Tampil Modern dengan Batik dan Ulos? Bisa!

Bosan menjahit kain tradisionalmu dengan model yang itu-itu saja? Nih, coba tiru 4 cara membuat kain tradisionalmu tampak beda!

Kalau kamu punya banyak kain tradisional di rumah yang masih belum dijahit, coba berkreasi lebih untuk tak hanya dijadikan rok saja. Buat sesuatu yang berbeda dari biasanya, seperti dibuat rompi atau turban untuk kepala misalnya. Bingung bagaimana mengkreasikannya? Yuk, intip tips berikut ini!

Rok Selutut

Biar nggak bosan sama model rok yang sering kamu jahit dari koleksi kainmu, coba deh tips ini. Pertama kamu harus memakai kain panjang yang nggak terlalu lebar. Kain yang nggak terlalu lebar akan memudahkanmu untuk mengukur panjangnya kain. Coba lilitkan di sekeliling pinggang, lalu menyatukan kedua ujungnya di bagian depan dengan simpul sederhana. Agar nggak mudah lepas, pakai satu atau dua buah peniti kecil. Tampilan seperti ini masih cocok kok untuk dipakai bersamaan dengan kebaya untuk ke nikahan sahabatmu nanti. Oh iya, kain dari Nusa Tenggara Timur punya motif yang keren juga lho untuk dipakai ke acara formal. Pas banget!

Rompi Cantik

Rompi dari bahan tradisional Indonesia? Yup, ternyata gampang juga membuatnya. Kamu hanya perlu kain panjang berbentuk persegi empat sama sisi, lalu bentuk menjadi segitiga. Sesudah itu kamu bisa menyampirkannya di sekitar leher, lalu biarkan bagian bawah jatuh di sekitar perut. Terakhir, tinggal kencangkan dengan ikat pinggang koleksimu yang berwarna senada, lalu lebarkan bagian atas bawahnya sehingga menutup tubuh dan sebagian baju. Untuk rompi ini, kain Ulos dengan motif yang berwarna-warni akan membuat kamu terlihat berbeda dari yang lain!

Urban Turban

Untuk kamu yang berhijab, pasti belum pernah terpikir kan, memakai kain batik untuk penutup kepalamu? Daripada hanya mengkreasikan batik untuk rok atau celana, coba dibuat model turban saja! Biar hasilnya lebih catchy, padu padankan kain batik ini dengan kain kerudung warna senada. Jika punya kain batik sutera berbentuk persegi panjang, bisa juga kamu gunakan sebagai luaran. Pas dipakai ke kantor atau acara formal sekalipun!

Loose Top Santai

Punya sarung motif khas daerah Lombok dan nggak tahu mau dibuat apa? Nah, kamu bisa coba mengkreasikannya dengan menggunting sarung jadi 2 bagian sama besar. Setelah itu pakai kedua belah kain di tubuh kamu untuk bagian depan dan belakang, lalu simpulkan kedua ujung bagian atas agar membentuk seperti lubang leher. Selanjutnya kamu bisa memakai ikat pinggang untuk menyatukan bagian bawahnya. Jangan lupa memakai tank top untuk bagian dalam baju barumu ini ya!

Sekarang kamu punya 4 gaya yang berbeda, jadi udah nggak bingung lagi kan bagaimana membuat koleksi kain tradisionalmu agar bisa dipakai sehari-hari dan bahkan untuk event formal di kantor nanti kan?

Photo Credit: refinery29.com, Pinterest, E-Bay, keikolynn.com

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza