• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 3 Sains Percintaan untuk Menguji Kecocokan Hubungan Kalian

3 Sains Percintaan untuk Menguji Kecocokan Hubungan Kalian

Apa benar kecocokan itu hanya bisa dilihat dengan hati? Ternyata dunia sains percintaan punya jawaban lain. Berikut adalah 3 di antaranya.

Orang biasanya bilang kalau cinta itu tergantung hati, tapi tahu nggak kalau sebenarnya ilmuwan sudah lama menjelajahi dunia sains percintaan? Sekarang ini kita bisa melihat cinta bukan hanya dari segi perasaan, tapi juga sains!

Mau tahu apakah kamu dan pasanganmu sudah cocok dari segi sains? Coba uji beberapa penemuan ini untuk membuat hubungan kalian semakin dekat!

Aroma yang memabukkan pasangan hati

sains percintaanSumber: David Veksler

Tahu nggak kalau ternyata hidungmu dapat melacak aroma calon pasangan? Semakin kamu suka dengan aroma seseorang, semakin cocok kamu dengan orang itu. Teknik ini bahkan menjadi dasar sejumlah biro jodoh di negara-negara barat.

Berdasarkan riset pada tahun 1994, kita dapat menangkap aroma orang yang paling tepat secara genetik untuk kita. Apa maksudnya orang yang paling tepat secara genetik? Artinya orang-orang dengan susunan DNA yang cocok dengan DNA-mu, sehingga dapat menghasilkan keturunan dengan sistem imun yang kuat.

Tapi ingat, hanya karena kamu nggak suka aroma pasanganmu, bukan berarti kalian nggak cocok. Bisa saja hal itu karena bau deodoran atau parfumnya. Dan, kalau memang kalian nggak cocok secara genetis, belum berarti kalian bukan pasangan yang matching, lho.

Pertanyaan untuk mengenal pasangan lebih dalam

sains percintaanSumber: minm01

Ingat nggak, perlu berapa lama sebelum kamu mengenal pasanganmu secara mendalam? Dua bulan? Enam bulan? Setahun? Yakin kamu sudah mengenal pasanganmu?

Tahu nggak kalau ada cara untuk mengenal orang secara intim hanya dalam 45 menit? Pada tahun 1996, seorang psikolog merancang rangkaian pertanyaan untuk membuat orang-orang bisa saling mengenal satu sama lain secara lebih intim. Hasilnya? 36 pertanyaan yang ia rancang berhasil membuat orang-orang langsung jatuh cinta satu sama lain hanya dengan menjawab rangkaian pertanyaan tersebut.

Ingin melihat seberapa cocoknya kalian? Coba jawab dengan jujur 36 pertanyaan ini.

Hal-hal yang bikin hubungan awet menurut sains percintaan

sains percintaanSumber: Kent Larsson

Ternyata para ilmuwan juga sudah menemukan hal-hal yang bisa bikin hubungan kamu bertahan lama. Coba renungkan, apa ada hal-hal berikut dalam hubungan kalian?

Cinta buta

sains percintaanSumber: jason wilson

Menurut studi pada tahun 2007, orang-orang dengan hubungan romantis yang awet, cenderung memiliki kepercayaan ‘buta’ atau ilusi positif akan pasangan mereka. Mereka memandang positif kekasih mereka dalam kondisi apa pun, nggak peduli pada kenyataannya.

Contohnya seperti mengatakan “Pacarku itu orang yang paling pinter kalau soal komputer”, padahal jelas-jelas ada teman kerjanya yang lebih ahli, atau “Pacarku kalem, nggak pernah mencari masalah dengan orang lain”, padahal dia suka ngegosip dan ngefitnah teman-temannya.

Coba hal baru bersama

sains percintaanSumber: Derek Springer

Apa kamu dan si dia suka melakukan hal baru bersama? Kalau iya, ini bisa jadi tanda kalau kalian itu cocok. Sebuah penelitian menemukan bahwa pasangan yang sering coba melakukan aktivitas baru bersama akan lebih bahagia dengan hubungannya.

Menghabiskan waktu bersama dengan kekasih itu memang penting, tapi apa yang kalian lakukan dalam waktu tersebut lebih penting! Dengan mencoba berbagai aktivitas bersama, kalian nggak hanya berbagi pengalaman dan kesenangan, tetapi juga memperdalam hubungan. Cobalah sesekali memasak, mendaki gunung, atau apapun yang belum pernah kaliian lakukan bersama. Ingat, jangan sampai bosan, karena itulah pembunuh hubungan kalian.


Baca Juga: Mungkin Nggak Sih Berteman Sama Mantan Setelah Putus?

Categorised in: ,

This post was written by Maximilian Marcel Surjadi