah, untuk itu, kamu perlu pahami panduan membeli jam tangan buat pemula berikut ini biar nggak salah beli.

Digital atau Analog?

1

Jam tangan digital awalnya diciptakan untuk mempermudah kamu dalam mengecek waktu. Dibandingkan dengan jam tangan analog, kamu perlu memperhatikan posisi jarum panjang, pendek dan detik buat memastikan waktu. Kini, jam tangan digital telah bergeser menjadi lebih pintar, atau dikenal dengan smart watch, dengan berbagai fitur tambahan di dalamnya yang memungkinkan membaca mencatat berbagai kebiasaan kamu, bahkan melakukan panggilan telpon. Sementara, jam analog dianggap mampu memberi kesan formal atau semi formal karena tampilannya yang klasik.

Baca juga: 5 Tips Pilih Jam Tangan Maskulin Yang Ngetren Sepanjang Masa

Quartz atau Mekanik?

2

Jam tangan analog sendiri punya dua macam mesin yang berbeda. Pada awalnya, semua jam tangan memiliki mesin mekanik, baik yang manual (diputar sendiri) atau otomatis. Namun, seiring berkembangnya teknologi, diciptakanlah mesin quartz yang menggunakan baterai. Jam tangan quartz tentu lebih murah, karena mesinnya tidak serumit jam tangan mekanik. Sementara jam tangan mekanik yang manual, harganya lebih murah dibanding jam tangan mekanik otomatis.

Untuk jangka panjang atau tidak?

3

Jika kamu memutuskan membeli jam tangan untuk bisa dipakai lama, kamu nggak perlu memilih model jam tangan yang berlebihan. Pilih jam tangan simple namun elegan. Modelnya haruslah yang memiliki model yang tak lekang waktu. Bisa kamu pakai saat memakai T-Shirt atau saat memakai gaun.

Baca juga: 5 Pilihan Jam Tangan Aksen Emas untuk Berbagai Gaya Kamu

Branded atau tidak?

4

Ketika kamu memutuskan memilih jam tangan branded, pastikan kamu memilih jam tangan buatan Swiss. Negara ini terkenal banyak menciptakan jam tangan terbaik. Tapi, kini banyak pula muncul berbagai macam jam tangan mekanik yang dibuat oleh brand nggak terkenal. Kalau kamu mementingkan estetika dibandingkan brand, kamu bisa pilih brand apa saja. Atau pilih jam tangan dari brand fashion ternama. Tapi, jam tangan branded asal Swiss bisa punya nilai investasi lho!

Pertimbangkan fitur tambahan

5

Faktor terakhir ini juga nggak kalah penting. Kalau kamu perhatikan, ada jam yang tahan-air, ada jam tangan yang punya fitur tanggal, ada yang punya fitur chronograph, stopwatch, dan sebagainya. Nah, kamu harus pikirkan lebih detil apakah fitur-fitur tambahan tersebut perlu ada pada jam tangan kamu? Atau justru bikin ramai tampilan jam tangan kamu.

Jadi, mana yang kamu pilih? Kalau kamu memang mempertimbangkan jam tangan yang punya nilai investasi, pilihlah jam tangan mekanik otomatis dari brand jam tangan asal Swiss. Kamu pun akan dipandang punya status sosial yang tinggi jika menggunakan jam tangan ini.

This post was written by Kak Moza