• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Naik Sepeda dengan Lampu Disko, Tren Olahraga 2016 Wajib Coba!

Naik Sepeda dengan Lampu Disko, Tren Olahraga 2016 Wajib Coba!

Ruang gelap, lampu disko, musik seru, sepeda statis. Ya, olahraga yang satu ini wajib banget untuk kamu coba!

Indoor cycling atau sepeda statis memang biasanya kamu temuin di tempat gym atau bisa juga kamu beli dan taruh di sudut rumah. Tapi ada satu tempat yang kasih pengalaman naik sepeda yang beda dari biasanya. Beda banget malah. Coba mampir ke Ride Jakarta yang berlokasi di Kawasan SCBD Jakarta Selatan.

Di sana kamu bakal bersepeda tapi dengan suasana ruang yang temaram, lengkap dengan kerlap-kerlip lampu disko, plus seorang instruktur yang bakal ngemimpin sekaligus mengatur musik, persis kaya tugas seorang DJ! Beruntung kami punya kesempatan coba nih!

A photo posted by Ride Jakarta (@ridejakarta) on

Bagaimana Cara Bersepedanya?

Ruangan di sini disetting ala amphi-teater, di mana semakin ke belakang, barisnya semakin tinggi posisinya. Kayak settingan di bioskop gitu. Ada sekitar 40 sepeda yang masing-masing tentu bisa disesuaikan tinggi dudukan dan pegangannya. Di pedal atau kayuhannya, ada pengait sepatu yang fungsinya buat ngejaga setiap gerakan kamu. Cara bersepedanya sama saja dengan sepeda pada umumnya, plus ada settingannya enteng-beratnya yang bisa kamu atur semampu kamu mengayuh. Semakin tuas digeser ke arah kanan, tentu semakin berat kayuhan yang harus kamu lakuin. Lebih banyak keringat yang keluar!

Baca Juga: 3 Olahraga Seru yang Bisa Dilakukan Berdua sama Pasangan!  

A video posted by Ride Jakarta (@ridejakarta) on

Nikmati Musiknya

Ini dia yang membedakan bersepeda di sini dengan kelas indoor cycling lainnya. Ada instruktur yang bakal berada di depan untuk memimpin jalannya sesi sambil mengatur lagu-lagu yang dipasang. Karena konsepnya ala clubbing, lagu-lagu yang dipilih yang seru serba disko.

Volumenya pun gede banget dengan playlist yang berganti-ganti tiap hari dan tiap instruktur. Jadi setiap peserta nggak bakal ngerasa bosen kalau rutin ke sana. Nah, si lagu-lagu inilah yang bakal ngebawa kamu ke kecepatan berkayuh yang beda-beda, bahkan di tengah sesi, kamu harus mengayuh sepeda sambil setengah berdiri ala mendaki gunung! Seru!

A photo posted by Ride Jakarta (@ridejakarta) on

Cuma 30-45 Menit

Kalau mau indoor cycling di sini, ada dua sesi setiap harinya. Kalau kelas malam kamu harus mengayuh sepeda selama 45 menit, sementara di kelas pagi hanya 30 menit. Lebih mending yang pagi? Tunggu dulu. Meski lebih cepat, tapi kelas pagi biasanya punya playlist lagu yang lebih hardcore dari sesi malam! Selama kelas, kamu nggak dianjurkan untuk ke luar supaya nggak ketinggalan sesinya. Jadi, pastikan saat masuk ruangan kamu sudah ke WC. Selama sesi berlangsung, kamu nggak boleh sibuk ngobrol dengan teman di sebelah meski jarak antar sepeda saling berdekatan.  

A photo posted by Gita (@gitasees) on

Tubuh Lebih Kencang, 800 Kalori Pun Terbakar

Mengikuti olahraga indoor cycling ini jelas banget bikin tubuh bagian bawah (paha, pinggul, betis) lebih kencang karena memang area tersebut yang paling utama bekerja. Tapi manfaat berolahraga ini juga bisa kamu dapatkan untuk area tubuh lainnya, terutama otot perut (core), terlebih saat harus ngelakuin gerakan mendaki. Begitu juga dengan lengan karena posisi lengan pun bakal mempengaruhi level kesulitan bersepeda. Meski tergantung sama berat badan dan metabolisme tubuh masing-masing orang, tapi 1 sesi bisa membakar 400-800 kalori. Wow!

A photo posted by Ride Jakarta (@ridejakarta) on

Yang Perlu Dibawa

Mau naik sepeda mah nggak perlu bawa yang ribet-ribet. Cukup baju olahraga yang nyaman dan bisa nyerap keringat banget (meski ruangannya ber-AC, tapi baru 10 menit sesi aja dijamin bakal keringetan heboh!), air minum, handuk dan nggak lupa sepatu olahraga. Kalau mau pakai sepatu yang lebih mantap pijakannya ke pedal, disewakan juga indoor cycling shoes di sini.

Baca Juga: Ini Peralatan Olahraga yang Bisa Menghindarimu dari Cedera!  

A photo posted by Ride Jakarta (@ridejakarta) on

Harga Per Sesi

Untuk satu sesi atau per datang, kamu akan dikenakan Rp250.000. Terdengar mahal? Nggak juga kok kalau yang terbakar kalorinya seheboh itu. Tapi tenang saja, ada beberapa paket yang lebih menguntungkan di sini, yang dimulai dari 10 sesi dengan Rp2.100.000. Dengan membayar segitu, kamu sudah dapat ruang ganti, tempat mandi, sampai loker standar tempat gym pada umumnya. Jadwal kelas bisa kamu lihat di instagram @ridejakarta dan sebaiknya reservasi dulu ya!

A photo posted by Vanessa B. (@chillibean) on

Kata Ahlinya

“Kita ngejamin bahwa kamu nggak bakal ngerasa bosan olahraga di sini. Ruangannya juga dibuat suasana gelap, supaya kamu lebih fokus sama diri sendiri dan nggak sibuk ngelihatin gerakan orang-orang di sampingmu. Saya sangat menyarankan minimal 3 kali seminggu, untuk dapat hasil yang lebih maksimal dari workout ini,” jelas Gita Sjahrir, founder dan chief rider di RIDE Jakarta.

Gimana? Sudah mulai tertarik coba olahraga sepeda dengan cara yang super beda?

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza