• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 10 Tanda Kalau Kamu Sudah Kecanduan K-pop

10 Tanda Kalau Kamu Sudah Kecanduan K-pop

Apakah kamu seorang penggemar berat K-pop? Sudah kecanduan atau belum ya? Yuk cari tahu dengan 10 tanda kamu sudah kecanduan K-pop berikut ini

Dalam beberapa tahun terakhir, Korean Wave atau yang disebut demam Korea sudah melanda ke berbagai negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Para penggemar ini terutama sangat menggilai drama Korea dan K-pop atau Korean Pop, genre musik populer yang berasal dari Korea Selatan.

Saking hitsnya K-pop ini, banyak sekali fans dari berbagai negara yang sangat tergila-gila dan bahkan bisa bisa disebut kecanduan K-pop. Ngefans memang wajar saja sih, tapi kalau sudah kecanduan tentu nggak baik kan? Jadi, apakah kamu seorang penggemar K-pop atau ternyata pecandu? Berikut ini adalah 10 tanda kalau kamu sudah kecanduan K-pop.

1. Bahasa ibu = Bahasa Korea

kecanduan k-pop 1

Sumber: Korea Joah

Apakah kamu sering bereaksi menggunakan Bahasa Korea seperti “Daebak!”, “Omo”, atau “Aigoo”?. Nggak sedikit para penggemar K-pop yang sampai suka berbicara sendiri atau berbincang dengan temannya menggunakan Bahasa Korea lho. Karena sudah keseringan nonton Korea, kamu jadi mengetahui banyak kata yang mereka gunakan. Kemudian kamu pun menjadi hafal dan ikut menggunakannya.

2. Kemampuan hafalanmu meningkat drastis

kecanduan k-pop 2

Sumber: Exo Love

Apakah kamu bisa menyebutkan seluruh nama 12 anggota EXO? Ya, pecandu K-pop bisa saja selalu mendapat nilai jelek pada pelajaran Sejarah karena nggak tahu siapa presiden pertama di negaranya, tetapi nggak akan lupa dengan band Korea favoritnya. Mereka bisa menghafal seluruh nama lengkap anggota EXO-K maupun EXO-M hingga ke urutan usia, golongan darah, tinggi badan, tanggal ulang tahun, dan seluruh riwayat hidupnya.

3. Playlist didominasi lagu Korea

kecanduan k-pop 3

Sumber: Stockly

Temanmu mungkin akan pusing ketika membuka Youtube di laptop-mu atau playlist di smartphone-mu. Mungkin 95% daftar video dan musik kamu didominasi oleh lagu Korea. Hal ini bisa disebabkan karena kamu biasanya akan mengunduh 1 album lagu band favorit kamu, beda dengan penggemar baisa yang mungkin hanya mengambil beberapa lagu nge-hits saja. Apakah ada Big Bang, EXO, BTS, atau Beast di playlist-mu?

4. Menyukai seluruh makanan Korea

kecanduan k-pop 4

Sumber: Korean Restaurants.sg

Kamu akan mulai menyukai dan mencari segala jenis makanan berat hingga cemilan bernuansa Korea. Kamu menjadi sangat suka makan ramen Korea, bahkan melebihi Indomie yang merupakan mie instan pilihanmu sejak kecil. Kamu akan mendatangi segala jenis restoran Korea untuk mencoba berbagai macam hidangan Korea seperti tteokbokki, jajangmyeon, dan samgyeopsal.

5. Kamu telah menemukan lelaki sempurna

kecanduan k-pop 5

Sumber: Soompi

Ya, lelaki dari boyband Korea itu adalah lelaki yang sempurna di matamu. Ia begitu tampan, tinggi, seksi, dan juga pandai menari. Apapun yang dilakukannya nggak pernah jelek atau salah di matamu. Meskipun ternyata ia memiliki suara yang sumbang dan nggak enak didengar ataupun lebih rutin menggunakan make up dibanding kamu yang adalah seorang wanita tulen.

6. Histeris

kecanduan k-pop 6

Sumber: Sidomi

Apabila si lelaki sempurna itu membuka baju pada konsernya, kamu langsung berteriak dengan suaramu yang sudah naik 2 oktaf. Apabila ia tersenyum kamu akan teriak karena hatimu meleleh melihatnya. Apabila ia menangis, kamu juga teriak karena nggak ingin ia bersedih. Apabila ia bersama wanita lain, kamu juga akan teriak karena hatimu membara. Teman-temanmu hanya bisa menggeleng-geleng kepala dan melihat heran kelakuanmu. Histeris sekali ya?

7. Menjadi debater hebat

kecanduan k-pop 7

Sumber: KDrama Fighting

Sifat pendiam atau introvert nggak akan berlaku lagi pada para pecandu K-pop. Kamu akan selalu menceritakan betapa sempurnanya idola kamu dan bagaimana dia melengkapi isi hatimu ke semua temanmu.

Tetapi kamu juga akan marah besar apabila idolamu dihina atau dicap buruk. Kamu nggak akan tinggal diam. Kamu bisa membalas semua omongan kasar atau komentar buruk tentang idola kamu di media sosial. Kamu akan membalas semua komentar itu satu per satu dan bahkan hingga berdebat dengan mereka!

8. Seketika ingin menjadi benda mati?

kecanduan k-pop 8

Sumber: We heart it

Ya, terkadang memang lucu melihat tingkah pecandu K-pop yang satu ini. Saat menonton video musiknya atau menonton konsernya, mereka bisa berkata “Ah aku pingin jadi handuknya Chanyeol!” atau “Wah andai aku adalah kain yang diremas Bora”. Selagi bisa disentuh atau berhubungan fisik dengan para idola, jadi benda mati juga rela ya?

9. Mengetahui seluruh berita idolamu lebih dari berita di negaramu

kecanduan k-pop 9

Sumber: Twitter

Kamu akan sangat update dengan segala berita mengenai idolamu, baik ketika ia jatuh sakit, baru mengecat rambutnya, membeli rumah baru, hingga lokasi idolamu saat ini. Tetapi kamu sedikit pun nggak tahu apabila ada berita besar di negaramu, seperti meledaknya bom teroris di pusat kota ataupun pelantikan gubernur di daerah tempat tinggalmu.

10. Mendadak menjadi rajin menabung dan diet

kecanduan k-pop 10

Sumber: Soompi

Apakah kamu tahu istilah “Diet always starts tomorrow”? Ya, diet mungkin memang akan selalu ditunda untuk dilakukan besok, tetapi si pecandu K-pop nggak akan mengingkarinya apabila ada konser band favoritnya pada bulan depan. Ia mendadak rela nggak makan demi menabung uang untuk membeli tiket konser VIP, atau demi membeli album dan cenderamata yang berbau K-pop ! Kalau sampai iya, lebih baik cari di MatahariMall saja ya supaya bisa lebih hemat lagi.

Nah, jadi bagaimana? Apakah kamu hanya sekedar penggemar atau ternyata sudah menjadi pecandu K-pop? Mudah-mudahan masih penggemar ya. Kecanduan bisa menyebabkan kamu lupa diri dan lupa waktu lho. Jadi sebaiknya untuk kamu atau temanmu yang sudah kecanduan, tetap sadar pada keberadaan sekitarmu ya!

Baca Juga: Mengagumi Idol Berbeda, Beberapa Fandom Ini Menyulut Fanwar K-Pop

Sumber Gambar Utama: Wikimedia

Categorised in: , ,

This post was written by Erine Yovinda