Mau Pilih Moisturizer? Cocokkan sama Tipe Kulit Kamu

Moisturizer, atau pelembap emang wajib hukumnya buat kulit, tapi pastikan produk yang kamu pakai nggak asal pilih dan sesuai dengan jenis kulit kamu.

Wanita nggak bisa lepas dari skin care, bahkan sejak usia 20an. Salah satu yang wajib dipakai adalah moisturizer atau pelembap. Produk ini akan membantu kulit menjaga kadar air dan bikin wajah tetap lentur. Tapi, perlu dicatat, pelembap yang cocok buat teman, belum tentu aman juga buat kamu. Setiap jenis kulit punya kebutuhan pelembab yang berbeda. Coba baca di sini.

Kulit berminyak

WaterBased

Biarpun kulit berminyak rawan bikin banyak masalah kulit wajah, tapi ternyata punya sisi baik. Perempuan dengan jenis kulit ini akan lebih awet muda, berkat kadar minyak di wajah untuk menjaga kelembapannya. Kulit jadi nggak gampang keriput. Tapi, nggak berarti wajah kamu bebas moisturizer lho. Salah satu manfaat moisturizer adalah menjaga biar kadar minyak nggak berlebihan karena bisa berpotensi bikin jerawat dan juga melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet yang berbahaya. Jenis moisturizer yang paling cocok adalah pelembap dengan water based yang teksturnya cair dan gampang diserap.

BACA JUGA: 6 Produk Ini yang Bisa Bikin Wajahmu Nggak Makin Berminyak

Kulit kering

OilBased

Biarpun aman dari ancaman jerawat, tapi tetap aja moisturizer wajib hukumnya buat kamu yang punya kulit kering. Apalagi kalau hari-hari kamu banyak dihabiskan dalam ruangan AC. Kamu perlu produk pelembab oil based yang bisa bikin kondisi kulit kamu lebih lembap. Jangan lupa, selain itu kamu juga wajib minum banyak air putih yang bisa memberi nutrisi untuk sel-sel kulit, mengisi ulang jaringan kulit dan meningkatkan elastisitas sehingga kulit terasa lebih kenyal.

Kulit sensitif

SensiSkin

Kalau kulit wajah kamu sensitif, artinya perlu perawatan khusus. Ada beberapa cara yang bisa membantu memperbaiki kondisi kulit kamu. Salah satunya, pakai pelembap teratur, setiap habis mandi atau setelah cuci muka. Ini akan membantu mengunci kelembaban yang sudah ada. Pilih produk dengan kandungan anti bakteri biar kulit kamu bebas kuman dan nggak jerawatan. Pastikan juga produknya bebas wangi, karena itu bisa bikin iritasi dan alergi. Jangan lupa, kalau punya kulit sensitif artinya kamu harus sering cuci muka. Jangan sampai kotoran dan debu menempel lama di wajah.

BACA JUGA: Obat Alami untuk Bersihkan Wajahmu dari Jerawat dan Komedo

Mencegah penuaan dini


Belum umur 40 tahun bukan berarti kamu nggak akan mengalami penuaan kulit wajah, lho. Ingat kalau pergeseran umur bisa menambahkan garis-garis halus di wajah dan membuat produksi kolagen jadi makin lambat. Sebaiknya di awal usia 30an, kamu sudah mulai pakai krim anti-aging. Syarat utama anti aging adalah punya kandungan antioksidan yang tinggi, karena antioksidan berguna banget untuk mengatasi kerusakan jaringan yang diakibatkan oleh radikal bebas atau polusi, mengembalikan kekencangan atau elastisitas kulit serta menebalkan kulit. Yang paling simpel, adalah anti-aging dalam bentuk serum.

BACA JUGA: Lupakan Krim Pemutih, Ada 5 Strategi Cerdas Mencerahkan Kulit

Nah kalau urusan pelembap sudah beres, sekarang kamu harus pastikan kalau kulit wajah kamu selalu kelihatan fresh.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza