• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Selain Wortel, Makanan Enak Ini Bikin Mata Jadi Lebih Sehat

Selain Wortel, Makanan Enak Ini Bikin Mata Jadi Lebih Sehat

Selain wortel, ternyata banyak asupan makanan yang bagus untuk kesehatan mata. Ini di antaranya!

Jangan menunggu usia senja, baru kita menjaga kesehatan mata. Apalagi mata adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting fungsinya. Selagi muda, kesehatan indera penglihatan ini sudah harus dijaga.

Selain membatasi penggunaan alat elektronik dan merawat kesehatan area kulit di sekitarnya dengan menggunakan eye cream, kesehatan mata tentu bisa didapat dari makanan yang kamu konsumsi. Kalau selama ini hanya mengandalkan wortel (yang memang tinggi akan kandungan vitamin A), kamu harus mulai sering mengonsumsi deret makanan di bawah ini. Dijamin kesehatan mata kamu jadi lebih terjaga!

Ikan

poin_1

Semua jenis ikan, khususnya ikan salmon, mengandung asam lemak yang sehat bernama asam lemak omega-3. Yang perlu kamu tahu, asam lemak ini bagus banget buat perkembangan visual dan kesehatan retina di bagian belakang mata. Udah gitu, bagus juga untuk mencegah mata dari yang namanya kekeringan.

Baca juga: https://mozaic.mataharimall.com/female/ketahui-yuk-manfaat-sehat-makanan-berdasarkan-warnanya/

Telur

poin_2

Saatnya menambahkan porsi telur dalam asupan sehari-hari. Karena ternyata, kuning telur mengandung vitamin A, zat lutein, hingga zat seng yang bagus buat melindungi kornea mata, menjaga kesehatan retina, dan tentunya mencegah penyakit katarak. Sementara putih telur kaya akan protein!

Kacang Almond

poin_3

Saat sarapan yogurt atau sereal, tambahkan kacang almond di atasnya. Kacang ini punya kandungan vitamin E yang bagus banget buat kedua bola mata, khususnya pencegahan penyakit katarak. Selain almond, kacang hazelnut, biji bunga matahari, dan kacang tanah punya kandungan vitamin E juga, loh. Kalau masih suka bingung, beli aja aneka kacang dan biji-bijian sehat di sini!

Baca juga: Alasan yang bikin yogurt jadi andalan buat kulit cantik dan sehat

Kale

poin_4

Salah satu jenis sayur ini, sering disebut sebagai superfood karena memang kandungan nutrisi dan vitaminnya sangat tinggi. Termasuk zat antioksidan yang bernama lutein dan zeaxanthin, yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata. Apalagi dua zat tersebut memang tak dimiliki oleh tubuh, jadi memang cuma bisa kamu dapat dari makanan.

Jeruk

poin_5

Selain vitamin A, vitamin C juga bisa bagus buat kesehatanmu. Nggak heran, setiap harinya kamu dianjurkan buat konsumsi jeruk dan buah lain yang kandungan vitamin C-nya tinggi. Karena, kesehatan pembuluh darah di seputar bola mata kamu akan lebih terjaga, sehingga fungsi organ lainnya jadi lebih maksimal.

Banyak kan, pilihannya? Yuk, tambahin deret asupan di atas ke dalam porsi makan kamu sehari-hari!

This post was written by Diona Ratrixia