6 Langkah Skin Care Dasar Yang Perlu Dimulai Sejak Usia 20an

Kulitmu bisa rusak karena polusi udara dan panasnya terik sinar matahari. Ayo rawat dari sekarang agar tidak terjadi penuaan dini.

Mendengar kata skin care mungkin membuatmu membayangkan berbagai produk untuk mengatasi kulit keriput dan jerawat. “Aku kan nggak jerawatan dan masih muda dan cantik, jadi masih jauh dari keriput. Nggak perlu pake skin care kan?” Salah besar nih. Skin care bukan sekedar untuk mempercantik, namun fungsi utamanya adalah untuk menjaga kesehatan kulit, bagai makanan untuk kulit.

Agar lebih jelas, kali ini kami mewawancarai Dr. Christian J. E. Chandra, Dipl. AAAM, seorang Aesthetic and Anti Aging Consultant. Beliau adalah pemilik sebuah aesthetic clinic dan peracik produk skin care yang sangat aktif belajar secara langsung dari pakar-pakar aesthetic internasional di Asia, Kanada, dan Eropa.

6 Langkah Skin Care Dasar Yang Perlu Dimulai Sejak Usia 20an dr christian chandra

Jeng jeng, ayo simak tips kecantikan dari Dr. Christian!

“Skin care adalah perawatan harian yang merupakan nutrisi untuk kulit. Sejak kapan dipakai? Tentunya dimulai dari bayi sekalipun. Karena kita terpapar sinar UV B dari sinar matahari yang bisa menyebabkan kanker kulit sejak kita dilahirkan. Tentunya pemakaian skin care yang tepat harus disesuaikan dengan jenis kulit dan usia,” ujar Dr. Christian menjelaskan mengapa kita perlu melindungi kulit kita sejak usia yang dini.

Lalu, apa saja sih perawatan paling esensial yang perlu dimulai ketika kita berusia 20an? Berikut ulasannya:

Cuci muka dengan produk yang tepat

6 Langkah Skin Care Dasar Yang Perlu Dimulai Sejak Usia 20an cuci muka

Ketika kamu beraktifitas seharian, wajah kamu pasti terkena kotoran, debu, dan bakteri. Bahkan ketika kamu nggak ngapa-ngapain seharian, pasti ada saja debu yang nempel ke wajah kamu. Ditambah lagi dengan minyak yang dihasilkan oleh wajahmu. Kamu perlu membersihkan itu semua agar tidak menyumbat pori-pori wajahmu.

Menurut Dr. Christian, jenis face wash pada dasarnya dibedakan menjadi dua, yaitu untuk kulit berminyak dan kulit normal. Untuk kulit berminyak yang cenderung berjerawat pilihlah face wash yang mengandung bahan anti bakteri seperti tea tree, ataupun bahan anti peradangan seperti aloe vera (lidah buaya).

“Yang terpenting adalah memilih kosmetik yang rendah paraben (bahan kimia pengawet kosmetik) ataupun non paraben atau pengawet karena penggunaan jangka panjang dapat memicu sel kanker,” tambahnya..

Gunakan Toner untuk mengangkat sisa kotoran

6 Langkah Skin Care Dasar Yang Perlu Dimulai Sejak Usia 20an toner

“Toner berfungsi untuk mengangkat sisa-sisa kotoran yang tidak bersih dengan sabun dan bersifat melembabkan kulit,” jelas Dr. Christian. Sering kali rutinitas mencuci muka belum cukup untuk mengangkat semua kotoran yang menempel di wajah kita setelah seharian beraktifitas. Itulah mengapa kamu perlu menggunakan toner agar wajahmu benar-benar bersih.

Coba saja menggunakan toner di atas kapas putih kemudian diusapkan ke wajah yang baru selesai dicuci. Kamu akan melihat sisa kotoran yang terangkat di atas kapas tersebut. Hmmm, bandel juga ya kotorannya.

Baca juga: Obat Alami untuk Bersihkan Wajahmu dari Jerawat dan Komedo

Lembab terus dengan Moisturizer

6 Langkah Skin Care Dasar Yang Perlu Dimulai Sejak Usia 20an moisturizer

“Moisturizer sangat diperlukan untuk semua jenis kulit di berbagai usia. Tentu harus disesuaikan dengan jenis kulit masing-masing. Pemakaian moisturizer sejak dini mencegah timbulnya keriput,” sahut Dr. Christian. Ya, mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Kulit yang terus menerus dibiarkan kering akan cepat mengalami keriput.

“Tapi wajahku tidak kering, malah cenderung selalu berminyak.” Justru, kulit yang berminyak itu disebabkan oleh dehidrasi kulit yang tidak lembab, sehingga kulit akan memproduksi semakin banyak minyak (sampai berlebihan) untuk mengatasi dehidrasi tersebut. Makanya, kulit yang berminyak pun tetap membutuhkan moisturizer.

Bagi kamu yang kulitnya berminyak bisa mencoba moisturizer yang berbahan dasar air atau biasa disebut sebagai waterbase, misalnya yang berbentuk gel. Sedangkan bagi kamu yang kulitnya kering, moisturizer berbentuk krim sangat cocok untuk kamu. Pssst, satu set skin care untuk kulit kering dengan brand ternama ini lagi diskon loh!

Sunblock itu wajib!

6 Langkah Skin Care Dasar Yang Perlu Dimulai Sejak Usia 20an sunblock

Kalau kamu berpikir sunblock itu hanya bagi mereka yang ingin kulitnya terlihat lebih putih, kamu salah. Sunblock itu fungsinya untuk melindungi kulit kita dari paparan UV A dan UV B dari sinar matahari yang sangat merusak dan berbahaya. Efek dari sinar matahari bukan hanya membuat kulit lebih gelap loh, tapi bisa memicu terjadinya kanker kulit. Sinar matahari pun berkontribusi besar pada terbentuknya flek hitam dan penuaan dini pada kulit.

Menurut Dr. Christian, sunblock tidak hanya dibutuhkan bagi mereka yang terus-menerus berada di luar ruangan. Pada saat kita berada dalam ruangan pun kita sering terekspos pada radiasi sinar UV B yang terpantul dari benda-benda di sekitar kita, sehingga bekerja indoor pun tidak menjamin keamanan kulit kita dari bahaya yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

“Wajah berminyak dan berjerawat disarankan memakai sunblock yang bebas minyak, baik dalam bentuk krim atau gel. Kulit yang kering atau normal bisa menggunakan sunblock dengan pelembab agar tetap terjaga kelembabannya,” tutur Dr. Christian. “Di Indonesia, cukup dengan menggunakan SPF 30 untuk kulit yang berminyak dan SPF 50 untuk kulit kering atau kulit yang cenderung memiliki flek. Sunblock yang terbaik dan tahan lama memang dalam bentuk krim,” sambungnya.

Eksfoliasi sesekali

6 Langkah Skin Care Dasar Yang Perlu Dimulai Sejak Usia 20an eksfoliasi

Proses regenerasi kulit menyebabkan terbentuknya kulit mati di seluruh wajah, yang jika diraba terasa agak kasar. Sehingga kamu perlu mengangkatnya dengan cara mengeksfoliasi wajahmu dengan scrub. “Face scrub bersifat mengangkat sisa kulit mati yang tertinggal, dan merangsang pembentukan kulit baru agar wajah terlihat cerah dan segar. Namun, face scrub tidak boleh digunakan setiap hari, cukup seminggu sekali,” ungkap Dr. Christian.

Kamu cukup mengoleskan face scrub ke wajahmu yang sudah dicuci terlebih dahulu kemudian dipijat-pijat lembut ke seluruh wajahmu selama kurang lebih 2 menit, kemudian dibilas. FYI, kamu bisa saja loh membuat face scrub sendiri di rumah. Banyak kombinasi bahan yang bisa kamu gunakan untuk membuat face scrub, seperti campuran gula dan madu, almond yang ditumbuk dengan minyak zaitun, kopi bubuk dengan air hangat, dll.

Masker

6 Langkah Skin Care Dasar Yang Perlu Dimulai Sejak Usia 20an masker

“Masker sendiri merupakan nutrisi untuk kulit yang bisa dilakukan seminggu sekali setelah scrubbing,” ujar Dr. Christian. Scrub awalnya membuka pori-pori wajah dan membersihkannya. Sehingga wajah kamu siap menerima nutrisi dari masker tersebut. Jenis masker, terutama clay mask, juga akan merapatkan kembali pori-pori yang tadinya dibuka oleh scrub.

Dijamin, setelah selesai menggunakan scrub dan masker, wajahmu akan terasa sangat bersih, lembut, dan terlihat lebih cerah dan segar. Ritual scrubbing and masking ini dapat kamu lakukan setelah facial wash dan sebelum toner dan moisturizer. Tapi ingat, cukup seminggu sekali ya.

Hayo, masalah-masalah di atas bukan hanya dialami oleh orang tua kan? Paparan sinar matahari dan kotoran dari polusi adalah dua hal yang dialami semua orang, berapapun umur kita. Apabila kamu membandingkan dengan kakek dan nenek kamu yang tidak menggunakan skin care, tapi memiliki wajah yang bagus, hal itu mungkin terjadi karena zaman dulu tidak terdapat banyak polusi dan sinar matahari yang tidak terlalu menyengat.

==END==

This post was written by Karen Tungka