Sebelum Membeli Batik, 5 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan

Membeli batik nggak sama dengan membeli kain biasa. Ada hal yang harus kamu perhatikan. Apa saja, ya? Ikuti langkah ini.

Wisuda kamu sebentar lagi, akhirnya kamu dan mama janjian buat hunting kain batik untuk jadi bawahan kebaya nanti. Kalau keperluan mama sih adalah mengoleksi kain batik yang bisa diwariskan ke kamu nantinya. Supaya belanja batiknya lancar dan kamu nggak menyesal setelah membeli, ada beberapa tips pintar buat kamu. Cek, yuk!

Baca juga: 5 Online Shop Yang Jual Kain Tradisional

Perhatikan Bahan Batik

bahan_batik

Kalau tujuan kamu adalah membeli batik untuk acara wisuda, berarti bahan batik kamu harus sedikit lebih mewah. Bahan satin atau sutra jelas adalah bahan yang harus kamu pilih. Kalau buat acara santai atau koleksi sih kamu bisa membeli batik dengan bahan dasar katun.

Luntur atau Tidak

luntur_atau_tidak

Selalu tanyakan kepada penjual batik yang kamu temui, apakah batik ini warnanya bakal luntur atau tidak saat dicuci. Namun, nggak semua penjual batik berkata jujur untuk soal satu ini. Untuk amannya, cari batik yang berbahan katun karena bahan katun umumnya lebih menyerap warna sehingga ketika dicuci warna batik tidak akan luntur.

Jenis Batik

jenis_batik

Perlu kamu ketahui banyak sekali ragam batik di tanah air kita ini. Namun yang paling terkenal adalah batik tulis dan batik cap. Umumnya harga batik tulis akan lebih mahal dibanding dengan batik cap. Jadi jangan kaget ketika sang penjual menyebutkan harga fantastis untuk beberapa jenis kain. Harga batik tulis sendiri dimulai di angka 1 jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Jenis Pewarna

jenis_pewarna

Kalau batik tulis dan batik cap sudah jelas menggunakan pewarna alami untuk proses pembuatannya. Yang perlu kamu perhatikan adalah jika jenis batik yang kamu beli adalah batik print. Itu berarti batik kamu diproduksi secara masal dan menggunakan bahan pewarna pabrik. Untuk jenis pewarna satu ini, hati-hati saat mencucinya. Jangan dicampur dengan bajumu yang lain karena bisa saja batik tersebut luntur.

Motif Batik

motif_batik

Bukan hanya untuk estetika saat memakainya. Kamu sendiri perlu banget lho tahu nama dan asal motif batik yang kamu kenakan. Kalau warnanya beragam dengan motif yang ramai dan bunga, bisa jadi batik kamu berasal dari Pekalongan. Jadi, ketika ditanya oleh teman nanti kan kamu bisa menjawab dengan lugas.

Sekarang saatnya hunting batik dengan pengetahuan yang oke. Kamu pun jadi bisa tahu harus menyiapkan budget berapa dan hunting batik juga lebih terarah, deh! Kasih tahu mama juga, ya!

Baca juga: 3 Tempat Belanja Batik yang Nggak Bikin Kantong Bolong

Categorised in: , ,

This post was written by Jessica Esther