• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 10 Tips Berkomunikasi Untuk Memperkuat Hubungan

10 Tips Berkomunikasi Untuk Memperkuat Hubungan

Komunikasi bagaimana sih yang bisa memperkuat hubungan kamu dengan pacar? Yuk simak beberapa tips ini

Dalam menjalani hubungan khususnya percintaan, komunikasi merupakan hal yang sangat berpengaruh. Komunikasi yang kurang akan membuat hubungan nggak bertahan lama, apalagi buat kamu yang sedang menjalani hubungan jarak jauh. Tanpa komunikasi yang jelas, hubungan kamu sudah pasti akan kandas.

Bagaimanapun, walau banyak pasangan yang paham pentingnya berkomunikasi. Ternyata masih banyak pasangan yang memiliki masalah dalam berkomunikasi. Untuk itu, berikut adalah beberapa tip berkomunikasi yang baik untuk memperkuat hubungan kamu.

Kurangi bermain HP

via GIPHY

Langkah pertama dalam berkomunikasi adalah tetap fokus, jangan bermain smartphone atau memikirkan hal lain ketika sedang berkomunikasi. Karena lawan bicara akan merasa lebih dihargai apabila kamu fokus terhadap ceritanya.

Setelah lawan bicara merasa dihargai, mereka akan secara otomatis melanjutkan ceritanya dan mulai merasakan kenyamanan bicara dengan kamu. Dengan tetap fokus, kamu sudah mampu menciptakan suasana yang enak buat ngobrol.

Nada yang sopan

via GIPHY

Menyampaikan pesan dengan sikap dan intonasi yang benar memang nggak selalu gampang, apalagi kalau kamu lagi berdebat dengan lawan bicara kamu. Nggak ada salahnya saling berdebat asalkan nggak berujung saling menghina dan membentak.

Nada bicara sangat menentukan respon yang kamu dapat. Jadi, pintar-pintarlah mengontrol nada bicara kamu. Sehingga kamu bisa mendapat respon yang positif dari lawan bicara menghindari pertengkaran atau kesalahpahaman yang bisa terjadi.

Mendengar dan memahami

10 Tips Berkomunikasi Untuk Memperkuat Hubungan

Sumber: Sebastiaan ter Burg
 

Komunikasi yang ideal biasanya terjadi secara dua arah, tapi kadang kamu harus tahu kapan waktunya kamu harus jadi pendengar yang baik. Untuk menjadi pendengar yang baik, dibutuhkan kontrol diri. Karena pada umumnya kamu akan mempunyai respon untuk mengeluarkan pendapat secara otoamtis. Walaupun sebenarnya lawan bicara cuma butuh untuk didengar.

Bagaimanapun, mendengar saja nggak cukup loh untuk memperkuat hubungan komunikasi kamu. Karena ada bagian lain yang menjadi pelengkap, yaitu empati, proses dimana kamu mengerti dan ikut merasakan apa yang dialami oleh lawan bicara. Salah satu cara kamu berempati adalah dengan membayangkan diri kamu jika berada di situasi dan posisi lawan bicara.

Terbuka

via GIPHY

Ketika kamu sedang bercerita ke lawan bicara kamu, cobalah untuk bersikap lebih terbuka. Apalagi kalau lawan bicara adalah sang kekasih, karena lawan bicara kamu bukanlah seorang cenayang (dukun) yang selalu bisa mendeteksi apa yang kamu mau.

Jadi, kalau kamu sedang mempunyai masalah dengan lawan bicara ada baiknya kamu sama-sama mengutarakan apa yang ada di benak kamu (yang pastinya tetap dalam sikap yang sopan). Sehingga kamu bisa berdiskusi dan menyelesaikan masalah tersebut.

Masalah yang nggak dibahas secara terbuka, biasanya akan menimbulkan kesalahpahaman dan malah bikin makin ruwet. Nah akan lebih baik kamu menghindari hal ini, kalau kamu ingin hubungan tetap berjalan sehat.

Jujur

10 Tips Berkomunikasi Untuk Memperkuat Hubungan2

Sumber: Wikimedia
 

Kalau bersikap terbuka lebih mengarah ke bagaimana kamu mempunyai inisiatif untuk memberitahu ke lawan bicara. Bersikap jujur malah lebih mengarah ke bagaimana sikap kamu setelah lawan bicara menanyakan sesuatu ke kamu.

Hal ini memang nggak mudah dilakukan, karena terkadang kebohongan memperindah segala sesuatu. Akan tetapi kalau suatu hubungan hanya mementingkan keindahan saja, maka koneksi yang lebih mendalam akan kurang terbentuk karena semuanya akan terlihat terlalu sempurna. Walaupun kadang jujur itu lebih menyakitkan, tapi percaya deh kamu juga akan lebih luwes kalau kamu berkata jujur.

Baca juga 5 Hal Penting Agar Hubungan Romantismu Nggak Diam di Tempat
 

 

Abaikan kesalahan kecil

10 Tips Berkomunikasi Untuk Memperkuat Hubungan3

Sumber: reckon.tistory
 

Untuk bisa terus bersama, sebaiknya kamu juga mengabaikan kesalahan-kesalahan kecil yang nggak terlalu penting, seperti ribut tentang makanan, atau kelupaan menjemput. Hal seperti ini kan nggak terlalu gimana-gimana banget. Jadi, lebih baik ya abaikan saja, jangan malah jadi semakin dibahas.

Lebih banyak bercanda

10 Tips Berkomunikasi Untuk Memperkuat Hubungan4

Sumber: Public Domain Pictures
 

Komunikasi nggak harus selalu serius kok, malah semakin sering kamu dan lawan bicara bercanda, akan semakin nyaman juga hubungan kamu. Satu-satunya cara yang baik untuk mencairkan suasana yang agak tegang adalah dengan bercanda, jadi kalau kamu habis berantem sama lawan bicara jangan langsung putus asa dulu, ajak lawan bicara bercanda sedikit-sedikit.

Saling melibatkan

10 Tips Berkomunikasi Untuk Memperkuat Hubungan5

Sumber: Wikimedia
 

Kalau lawan bicara adalah kekasih, ungkapkan hubungan kalian dengan saling melibatkan satu sama lain. Sebagai contoh, kalau kamu sedang nggak bersama. Kamu bisa mengirim foto aktivitas dan tempat kamu berada. Atau bisa dengan menunjukan hal-hal yang mengingatkan kamu sama kekasih. Hal ini membuat kekasih kamu merasa kalau bila dia tetap ada diingatan kamu.

Lihat waktu

10 Tips Berkomunikasi Untuk Memperkuat Hubungan6

Sumber: PDPics
 

Kalau kamu merasa lawan bicara kamu sedang bad mood, sebaiknya kamu simpan dulu apa yang ingin kamu bicarakan dan coba bicara lagi ketika mereka sudah sedikit lega. Nggak cuma masalah mood saja, kadang lawan bicara sedang sibuk melakukan pekerjaannya. Jadi, daripada kamu tetap bicara dan terkesan mengganggu, lebih baik beritahu secara perlahan kalau kamu ingin membicarakan sesuatu setelah mereka selesai dengan kesibukannya.

Komunikasi non-verbal

10 Tips Berkomunikasi Untuk Memperkuat Hubungan7

Sumber: Pexels
 

Pernah dengar istilah “sepi itu indah”? Yap, kamu tetap bisa berkomunikasi walaupun nggak saling bicara, komunikasi jenis ini dikenal sebagai komunikasi nonverbal. Komunikasi nonverbal biasanya dilakukan dan dipersepsikan lewat bahasa tubuh.

Dalam berhubungan, pasti ada saat kamu dan lawan bicara sama-sama nggak berbicara. Hal ini nggak selalu buruk kok, kadang bukannya malas bicara tapi memang ada beberapa hal yang nggak bisa di komunikasikan secara verbal. Untuk momen seperti ini, manfaatkan komunikasi nonverbal dengan sentuhan ringan seperti merangkul atau menggenggam tangan sejenak. Ini sudah cukup untuk memberitahu ke lawan bicara kalau kamu peduli.

Walaupun proses komunikasi yang baik dan benar nggak mudah, tapi gak ada salahnya dan bahkan kamu harus memperhatikan hal-hal seperti ini untuk meminimalisir keributan dan kesalahpahaman.

Sumber gambar utama: Paul Ritz
 

 

Categorised in: , ,

This post was written by Sharon Hambali