• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Beauty
  • >
  • Rambut Kamu Mudah Rontok? Coba 5 Obat Mujarab Ini. 100% Alami!

Rambut Kamu Mudah Rontok? Coba 5 Obat Mujarab Ini. 100% Alami!

Nggak selalu obat bermerek saja yang bagus mencegah rambut rontok. Ternyata bahan-bahan alami di sekitar kita juga sangat berguna loh!

Total rambut manusia pada umumnya berjumlah 100 ribu sampai 150 ribu helai, dan rontok 50-100 helai per harinya termasuk normal. Namun, jika kamu memiliki Alopecia—kondisi rambut rontok lebih ekstrim—maka kamu perlu mulai memperhatikan rambut kamu. Alopecia mempengaruhi 38-39% wanita pada umumnya. Jika nggak ditangani secara cepat, maka dapat menyebabkan kebotakan!

Banyak sekali hal yang dapat menyebabkan rambut rontok, dari pola tidur yang nggak teratur sampai kebiasaan menggaruk kepala atau menarik rambut. Tapi nggak perlu takut karena kamu bisa mengambil langkah pencegahan terlebih dahulu. Mulailah dengan memberikan nutrisi dari 5 bahan alami ini ke rambutmu!

Menguatkan Akar dengan Bawang Merah dan Bawang Putih

Rambut RontokSumber: Condesign
Bukan, bukan nama sinetron dari tahun 2000an awal. Selain menjadi sahabat buat berbagai kuliner Indonesia, ternyata dua bawang bersaudara ini sangat ampuh mencegah rambut rontok, loh!

Bawang putih berfungsi menguatkan akar rambut agar tetap bertahan di kulit kepala. Cukup ambil 6-8 siung bawang putih, kupas, kemudian haluskan menjadi jus. Campurkan dengan sedikit air hangat, dan usapkan ke kulit kepala secara merata sebelum tidur. Setelah bangun, cukup bilas sampai bersih. Jangan pakai lebih dari 3 kali seminggu.

Sementara itu, bawang merah berkhasiat untuk menebalkan bagian pangkal rambut. Peraslah sampai kering, ambil airnya dan oleskan di kulit kepala sebelum tidur. Setelah bangun, langsung dibilas. Disarankan untuk nggak mengoleskan terlalu banyak, apalagi di daerah atas dahi karena airnya bisa menetes dan melukai mata.

Alpukat, Nutrisi Penting untuk Rambut

Rambut RontokSumber: Jaanus Silla
Selain sangat lezat ketika dijus dan ditambah susu cokelat, alpukat merupakan salah satu bahan alami paling baik untuk sumber nutrisi rambut. Buah alpukat kaya akan kandungan lemak, protein, kalsium, fosfor, serta vitamin, A, B1, C, dan 2E yang menjadi surga ‘makanan’ bagi rambutmu.

Cukup ambil setengah biji alpukat, haluskan, kemudian oleskan di kulit kepala sambil dipijat pelan-pelan. Tunggu 20 menit, lalu bilas dengan shampoo dan air. Lakukan nggak lebih dari dua kali seminggu. Selain mencegah rambut rontok, alpukat juga membantu mempertahankan kelembaban rambut dan mengusir ketombe.

Aloe Vera, Sahabat Setia Rambutmu

Rambut RontokSumber: Titanium22
Jika berbicara mengenai bahan alami untuk rambut, pasti yang langsung teringat adalah aloe vera alias lidah buaya. Selain sensasi kesegaran yang menyejukkan, khasiat utama lidah buaya adalah menjaga rambut agar bebas radang (anti-inflammatory) dan anti-kusam. Esen lidah buaya akan mencegah kulit kepala dan pangkal rambut menjadi kering dan mudah terkelupas, sehingga rambut tetap kuat mengakar.

Setelah selesai mandi dan mengeringkan rambut, usapkan cairan lidah buaya pelan-pelan ke rambut dari ujung ke ujung. Kemudian oleskan dan pijat pada kulit kepala. Biarkan sekitar 30 menit, lalu dibilas. Lakukanlah dua kali seminggu. Setelah satu atau dua bulan, rambut rontokmu dijamin akan berkurang. Sebagai bonus, rambut kamu juga akan menjadi lebih tebal dan lembab.

Lancarkan Peredaran Darah dengan Jahe

Rambut RontokSumber: Ajale
Nggak sedikit masyarakat Indonesia yang masih mengandalkan jahe untuk problematika rambut rontok. Hal tersebut dikarenakan jahe memiliki kemampuan untuk melancarkan peredaran darah pada kulit kepala. Peredaran darah yang lancar membuat rambut menjadi lebih efektif dalam menyerap nutrisi, sehingga menstimulasi pertumbuhan rambut yang lebih kuat.
.
Kamu cukup mengiris jahe setipis mungkin dan kemudian campurkan dengan satu sendok teh minyak zaitun. Oleskan pada kepala dan mulai memijat dari tengah sampai ke samping ubun-ubun dengan gaya memutar secara perlahan. Hal itu dilakukan agar peredaran darah di kepala semakin lancar. Setelah 30 menit, bilaslah sampai bersih. Disarankan untuk nggak melakukannya lebih dari dua kali seminggu.

Teh Hijau untuk Rambut Sehat dan Wangi

Rambut RontokSumber: Public Domain
Berbeda dengan bahan alami lainnya, teh hijau nggak hanya berkhasiat ketika dioleskan, namun juga diminum. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan dan anti-peradangan yang baik untuk pertumbuhan rambut dan kesehatan kulit kepala. Pemakaiannya nggak sulit, cukup oleskan teh hijau yang sudah direbus pada kulit kepala sembari dipijat. Bilas setelah sepuluh menit dan ulangi sebanyak tiga kali seminggu.

Cara kedua lebih mudah lagi, namun perlu dilakukan secara konsisten. Tetapkan satu waktu setiap harinya—dianjurkan malam hari—untuk mengonsumsi satu gelas teh hijau. Selama beberapa bulan ke depan, kamu sudah bisa melihat hasilnya!

Baca juga: Model-Model Rambut Cewek yang Paling Disukai Pria Saat Ini


Sebagai tambahan, berhati-hatilah ketika menggunakan bahan-bahan di atas. Jika perawatan berlebihan, justru berpotensi menimbulkan radang atau kerusakan rambut. Terakhir, penting juga bagi diri kamu untuk menghindari stress, polusi debu, bermain kasar dengan rambutmu, serta mengonsumsi makanan yang terlalu asin agar hasil maksimal. Semoga berhasil!

Categorised in: ,

This post was written by Tommy Prayoga