• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 5 Pro dan Kontra yang Harus Kamu Ketahui Antara Memelihara Anjing dan Kucing

5 Pro dan Kontra yang Harus Kamu Ketahui Antara Memelihara Anjing dan Kucing

Anjing dan kucing adalah hewan paling favorit untuk dipelihara. Masing-masing ada pro dan kontranya. Manakah yang paling cocok untukmu?

Hewan peliharaan bisa menjadi sahabat baikmu dan akan selalu menemanimu kapan saja. Namun, memiliki hewan peliharaan juga membutuhkan tanggung jawab dan merupakan keputusan besar dalam hidup. Kamu harus memahami kebutuhan jenis hewan tersebut dan apakah dia akan menghibur atau justru merepotkanmu.

Meski ada banyak jenis hewan yang dipelihara manusia, namun anjing dan kucing sudah jelas adalah dua hewan peliharaan yang paling populer di berbagai negara. Apakah kamu lebih menyukai anjing yang aktif dan heboh, atau kucing yang pasif dan tenang?

Sebelum memilih hewan peliharaanmu, cobalah pertimbangkan 5 pro dan kontra memelihara anjing dan kucing di bawah ini.

Siapa yang lebih mudah dilatih?

kucing

Sumber gambar dari Jayel Aheram

Untuk kamu yang lebih suka kepraktisan, kucing bisa jadi jawabanmu. Kucing biasanya tidak butuh banyak latihan. Jika ingin buang air, si kecil lembut ini bisa langsung menggunakan litter box tanpa perlu diajari atau dengan latihan minim.

Di lain sisi, anjing membutuhkan banyak pelatihan. Sahabat manusia yang riang ini perlu satu atau dua minggu untuk mempelajari beberapa hal, seperti tempatnya memenuhi panggilan alam, bagaimana caranya bersosialisasi dengan tamu, di mana dia harus makan dan di mana dia tidak boleh makan, dsb.

Apa ini berarti kucing adalah hewan peliharaan yang lebih baik? Belum tentu.

Siapa yang lebih mengerti kamu?

anjing senang

Sumber gambar dari scott feldstein

Meskipun anjing membutuhkan banyak kesabaran untuk dilatih, sahabat manusia yang satu ini dapat dilatih untuk banyak hal. Mulai dari yang sederhana seperti duduk, tiduran, dan diam di tempat, hingga permainan-permainan seperti menangkap bola, berjabat tangan, dan berpura-pura mati.

Hal tersebut karena anjing lebih mudah menangkap bahasa manusia dan mengaitkannya dengan perintah yang kita inginkan. Namun, hal ini agak berbeda dengan kucing.

Meskipun kucing terkadang dapat merespon ketika dipanggil, mereka seringkali terkesan tidak acuh dengan bahasa manusia. Tentu saja kamu masih bisa mengajari sejumlah trik pada kucing peliharaanmu, tetapi untuk melakukannya cenderung sulit dan perlu lebih banyak usaha.

Siapa yang bakal membuatmu repot?

kucing

Sumber gambar dari Hisashi

Secara mendasar, baik anjing dan kucing membutuhkan wadah air, tempat makan, tempat tidur sendiri, kalung, dan mainan. Tergantung dari panjang bulunya, keduanya juga perlu disisir secara berkala.

Namun, anjing juga membutuhkan beberapa hal tambahan. Sahabat manusia ini cenderung energetik dan amat senang bila diajak jalan-jalan. Idealnya setiap hari, namun beberapa kali dalam seminggu juga sudah cukup. Selain itu, anjing juga perlu dimandikan secara rutin, meski ada beberapa orang yang hanya membedaki anjingnya secara berkala. Berbeda dengan kucing yang sedikit lebih bersih karena suka membersihkan diri dengan menjilati tubuhnya.

Bila dibandingkan dengan kucing, anjing juga cenderung membutuhkan ruang yang luas untuk bermain. Jadi, kalau kamu lebih suka bersantai, mungkin kucing adalah jawabannya. Tetapi, kalau kamu orang yang suka beraktivitas dan bermain, anjing bisa jadi sahabat baikmu.

Siapa yang bisa memastikan kamu aman?

anjing militer

Sumber gambar dari The U.S. Army

Bila kamu mengharapkan perlindungan dari hewan peliharaanmu, jangan berharap banyak. Meskipun ada beberapa kasus heroik seekor kucing melindungi pemiliknya dari orang asing atau binatang liar, hal tersebut jarang terjadi.

Di lain sisi, ada banyak cerita mengenai anjing yang melindungi pemiliknya. Tidak hanya itu, kebiasaan anjing untuk menggonggongi orang asing juga dapat menghindarkan kamu dari bencana. Menurut sebuah studi, memiliki anjing dapat mengurangi kemungkinan tempat tinggalmu dikunjungi perampok.

Jadi, kalau kamu mau perlindungan dari hewan peliharaanmu, anjing bisa jadi peliharaan yang kamu butuhkan. Toh, anjing memang sering dipelihara untuk menjadi penjaga rumah dan “bodyguard” kayak di film-film kan?

Siapa yang Lebih Mandiri?

anjing dan kucing

Sumber gambar dari wikipedia

Apa kamu orang yang lebih sering bersantai di rumah atau berpergian? Jika sering berpergian, anjing bukan pilihan yang paling pas untuk kamu.

Dalam kasus ini, kucing ibarat seorang teman sekamar yang tenang. Pada umumnya, kucing tidak membutuhkan banyak perhatian dan dapat merawat dirinya sendiri. Mereka seringkali bermain sendiri dan dapat ditinggal untuk akhir minggu (selama kamu meninggalkan air dan makanan yang cukup untuk mereka).

Bila kucing merupakan teman sekamar, anjing ibarat anak yang perlu banyak perhatian. Bila kamu mengajari anjingmu untuk memenuhi panggilan alam di luar rumah, maka kamu tahu kamu perlu membukakan pintu agar dia bisa keluar. Selain itu, anjing cenderung untuk bersifat lebih sosial. Dia akan kesepian bila terlalu lama ditinggal sendiri dan hanya akan bermain bila kamu mengajaknya.

Apakah kamu sudah menentukan ingin memelihara anjing atau kucing? Jika kamu butuh teman yang bisa diajak bermain ria, kejar-kejaran, dan bisa dilatih untuk berbagai perintah, anjing adalah pilihan yang tepat. Namun, jika kamu butuh teman untuk bersantai, bisa jaga diri, dan lebih kalem, kucing lah yang lebih pas.

Tentu saja sikap setiap jenis anjing dan kucing berbeda. Ada saja kucing yang butuh lebih banyak perhatian dan ada juga anjing yang tidak suka berlari-larian. Jadi, lakukan juga penelitian tentang spesies anjing dan kucing yang ingin kamu pelihara. Ingat, mereka bakal jadi temanmu untuk waktu yang lama loh!

Sumber gambar utama dari Katlene Niven

Categorised in: , ,

This post was written by Maximilian Marcel Surjadi