• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Selain Berpuasa dengan Tekun, Lakukan Hal Ini Bikin Puasa Tambah Barokah

Selain Berpuasa dengan Tekun, Lakukan Hal Ini Bikin Puasa Tambah Barokah

Berpuasa sebulan penuh memang sejatinya bisa digunakan menjadi momen untuk introspeksi diri.

Ramadan memang identik dengan usaha para umat Islam untuk sanggup berpuasa sebulan penuh, menahan lapar, haus, juga napsu duniawi. Pastinya semua berharap, bulan suci ini bisa menjadi waktu khusus dimana kita bisa menambah amal dan ibadah. Selain berpuasa dengan tekun, Ramadan mengizinkan kita melakukan banyak perbuatan baik untuk menambah nilai ibadah.

Tidak heran, semua umat Islam bersyukur bila masih diberi rahmatnya untuk bertemu lagi dengan Ramadan. Karena bertemu dengan Ramadan, berarti Yang Maha Esa masih memberi kita kesempatan untuk memperbaiki diri. Setuju? Nah, beberapa ide di bawah ini bisa coba dilakukan.

Rutin ikut tarawih di lingkungan


Yang seru dari ikut tarawih di masjid dekat rumah adalah menjadi bagian dari jemaah lain yang juga beniat memperbanyak ibadah di bulan Ramadan. Tarawih di lingkungan akan mempertemukan kita dengan warga lain, sehingga kesempatan menjalin silaturahmi, mungkin dengan tetangga yang jarang bertemu, juga makin besar. Tarawih juga bisa menjadi bekal batin bagi kita yang letih sepulang bekerja, sehingga bisa menutup hari dengan tenang dan bukan tidak mungkin, niat berpuasa dengan khusyuk semakin kuat.

Baca juga:Mix and match 5 blouse Massilca untuk gaya lebaran yang hits

Mengumpulkan sumbangan


Ramadan juga jadi momen khusus untuk kita dapat berbagi kelebihan kita dengan mereka yang berkekurangan. Bukan hanya uang, lho. Bisa saja bersama teman kantor membeli nasi bungkus lalu dibagikan di lampu merah. Patungan untuk membagikan THR bagi OB di kantor. Atau, mengumpulkan pakaian-pakaian tidak terpakai yang kemudian bisa kita salurkan ke yayasan-yayasan sosial. Banyak sekali alternatifnya.

Mengunjungi panti asuhan atau panti jompo


Terkadang kita memang harus melihat langsung ke mereka yang hidup dengan keterbatasan, untuk menyadari bahwa kita sudah diberi kelebihan. Mengunjungi panti asuhan, atau panti jompo lalu membagikan sumbangan yang sudah dikumpulkan sangat bisa menjadi aktivitas mulia lainnya dalam mengisi Ramadan-mu. Kadang, sentuhan kasih itu tak perlu dalam wujud materi. Perhatian, berbicara dari hati ke hati tak jarang justru lebih dibutuhkan.

Mengorganisir acara buka bersama


Bisa menjadi perluasan dari poin-poin sebelumnya. mengumpulkan sumbangan bersama rekan sejawat, memilih panti asuhan atau panti jompo yang ingin dikunjungi, lalu membuat acara buka bersama. Buka bersama yang mengizinkan kita untuk berkomunikasi langsung dengan penghuni panti. Menjadi teman bicara bagi mereka yang mungkin sudah sangat ditunggu-tunggu. Bisa juga undang ustad favorit kita, yang ceramah-ceramahnya menyejukkan hati juga telinga, untuk mengisi tarawih bersama.

Baca juga: Inspirasi cantik saat lebaran dengan kaftan selebriti

Ramadan memang bulan suci yang selalu dinanti. Kesempatan untuk berbuat baik, menyentuh hidup orang lain secara khusus dengan kebaikan mungkin tak datang dua kali. Saat kita masih diberi kesehatan, berbuat baiklah sebanyak mungkin.

Categorised in: , ,

This post was written by Diona Ratrixia