• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Rawat Tanaman di Dalam Rumah? Simpel dan Segudang Manfaatnya!

Rawat Tanaman di Dalam Rumah? Simpel dan Segudang Manfaatnya!

Nggak perlu mahir dan rajin bercocok tanam kok untuk meletakkan tanaman pot dalam ruang hunian kamu. Ini panduannya!

Salah satu cara untuk membuat ruang dalam rumah kamu menjadi terasa lebih segar dan asri adalah dengan meletakkan tanaman dalam ruang. Dikenal dengan istilah Indoor Pot Plant, tanaman-tanaman ini membutuhkan media pot untuk bisa diletakkan di sudut ruang tamu, ruang keluarga, foyer, sampai kamar mandi.

Lalu, tanaman apa saja kira-kira yang pas untuk diletakkan dalam ruang? Tentu yang daunnya nggak lebar dan ukurannya nggak tinggi besar, agar nggak bikin rumah tampak sesak dan ruang gerak jadi nggak terbatas. Selain itu, pilih jenis tanaman yang memiliki ketahanan lebih terhadap kekeringan, nggak intens membutuhkan sinar matahari, nggak berbau menyengat, dan juga nggak mudah rontok daunnya. Yang favorit, diantaranya jenis anthurium, aglaonema, sansevieria (atau di Indonesia punya julukan tanaman lidah mertua), alokasia, pisang-pisangan, dan kaktus tentunya!

Sekarang, kalau kamu sudah terbayang pilih tanaman apa, ini dia beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam merawat tanaman pot dalam ruang.

Dekat Jendela

Tetap letakkan tanaman di area dekat jendela, agar secara berkala tetap mudah mendapatkan sinar matahari dan udara dari luar. Jangan diletakkan di sudut ruangan yang gelap karena hanya membuat tanamanmu mudah layu dan akhirnya mati.

Jangan Lupa Disiram

Tanaman dalam ruang tentu juga perlu disiram, namun tak seperti tanaman outdoor pada umumnya. Cukup gunakan spray kecil untuk tetap memenuhi kebutuhan air tanaman ini. Jika ternyata membutuhkan pasokan air yang lebih banyak, gunakan tambahan wadah di bawah pot. Jangan lupa pilih pot yang berlubang agar airnya tak menggenang ya! Air yang menggenang di dalam rumah bisa jadi sumber penyakit seperti demam berdarah!

tanaman dalam rumah

Pakai Media Tanam

Layaknya rumah bagi tanaman, media tanam ini akan menjaga kelembapan, menyediakan cukup udara, dan mencegah datangnya hama. Selain tanah, tanaman pot bisa menggunakan media tanam seperti batang pakis, sekam padi, hydrogel, hingga kerikil. Biasakan berkonsultasi ke penjual pot saat membeli tanaman untuk diletakkan di dalam rumah, media tanam apa yang cocok dengan tanaman tersebut.

Pakai Cotton Bud dan Obat Pengilap

Terakhir, kalau terkena hama, cara termudah untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan tanaman tersebut menggunakan cotton bud. Di pasaran juga banyak dijual cairan fungisida yang bisa membuat tanamanmu jadi lebih steril. Hal lainnya yang bisa kamu lakukan untuk merawat tanaman ini adalah dengan menggunakan obat pengilap tanaman agar daunnya terlihat mengilap dan lebih enak dipandang. Gunakan tisu atau kain kasa dan gosok perlahan di permukaan daun.

Indoor pot plant memang jadi solusi praktis untuk hunian mungil agar terasa lebih ‘hidup’. Perawatannya yang mudah membuatnya cocok untuk kamu yang memiliki waktu terbatas untuk merawat tanaman!

Photo Credit: homesdir.net

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza