• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Mau Beli Rumah Seharga Rp100 Juta? Ini Plus dan Minus-nya!

Mau Beli Rumah Seharga Rp100 Juta? Ini Plus dan Minus-nya!

Tawaran rumah bersubsidi seharga mulai dari 100 juta makin marak bekalangan ini. Banyak yang langsung ngambil, tapi banyak juga yang malah pikir lagi.

Bisnis properti yang berkembang dan kebutuhan pasar yang terus meningkat, bikin beberapa pihak swasta ataupun pemerintahan, mengeluarkan yang namanya rumah bersubsidi. Tujuannya, ya tentu supaya masyarakat dapat memenuhi kebutuhan papannya tanpa mencekik kantong. Tahu sendiri kan, properti makin tahun memang makin selangit harganya.

Apalagi buat karyawan yang baru bekerja dan pasangan muda, harga Rp100 jutaan pasti menggoda banget. Ada yang tanpa pikir panjang langsung ambil, tapi ada juga yang ngerasa justru kurang sreg dengan harga segitu. Kenapa? Berikut alasan-alasan yang harus dipertimbangkan.

Yang Penting Punya

Dollarphotoclub_66626071

Kalau ini alasan kuat kamu, ya nggak perlu mikir dua kali, pasti langsung ambil. Apalagi buat kamu pengantin baru, anak rantauan, ataupun si pejuang single yang mau cepat-cepat ngelamar pacarnya. Jadi pas ditanya calon mertua, yang penting kamu bisa berbangga karena sudah punya rumah sendiri!

Cepat Mandiri

F

Dengan punya rumah sendiri, kamu bisa cepat mandiri dan nggak ketergantungan orang lain karena hidup nggak seatap sama orang tua. Di rumah sendiri, kamu bisa banget melakukan segala aktivitas rumah tangga sendiri, mulai dari menata dapur--yang nggak terlalu besar tentunya, menentukan furnitur untuk kamar tidur, sampai membeli perlengkapan makan yang super unik kayak punya Diana Rikasari. Pokoknya nggak ada yang melarang!

Baca Juga: Butuh Rekomendasi Belanja Peralatan Masak? Di sini Aja!

Biar Gaji Nggak Melayang

What-NOT-to-buy-for-a-house-you-are-trying-to-sell

Meskipun pas-pasan, tapi senang rasanya kalau kamu pelan-pelan bisa ngerubah gaji kamu jadi fisik bangunan. Mencicil KPR rumahmu bisa jadi hal yang benar-benar kamu utamakan. Daripada cuma abis buat ngisi perut, hangout, ataupun beli barang-barang yang sebenarnya nggak perlu-perlu amat. Meskipun cicilan bakalan bertahun-tahun dan terasa lama, tapi percaya deh, kalau kunci rumah sudah di tangan, bahagianya minta ampun!

Lokasi Nun Jauh di Sana

Site_Plan_07

Mengapa rumah bersubsidi harganya terjangkau? Karena ya lokasinya yang amat sangat jauh dari pusat kota. Lokasinya biasanya di daerah-daerah pinggiran kota yang harga tanahnya masih murah. Umumnya bisa berjarak 10-15 kilometer lagi dari stasiun atau terminal setempat. Makanya kamu perlu siap mental dan punya kendaraan sendiri untuk jarak tempuh ke kantormu yang mungkin letaknya ada di pusat kota. Atau, kamu harus memastikan bahwa di daerah calon rumahmu dilalui kendaraan umum.

Baca Juga: Butuh Rekomendasi Mobil yang Sesuai Kepribadian?

Belum Termasuk Administrasi

W

Ingat, umumnya harga yang ada di iklan-iklan, belum termasuk sama biaya-biaya administrasi. Kelengkapan surat atau yang sifatnya administratif itu penting banget lho buat ke depannya. Kamu akan harus terus mengurus yang namanya surat kepemilikan tanah, sertifikat bangunan, sampai surat pajak bangunan. Solusi dari kami, pastikan harga yang ditawarkan sudah termasuk apa aja. Kalau di luar surat-menyurat, siapkan dana tambahan setidaknya 20% dari harga yang ditawarkan.

Desain dan Kualitas Bangunan Standar

Warna-Cat-Rumah-Minimalis-Type-36-2014

Unit-unit rumah yang ditawarkan, desainnya dan kualitas bahan bangunannya bisa dipastikan bakal biasa banget. Bentuk bangunannya pasti sederhana, jadi kamu nggak usah berharap punya rumah dengan gaya-gaya tertentu. Material pun biasanya dari kualitas standar yang bisa berakibat dinding belum setahun udah timbul retakan, lis kayu mudah terserang rayap, dan lainnya. Solusinya, sebelum ditempati, nggak ada salahnya cek ulang sendiri kondisi fisiknya. Biar kamu tahu apakah ada bagian-bagian bangunan yang perlu penanganan segera atau nggak, sebelum rusaknya malah melebar. Apalagi di musim hujan begini, berbagai sudut bangunan rumah jadi gampang rusak!

Nggak Ada Fasilitas Umum

Untitled-1

Semakin murah harga yang ditawarkan, umumnya fasilitas umumnya juga makin minim. Nggak ada tuh yang namanya ruko di depan komplek, taman bermain, jogging track, apalagi kolam renang. Nanti juga keamanan dan kebersihan, biasanya bakal swasembada patungan sama sesama warga. Makanya, kalau sudah tinggal di sana, kamu kayaknya perlu punya koleksi DVD segudang, punya playstation, gitar, ataupun mainan lain buat hiburan. Penting banget nih buat pejuang single biar nggak makin kesepian karena gagal move-on berulang-ulang.

Jadi mau ambil rumah dengan harga terjangkau tersebut? Atau tahan diri nunggu tabungan lebih berisi lagi, biar bisa beli rumah yang lebih besar? Coba pikir lebih dalam lagi.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza