• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Newbie dalam Soal Bikin Kue? Miliki Dulu 7 Peralatan Ini

Newbie dalam Soal Bikin Kue? Miliki Dulu 7 Peralatan Ini

Baru memulai hobi bikin kue? Cek dulu yuk, di dapurmu sudah punya 7 peralatan ini atau belum?

Tahun baru kayak gini, ada yang punya resolusi untuk punya hobi baru? Kalau iya, apakah bikin kue menjadi salah satu di antaranya? Nah, hobi yang satu ini ternyata termasuk hobi yang bisa mendatangkan uang lho! Apalagi bisnis jualan kue sekarang bisa dilakukan dengan mudah cuma bermodal Instagram sebagai media pemasarannya.

Buat kamu yang terpikir pengin bisa bikin kue, sudah tahu alat-alat apa aja yang harus dipunya? Tenang, kamu nggak perlu punya semuanya kok (sama kayak kamu nggak perlu punya semua peralatan dapur yang ada!). Sebagai newbie, kamu perlu memiliki 7 alat ini dulu saja.

Mixer Penting untuk Bikin Kue

Kue dan juga roti umumnya terbuat dari campuran berbagai adonan. Untuk mencampurnya, kamu perlu yang namanya mixer untuk memudahkan proses pembuatan. Mixer sendiri umumnya punya dia tipe, hand mixer dan stand mixer. Yang powernya dan fiturnya lebih banyak memang yang stand mixer. Kalau hand mixer memang bakalan bikin tangan pegel kalau bikin adonan dalam jumlah banyak, tapi lebih hemat tempat.

Baca Juga: Kalau Dapurmu Kecil, Ini Triknya Biar Terasa Lebih Lega!

A photo posted by @clr.emrnz on

Loyang Pemanggang

Di pasaran memang banyak banget dijual loyang buat memanggang, tapi yang utama beli dulu adalah si loyang pipih untuk bikin kue kering, loyang bulat, loyang ukuran sedang, dan loyang untuk bikin bolu (yang tengahnya bulat). Baru setelah itu beli yang buat bikin cupcake misalnya. Bahan loyang juga macam-macam lho. Ada yang dari kaca, silikon, logam, hingga keramik. Kalau kamu mau beli yang besar, pastikan ukuran muat untuk digunakan dalam ovenmu.

A photo posted by Urbanepicks (@urbanepicks) on

Alat Ukur Bahan

Agar takaran bahan kue pas, nggak kurang dan juga nggak berlebihan, alat ukur atau timbangan memang bakal memudahkan pekerjaanmu. Kalau yang sudah jago sih banyak yang nggak perlu pakai takaran lagi, langsung punya feeling sendiri! Nah, ada dua model timbangan untuk menakar ukuran bahan kue, yang manual dan digital. Yang manual, tentu dengan metode jarum seperti biasa dan jika menimbang dalam ukuran sedikit (10 gram misalnya). Timbangan manual ini biasanya kurang stabil, tapi untuk takaran besar lebih tergolong stabil kok. Sementara yang digital, tergolong akurat hasilnya, namun harganya tentu lebih mahal.  

A photo posted by pcoffee (@pcoffee_) on

Gelas Ukur

Kembali soal ukur-mengukur, gelas yang kaya di laboratorium ini perlu banget kamu punya. Bahan cair seperti air, susu, dan lainnya perlu untuk ditakar dengan tepat agar hasil kue maksimal. Nah, gelas ukur ini umumnya dari bahan plastik, namun bakal lebih efisien kalau kamu beli yang model kaca dan tahan panas karena bisa langsung digunakan dalam microwave untuk menghangatkan cairan tersebut.

Baca Juga: Belanja Pernak-Pernik Dapur Super Lucu Kayak Diana Rikasari di sini!

Spatula

Alat yang satu ini ada yang terbuat dari rubber atau karet, dan bahan metal. Meski secara fungsi hampir sama, namun keduanya perlu kamu punya. Yang rubber lebih untuk mengaduk krim dan sejenisnya, sementara yang metal untuk mengoleskan krim dan selai pada permukaan kue karena bidangnya sendiri lebih rata. Lebih optimal lagi kalau kamu punya lebih dari satu rubber spatula, supaya biar nggak ribet cuci-pakai karena memang berguna banget!

A photo posted by ErinJ (@erinjcraft) on

Pengocok Adonan

Atau dikenal juga dengan istilah whisk. Alat kocok manual yang satu ini perlu banget untuk mengocok telur, adonan dasar, hingga saus-saus berbahan lengket yang dipanaskan. Whisk ada yang dari bahan stainless, ada juga yang berlapis silicon. Kalau yang silicon lebih pas untuk mengocok adonan yang agak liat. Sementara yang stainless tentu lebih kokoh untuk mengocok adonan padat.

Alat Penghias Kue

Sebagai newbie, pasti senang banget kalau kue kreasimu tampil cantik layaknya professional. Berarti kamu perlu juga punya alat pengias kue. Bisa yang model manual dengan plastik dan spuit (atau ujung hiasan, yang juga macam-macam bentuknya), atau yang model frosting deco seperti suntikan yang sudah menggunakan teknologi baterai.

Nggak perlu pindah-pindah tempat kalau mau belanja deretan alat bikin kue di atas. Langsung beli di MatahariMall.com aja, semuanya ada! Selamat berkreasi ya!

Photo Credit: http://www.kimgray.co.za/

This post was written by Kak Moza