• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Punya Hewan Peliharaan di Rumah, Kamu Bakal Ngerasain 5 Manfaat Ini

Punya Hewan Peliharaan di Rumah, Kamu Bakal Ngerasain 5 Manfaat Ini

Mulai dari kucing, kelinci, ikan sampai reptil, punya hewan peliharaan di rumah ternyata memang punya banyak manfaat positif buat diri kamu sendiri

Setuju dong, kalau berbagi kasih sayang dan perhatian bukan cuma sesama manusia saja? Kasih sayang dan perilaku positif bisa juga kamu salurkan pada makhluk hidup lain di sekitar, yaitu hewan. Nah, buat kamu yang baru ingin mulai memeliharanya di rumah, jangan keburu mikirin hal-hal yang ribet atau menyusahkan. Karena sebenarnya langkah ini punya manfaat-manfaat positif yang mungkin nggak belum pernah kita sadari. Berikut di antaranya:

Lebih Telaten

A photo posted by @sleepingtaro on

Mulai dari yang simpel seperti memelihara ikan di akuarium, sampai mempunyai beberapa ekor kucing dan kelinci, yang pasti hewan-hewan tersebut mengajarkan kamu untuk jadi pribadi yang lebih telaten. Karena kamu memang perlu menyisakan waktu untuk memberinya makanan, kasih minum, sampai membersihkan kandang atau tempat tinggalnya. Karena layaknya makhluk hidup lain, kalau kamu telat atau bahkan lupa kasih makan, pasti mereka bisa jatuh sakit. Kalau nggak mau repot, makanan hewan bisa kamu beli di sini lho!

Tubuh Lebih Aktif

A photo posted by @kathyorrr on


Dari aktivitas di atas (ngasih makan, membersihkan kandang, dan lainnya) secara nggak sadar kamu sudah mengajak tubuhmu untuk lebih aktif bergerak. Setidaknya kamu udah berhasil memangkas waktu lowong untuk hal yang lebih bermanfaat, daripada sekedar duduk bermalas-malasan di sofa. Apalagi kalau hewan peliharaan kamu lebih dari satu jumlahnya, rutinitas-rutinitas tadi bisa membantu membakar kalori dalam tubuhmu!

Rumah Lebih Ramai

Setiap weekend, orang-orang di rumah selalu sibuk dengan agenda masing-masing sehingga kamu suka merasa kesepian? Tenang saja, kan ada “teman-teman” baru di rumahmu. Biar makin seru, kamu belikan mereka mainan khusus hewan peliharaan. Bisa bola kecil, mainan dari karet, smartbox untuk kucing, dan lainnya. Siap -siap ngeliat tingkah laku lucu mereka. Kalau kamu pelihara burung dan ayam, siap-siap mereka sudah berkicau membangunkan tidurmu di pagi hari.

Ada Teman Olahraga


Teman-temanmu suka malas diajak jogging kalau weekend? Si doggie adalah penyelamatmu. Jogging keliling komplek sambil bawa anjing bisa jadi workout yang menyenangkan. Apalagi hewan-hewan peliharaan juga butuh penyegaran dan main-main dengan lingkungan sekitar. Bahkan di hari Minggu kamu bisa membawa mereka di area Car Free Day Senayan, karena di sana suka ada komunitas pemelihara anjing yang rutin berkumpul. Kamu bisa berkenalan dan tukar informasi, deh. Yang pasti, demi keamanan dan kenyamanan orang sekitar jangan lupa diberi tali pengaman ya.

Gaji Nggak Mubazir


Yes, memelihara hewan di rumah bisa ngurangin kebiasaan borosmu loh. Kalau selama ini gaji bulanan banyak habis buat nongkrong-nongkrong di kafe sampai larut malam, dengan punya hewan peliharaan setidaknya uangmu lebih bermanfaat buat sesama makhluk hidup. Membelikan makanan, membeli kandangnya, aksesoris, sampai keperluan rutin yang berhubungan dengan kesehatannya. Dijamin ada kepuasan batin sendiri deh!

Punya hewan peliharaan sendiri memang bisa bantu mengurangi stres dan kepenatan dari aktivitas sehari-hari. Seru bukan?

Tags: , ,

This post was written by Kak Moza