• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Sehat Bareng Ibu, Ikuti 5 Gerakan Olahraga Berikut Ini

Sehat Bareng Ibu, Ikuti 5 Gerakan Olahraga Berikut Ini

Kamu dan ibumu ingin badan yang lebih sehat dan segar? Rutinlah melakukan 5 gerakan berikut ini.

Cara quality time sama ibumu bukan lagi sekadar pergi liburan atau curhat-session di kamar sebelum tidur. Yang lagi ngetren, kamu bisa menghabiskan waktu untuk lebih sehat bersama-sama ibumu dengan cara berolahraga bersama. Jenis olahraganya tak perlu yang sulit dan menantang, pilih saja yang ringan dan bisa dilakukan di teras belakang rumah. Tentunya kamu dan ibu bakal ngerasain manfaat kesehatan bersama-sama. Ibu tetap terjaga kesehatannya dan terlihat awet muda di usia yang cukup senja, dan kamu bisa dapetin bentuk tubuh yang ideal.

Sit-up & Plank

Kamu bisa mulai dengan posisi plank dan ibu dalam posisi sit up dengan kaki menekuk. Kedua tanganmu yang tegak lurus menahan kedua telapak kaki ibumu. Sementara kamu menahan gerakan plank selama 15 detik, ibumu melakukan sit-up atau menaikkan tubuh bagian atas menggunakan otot perut. Jika terasa lelah, beristirahatlah selama 5-10 detik, lalu lanjutkan kembali. Jika sudah melakukan beberapa set, lalu kamu dan ibumu saling bertukar posisi. Yang pasti, latihan ini bagus untuk membentuk otot perut dan bagian belakang tubuh.

Russian Twist Ball

Perlu bantuan bola yang ringan untuk melakukan gerakan ini. Mulailah dengan kamu dan ibu duduk bersampingan, beri jarak 30 sentimeter atau sekitar 1 ubin. Lalu kedua kaki sama-sama ditekuk sambil menggantung sekitar 10 sentimeter di atas permukaan lantai. Posisi punggung sedikit menyender ke belakang, tapi jangan sampai terlalu jatuh ke belakang. Lakukan gerakan memindahkan bola dari sisi samping kiri kamu ke sisi kanan ibu, dan seterusnya. Gerakan ini bagus untuk membentuk otot di perut sampingmu.

Partner Pas Sit-Up

Alternatif lain untuk melatih otot perut, kamu bisa melakukan gerakan sit-up bersama-sama. Kamu dan ibu dalam posisi berhadapan, namun sama-sama dengan posisi terlentang dan kedua paha menekuk. Pastikan ujung sepatu kamu dan ibu saling bertemu. Mulailah lakukan gerakan sit-up, dan saat posisi badan sudah di atas, kamu dan ibumu harus melakukan toss dengan kedua tangan. Oh ya, agar men-support bagian belakang tubuh, sebaiknya masing-masing gunakan alas atau matras olahraga, ya.

Baca juga: 5 Perlengkapan Olahraga untuk Menghindari Cedera

Partner Squat


Buat yang pengen otot paha dan kaki lebih kuat, lakukan squat jawabannya! Squat adalah posisi seperti duduk, dengan kedua kaki dibuka selebar bahu. Lakukan posisi seolah seperti mau duduk di bangku. Lututmu harus sejajar dengan ujung kaki dan badan usahakan tetap tegak. Kamu dan ibu berdiri berhadapan, kedua tangan saling tegak lurus dan disilang, seolah saling tarik menarik. Lakukan squat sebanyak minimal 15 kali, ulangi sesuai kebutuhan. Kalau tak ingin naik-turun, kamu bisa juga saling menahan dalam posisi squat, dan tahan selama 30 detik.

Leg Raise Partner


Mulailah dengan kamu dalam posisi tidur terlentang dan ibu berdiri tegak. Tanganmu menggenggam kedua telapak kaki ibu, lalu naikkan kedua kaki dalam posisi lurus sampai kedua tangan ibumu dapat menggapai ujung sepatumu. Lalu, minta ibumu untuk mengayunkan kakimu ke bawah. Nah, saat kakimu sudah mengayun ke bawah, tahan agar tak sampai jatuh ke lantai. Ketika kaki sudah 5 sentimeter dari permukaan lantai, hentakkan kembali ke atas. Kuncinya agar tak terasa berat saat mengentakkan kaki, tahan otot perutmu. Lakukan 10-15 kali per set, lalu jangan lupa berganti posisi.

Untuk hasil yang lebih maksimal, ayo lakukan gerakan-gerakan ini minimal seminggu 3 kali bersama ibumu, ya!

Baca juga: 5 Atribut Olahraga yang Bisa Kamu Pakai Tanpa Kelihatan Kayak Atlet

Categorised in: , , ,

This post was written by Diona Ratrixia