Mau Jahit Kebaya Baru? Kenali Dulu Bentuk Tubuhmu!

Kebaya Kutu Baru ala Dian Sastro atau klasik seperti Ibu Kartini? Model apa ya yang lebih cocok dengan bentuk tubuh kita?

Kamu butuh kebaya baru untuk menghadiri pernikahan sahabat atau bahkan dalam rangka menyambut Hari Kartini? Selain pakai sentuhan serba etnik, nggak ada salahnya untuk jahit kebaya baru dengan model terkini! Eh, tapi tunggu dulu, sebelum menjahit kebaya, kenali dulu bentuk tubuh kamu agar mendapat model kebaya yang paling pas!

Si Pinggul Besar

Pinggul besar seringkali membuat tubuh terlihat lebih gemuk. Tapi sebenarnya pinggul besar bisa disamarkan dengan potongan kebaya yang bagian bawahnya jatuh tepat di daerah pinggul atau agak ke bawah sedikit. Perlu diketahui, ternyata pinggul besar itu bagus banget lho, kalau pakai Kebaya Kartini atau Kebaya Bali!

Model kebaya dengan panjang di bawah pinggul dengan ujung kebaya membentuk segitiga ini membuat tampilan si pinggul besar terlihat lebih ramping. Asal jangan memakai belt di pinggul lagi saja ya, Ladies, karena hal itu justru akan membuat besarnya pinggul terlihat jelas!

Si Bahu Bidang

Banyak dari kita sebagai perempuan dengan bahu yang lebar merasa tubuh terlihat seperti laki-laki. Eits, jangan berkecil hati dulu. Bahu yang lebar juga bisa terlihat cantik kalau kita tahu cara menyiasatinya. Model kebaya dengan potongan dada rendah seperti model Kebaya Jawa yang dimodifikasi bisa membuat bahu tak terlihat lebar.

Disarankan juga untuk menghindari detail rumit dan besar pada bagian bahu karena hal itu justru akan membuat orang jadi lebih terpaku pada area bahumu. Andalkan juga kebaya dengan potongan lengan yang dibuat pendek dengan detail brokat yang elegan. Bahumu pun akan terlihat lebih proporsional dan cantik! Psst, bahan brokat ini juga bisa dimanfaatkan untuk percantik sepatu lamamu, lho!

Si Dada Kecil

Beberapa mitos menyebutkan bahwa perempuan dengan dada kecil nggak cocok memakai pakaian model kebaya. Siapa bilang? Justru dengan ukuran dada yang nggak terlalu besar, kita bisa lebih berkreasi dengan berbagai motif dan model tetapi tetap tak terlihat terlalu sensual.

Untuk perempuan dengan ukuran dada yang tak terlalu besar, cukup hindari kebaya dengan model kutu baru karena kebaya model ini akan membuat tubuh kamu terlihat nggak berbentuk. Oleh karena itu, lebih berkreasilah dengan membuat kebaya berbahan brokat dengan dengan detil yang mewah. Jangan lupa, pemakaian bustier sesuai ukuran kita juga akan membuat bagian dada lebih berisi lho!

Si Pinggang Kecil

Kamu punya pinggang kecil tapi berpinggul besar dengan dada cukup berisi? Selamat, bentuk tubuh kamu adalah idaman semua perempuan! Tapi bentuk tubuh ideal ini pun ternyata masih harus memakai trik khusus untuk membuatnya lebih sempurna.

Coba pakai kebaya modern dengan potongan pinggang yang pendek dan jatuh tepat di pinggul. Tambahkan kain di pinggang sebagai ikat pinggang, agar bentuk tubuh jadi lebih terlihat proporsional. Sebaliknya coba untuk menghindari Kebaya Encim, apalagi yang berbahan organza. Kenapa? Kebaya Encim yang berpotongan agak lurus dengan potongan pinggul agak ke bawahini akan membuat tubuh kamu terlihat rata dan tak berbentuk. Belum lagi bahan organza yang membuat penampilanmu terlihat cenderung kaku. Oh no!

Si Dada Besar

Dada besar = masalah besar? Nggak juga kok! Untuk kamu yang memiliki tubuh dengan dada yang besar, kebaya model kutu baru sudah pasti jadi pilihan yang paling pas untuk diandalkan. Model kebaya ini akan membuat dada kamu nggak menjadi pusat perhatian karena potongan dadanya yang nggak berlekuk dan cenderung lurus.

Atau kamu juga bisa menggunakan kebaya Jawa dengan detil yang tak terpusat di bagian dada. Dengan begitu bagian dada tetap terlihat berisi tanpa terlihat berlebih!

Jadi, sudah siap berkebaya untuk pesta pernikahan teman weekend nanti?

Photo Credit: wanista.com

Baca Juga:
Gaya Rambut yang Pas saat Pakai Kebaya
Pas untuk Perempuan Indonesia, Padu Padan Floral Prints untuk Semua Acara!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza