• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Menata Kamar Anak

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Menata Kamar Anak

Bukan sekadar memilih furnitur yang lucu, menata kamar anak perlu mempertimbangkan hal di bawah ini agar kamar jadi makin menarik.

Membiasakan si kecil tidur di kamar sendiri sejak dini memang hal yang disarankan. Untuk itu, kita sebagai orang tua, harus memfasilitasi hal tersebut. Tentunya kita harus buat atau sediakan kamar anak yang bukan saja nyaman, namun juga fungsional. Dengan memiliki kamar sendiri, selain untuk melatih kemandirian, tentu bagus juga untuk mewadahi segala aktivitas mereka.

Lalu, bagaimana cara bikin kamar tidur anak menjadi ideal? Ladies bisa pertimbangkan hal-hal di bawah ini sebelum menata dan mendesainnya!

Beri Tema

httpcdn2.urzadzamy.smcloud.nettphotost28571pokoj-dla-dziecka_2335555.jpg

Memberi tema atau konsep tertentu bisa jadi langkah awal. Karena dengan memberikan tema tertentu, membuat si kecil jadi lebih excited untuk punya dan tidur di kamar sendiri. Misalnya tema sports, tema princess, atau bahkan bisa juga diambil dari tokoh-tokoh kartun kesayangan mereka. Nantinya tema ini akan mempengaruhi pada dominasi warna kamar (dinding, gorden, hingga furnitur utama), serta pernak-pernik pengisinya.

Baca juga: 6 Panduan Super Mudah untuk Diaplikasikan saat Menata Kamar Tidur

Layout Nyaman

1433776455-kids-cabin-themed-playroom-2

Namanya anak-anak, pasti masih membutuhkan ruang gerak yang lebih banyak. Jadi pastikan kamar mereka nggak penuh dengan barang dan benda-benda yang sebenarnya tak mereka perlukan. Jika kamar anakmu mungil, mungkin hanya perlu furnitur utama di dalamnya seperti tempat tidur, lemari baju dan meja belajar. Tak usah ada tumpukan barang lain yang jarang dipakai. Kamu tetap perlu menyediakan sudut kosong di kamar untuk sekedar mereka bermain, ataupun duduk santai sambil membaca buku cerita.

Furnitur Sesuai

httpchalkkids.co.ukwp-contentuploads201505Teepee-Bed-From-Cuckooland-CK.jpg

Menghadirkan kamar anak, tandanya kamu harus menghadirkan juga furnitur khusus anak. Dengan ukuran dan bentuk yang lebih sesuai, serta terjangkau oleh tinggi dan badan mereka. Tentu furnitur-furnitur ini akan lebih memudahkan aktivitasnya, tanpa perlu banyak minta bantuan orang dewasa. Mulai dari tempat tidur yang tak terlalu tinggi, lemari buku yang bisa diraih tangan mereka, hingga meja belajar yang bikin nyaman untuk mereka duduk dalam waktu lama.

Baca juga: Furnitur Beli Jadi VS Furnitur Bikin, Mana Lebih Efisien?

Aman dan Terjangkau

httpwww.mummyslittlemonkey.comwp-contentuploads201207IMG_92151.jpg

Jika memungkinkan, pilihlah ruang kamar anak sedekat mungkin dengan kamar orang tuanya. Bahkan jika perlu, bikin dengan sistem connecting door. Hal ini tentu lebih memudahkan pengawasan kita sebagai orang tua. Selain itu, kamu harus memastikan furnitur-furnitur yang ada di dalam ramah anak (tak ada benda dan sudut-sudut furnitur yang tajam), bahan nggak licin, bahan furnitur kuat, stop kontak dan aliran listrik aman dari jangkauan si kecil, serta terhindar dari hal-hal lain yang mungkin akan mencederai mereka.

Cukup Penerangan

httplivethefancylife.comwp-contentuploads201404

Hal ini tak kalah penting, karena penerangan hal yang signifikan untuk menentukan suasana dalam kamar. Desain lah penerangan dengan beberapa titik lampu. Bisa dinyalakan semua jika mereka sedang dalam aktivitas sehari-hari yang perlu cukup penerangan, namun bisa juga disisikan satu lampu yang menyala saja untuk menunjang waktu tidur. Karena umumnya, anak kecil masih tak ingin tidur dalam keadaan gelap. Tak lupa hadirkan tambahan lampu meja untuk menunjang aktivitas belajar atau membaca buku.

Penting kan hal-hal di atas? Tentunya desain kamar anak yang ideal, lebih membuat mereka nyaman dan senang berada di kamar sendiri.

Categorised in: , ,

This post was written by Diona Ratrixia