• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Mau Lebih Hemat Tagihan Listrik? Yuk, Mulai Tata Isi Kulkasmu!

Mau Lebih Hemat Tagihan Listrik? Yuk, Mulai Tata Isi Kulkasmu!

Kulkas satu-satunya benda yang 24 jam ‘hidup’ di dapur. Lantas, hal-hal apa saja yang bisa bikin kamu bisa menghemat energi dari kulkas?

Di setiap rumah, dapur adalah area yang cukup aktif membutuhkan energi. Apalagi kegiatan di sana cukup tinggi, mulai dari memasak, mencuci, sampai penyimpanan sepanjang hari. Lantas, apa bisa mewujudkan dapur yang hemat energi dan berujung pada rumah yang lebih hemat listrik? Bisa banget. Kunci utamanya adalah mulai dari kulkas. Penasaran gimana caranya? Ini dia.

cara hemat listrik

Beri Jarak dari Dinding

Jangan meletakkan kulkas terlalu mepet ke dinding karena sebuah kulkas perlu ruang untuk sirkulasi udara panas yang dikeluarkan dari mesinnya. Setidaknya kamu bisa kasih jarak 15 sentimeter dari dinding saat mau meletakkannya. Oh, jauhkan juga kulkas dari sumber panas seperti kompor, microwave hingga oven ya!

Baca Juga: Selain Kulkas, Ini Panduan Menata Peralatan Elektronik di Dapur

cara hemat listrik

Isi Sesuai Kapasitas

Isi kulkas jangan sampai kosong melompong, tapi jangan juga kepenuhan. Kalau terlalu kosong, kulkas bakal bekerja menghisap lebih banyak energi dan artinya lebih boros listrik. Tapi kulkas yang penuh juga nggak baik. Semakin penuh isi kulkas, semakin dikit udara yang perlu didinginkan oleh kulkas. Sementara, kalau penyimpanannya berlebihan alias penuh sesak, jelas banget sirkulasi udara di dalamnya bakal sangat terganggu. Kerja kulkas pun lebih berat untuk mencapai suhu yang telah diatur. Boros listrik lagi.

A photo posted by @organizzi on

Susun Rapih Isinya

Kalau tiap akhir minggu kamu termasuk yang suka membuang sayur, buah-buahan atau bahan makanan lain akibat nggak layak konsumsi, tandanya kamu kurang cermat dalam menyusun isi kulkas. Susun yang teratur dan usahakan semua bisa terlihat oleh mata. Jadi bukan makanan yang letaknya yang paling depan saja yang terus kamu olah atau konsumsi, tapi yang bagian belakang juga. cara hemat listrik

Jangan Sering Buka-Tutup

Ketika ingin memasak, biasakan mengambil bahan makanan di dalam kulkas satu kali saja. Jangan sering buka-tutup pintu kulkas terus menerus karena hanya akan bikin daya kerjanya jadi lebih berat untuk kembali mendinginkan udara di dalamnya. Jangan lupa pakai pengaman pintu atau lock band untuk kulkas agar nggak mudah dimainkan oleh si kecil ya!

Baca Juga: 9 Peralatan Dapur Utama Wajib Tahu untuk Wanita Muda

cara hemat listrik

Belanja Hemat di E-Commerce

Selain hemat listrik, memperhatikan isi kulkas juga bisa bikin kamu lebih hemat mengeluarkan energi tubuh. Di jaman serba online sekarang, nggak ada salahnya kamu coba belanja online untuk bahan makanan–selain belanja baju, sepatu, dan tas kesayangan, tentunya.  

Selain kamu bisa cerdas berhitung kebutuhan sambil langsung cek ke dapur, belanja online di e-commerce terkenal seperti mataharimall.com juga bisa bikin hemat ongkos kendaraan karena nggak perlu keluar rumah. Yang menyenangkan lagi, banyak promosinya!

Di samping itu, jangan lupa untuk rajin membersihkan kulkas ya! Penggunaan kulkas yang hemat dan efisien, tentu bikin energi yang dibutuhkan jadi sedikit juga.

This post was written by Kak Moza