• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Ragam Kosmetik yang Harus Kamu Pakai di Tengah Sinar Matahari

Ragam Kosmetik yang Harus Kamu Pakai di Tengah Sinar Matahari

Siapka beberapa kosmetik dan perawatan kulit, agar kulit tetap cerah dan terhindar dari bahaya sinar UVA dan UVB. Apa saja?

Teriknya sinar matahari seharusnya nggak perlu bikin kamu malas keluar rumah. Takut hitam atau takut kulit kusam karena kena sinar matahari? Semua itu bisa diatasi dengan kosmetik yang bisa menjaga kulitmu tetap cantik, tapi nggak rusak.

Dengan musim kemarau yang belum berakhir, kamu bisa mempersiapkan beberapa kosmetik dan perawatan kulit, agar kulit tetap cerah dan terhindar dari bahaya sinar UVA dan UVB. Lantas apa saja kosmetik yang bisa menjaga kulit? Ada tabir surya, pelembap, facial mist, dan toner. Ini rekomendasi kak Moza.

Baca juga: 5 Tips Make Up Simpel Untuk Selfie Cantik Tanpa Filter

Tabir Surya

sunblock

Untuk menjaga kesehatan kulitmu dan terhindar dari hiperpigmentasi, atau bahkan kanker kulit, pilihlah sunscreen yang bisa melindungi kulit dari sinar UVB (ditandai dengan nilai SPF) dan UVA (ditandai dengan nilai PA), atau biasa yang disebut dengan perlindungan spektrum luas (broad spectrum).

Tahu nggak, nggak cuma orang dewasa wanita, bayi di atas usia 6 bulan, anak-anak, (bahkan kaum pria), juga harus pakai sunscreen setiap kali beraktivitas di bawah sinar matahari. Agar terhindar dari bahaya sunburn, timbulnya bercak-bercak kecoklatan dan kerusakan sel kulit lainnya akibat radiasi sinar UV. Dengan penipisan ozon saat ini, sunscreen yang kamu pilih minimal memiliki SPF 30 dan PA ++, serta water resistant alias tahan air. Boleh juga bila memilih menggunakan sunscreen SPF 50.

Baca Juga: Ini Dia Alasan Kenapa Makeup Lokal Perlu Kamu Coba!

Pelembap

pelembab

Kulit yang cerah biasanya punya kelembapan yang terjaga. Karena itu pelembap kulit penting. Fungsinya di antaranya untuk mencegah penuaan dini. Agar pelembab menyerap ke dalam kulit, kamu sebaiknya memakainya sehabis mandi atau setelah cuci muka. Gunakan pelembap sebelum aplikasi sunscreen.

Lihat: Tips Makeup Simpel Yang Pas Untuk Sholat Idul Fitri

Face Mist

facemist

Fungsi utama face mist adalah menyegarkan kulit secara langsung. Kosmetik ini menjaga kadar air dalam kulit. Ini sangat penting pada siang hari ketika kulit kekurangan cairan karena berbagai aktivitas maupun paparan sinar matahari. Cara menggunakannya yaitu menutup mata dan menyemprotnya sekitar 15 cm dari kulit. Face mist disemprot dengan gerakan memutar sampai menyerap.

Artikel lain: Ide Gaya Rambut yang Simpel dan Cepat

Toner

toner

Fungsi toner bukan cuma membersihkan kotoran seperti minyak dan sisa make up, tapi juga untuk menenangkan serta menghaluskan kulit. Toner juga mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit akibat terpapar matahari. Untuk menggunakannya, kamu harus terlebih dulu membersihkan wajah. Setelah itu tuangkan dua atau tiga tetes ke kapas dan bilas ke wajahmu.
Rangkaian perawatan kulit di atas bakal bikin kamunggak takut lagi pergi keluar rumah saat matahari lagi seru-serunya bersinar. Apalagi kalau kamu doyan aktivitas di luar ruangan.

This post was written by Kak Moza