• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Mau Punya Toko Online LINE@? Begini Caranya

Mau Punya Toko Online LINE@? Begini Caranya

Ayo ikuti trend online seller terbaru dengan memaksimalkan toko online LINE@!

Artikel ini sangat cocok nih untuk kamu yang sedang membuka online shop. Ternyata, selain Instagram ada satu channel media sosial lagi loh yang bisa kamu manfaatkan untuk berjualan online: LINE@!

Perlu diperhatikan ya, aplikasi LINE dan LINE@ itu berbeda loh. LINE dibuat untuk komunikasi personal, sedangkan LINE@ untuk komunikasi dengan pelanggan atau followers.

Memang sih, kamu bisa berjualan menggunakan aplikasi chatting LINE yang biasa. Namun kalau sudah besar nantinya, kamu akan kesal sendiri dengan berbagai keterbatasan fitur di LINE saat berjualan (namanya juga aplikasi untuk chatting, bukan untuk jualan). Jadi itu, kami menyarankan kamu untuk coba mulai berjualan di aplikasi yang khusus dibuat untuk online seller seperti kamu yaitu LINE@.

Ini ulasannya:

Download dan buka akun toko online LINE@

Cara Maksimalkan Penjualan Toko Online LINE 1
Nah, langkah pertama tentu saja kamu perlu download LINE@ dulu karena aplikasinya berbeda dengan LINE. Silakan download LINE@ di sini (iOS) atau di sini (Android)

Oke sekarang saatnya kamu buat akun online shop kamu! Caranya mudah, setelah kamu buka aplikasinya, kamu tinggal pilih “Start with LINE@” dan isi profil akunnya.

Kamu hanya perlu menuliskan nama online shop kamu, masukkan foto untuk display picture, memilih kategori bisnis dan spesifikasi produk online shop kamu. Lalu tinggal klik “Register” dan selamat sekarang kamu sudah punya akun LINE@!

Baca juga: Ingin Cari Promo dan Diskon Terbaru? Ayo Add 13 Official Account Line Ini!

Asiknya greeting message otomatis dan broadcast!

Cara Maksimalkan Penjualan Toko Online LINE 2

Nah, kalau ada orang yang add akun online shop kamu di LINE@, pasti bakal lebih senang kalau langsung disapa kan? Kini kamu nggak perlu capek harus menyapa mereka satu per satu lagi, karena LINE@ punya fitur dimana kamu bisa langsung mengatur greeting message secara otomatis!

Jadi caranya kamu tinggal buka lagi profile kamu, dan pilih “Greeting Message”. Nanti akan muncul greeting message yang sudah dibuat oleh LINE@. Kamu tinggal hapus teksnya, ganti dengan greeting message ala kamu sendiri dan klik “Done”. Sekarang greeting message online shop kamu akan langsung terkirim otomatis ke orang yang add kamu!



via GIPHY

Lalu, kamu juga bisa mengirimkan broadcast message loh di LINE@! Fitur ini akan sangat berguna bila ada info penting yang ingin kamu sebarkan, seperti produk baru atau diskon!

Caranya mirip saat buat greeting message, tapi bedanya kamu perlu mengaturnya di bagian broadcast, dan bisa atur jadwal pengiriman messagenya sesukamu. Asiknya, kamu bisa menggunakan stiker LINE yang lucu dalam semua message yang dikirimkan.

Gunakan user premium dan sebarkan ID kamu!

Cara Maksimalkan Penjualan Toko Online LINE 3

Semakin banyak orang yang add kamu berarti semakin banyak juga potensi terjadinya pembelian kan? Nah tapi gimana caranya tahu ID kamu supaya bisa disebarluaskan?

Setiap akun akan mendapatkan ID acak dari LINE@, contohnya “@hfkef79e”. Satu-satunya jalan supaya kamu bisa menentukan ID yang lebih gampang diingat (seperti @mozaic) ialah dengan fitur berbayar bernama Premium ID.

Premium ID ini bisa kamu dapatkan di “Business Store” LINE@ dan melakukan pembayaran per tahunnya. Harga normalnya per tahun sebesar Rp 320.000 (tahun kedua dan seterusnya lebih murah 50%). Nah, sekarang lagi ada promo setengah harga loh sampai akhir bulan Mei, ayo buruan beli sebelum promonya habis!

Setelah itu, jangan lupa disebarkan ya ID kamu yang kece!

(Note: semua ID di Line@ menggunakan “@” di awalnya, jangan lupa ya!)

Multiple Admin

Cara Maksimalkan Penjualan Toko Online LINE 4

Fitur lainnya yang akan sangat berguna buat online shop kamu adalah multiple admin! Ini akan menjadi penyelemat kamu di saat super sibuk.

Asik kan kalau teman-teman bisa membantu kamu bisa saling membantu menjawab pertanyaan pelanggan di akun LINE@ yang sama. Jadi nggak seperti LINE, kamu dan admin lain dapat sama2 membuka akun itu dan memiliki akses penggunaan dan notifikasi yang sama.

Caranya tinggal kamu atur di “Manage Members & Accounts” dan pilih “Add Another User” (opsi ini hanya terbuka untuk admin akun ya). Tapi jangan lupa pilih siapa Paymaster atau juru bayarnya sehingga jika ada tagihan, akan diberikan pada orang tersebut. Contohnya seperti pembayaran penggunaan Premium ID.

Maksimalkan fitur lainnya!

Cara Maksimalkan Penjualan Toko Online LINE 5

Dan masih banyak fitur lainnya yang bisa kamu manfaatkan untuk membangun online shop. Salah satunya ialah Reward Cards agar pelanggan bisa mengumpulkan poin setiap kali berbelanja.

Ada juga fitur Statistic yang bisa kamu lihat sebagai referensi untuk pengembangan usahamu selanjutnya. Beberapa data yang dapat kamu akses mulai dari popularitas toko online hingga efektifnya post kamu dalam rentang waktu tertentu.

Ingat ya, agar kamu bisa stress free saat berjualan dan chatting dengan para pelanggan, sebaiknya siap investasi di gadget yang anti lemot. Santai saja, kamu bisa kok membeli smartphone secara online dengan cicilan nol persen, bahkan tanpa kartu kredit!

 

Categorised in: , ,

This post was written by Erine Yovinda