• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Mau Beli Rumah Bekas? Ini 5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan

Mau Beli Rumah Bekas? Ini 5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan

Setiap mau beli rumah, banyak banget hal yang harus diperhatiin, terutapa kalau mau beli rumah bekas. Ini dia tipsnya!

Sebelum menentukan untuk membeli rumah bekas orang lain, pertimbangkan hal-hal berikut ini!

Ada kalanya kita dihadapkan harus membeli rumah second atau rumah bekas yang pernah dihuni oleh orang lain. Umumnya hal ini terjadi, karena rumah ini secara lokasi kita menyukainya, dan dijual dengan harga yang sesuai bujet kita. Atau banyak juga yang beralasan karena kita masih family dengan penjual, maka kita merasa lebih nyaman untuk bertransaksi.

Di samping hal di atas, kamu tak boleh lupa untuk mempertimbangkan poin-poin di bawah ini, agar tak menyesal di kemudian hari.

Umur Struktur

httpsgrabcad.comlibraryhouse-structure

Ini satu-satunya hal yang tak terlihat oleh mata. Kamu perlu memastikan kapan rumah ini dibangun, karena ini akan mempengaruhi umur strukturnya. Sebenarnya kamu bisa mengecek saja dari dokumen surat rumah, kapan tahun rumah ini dibangun, maka menandakan sejak kapan struktur utama rumah ini dibuat. Namun, pastikan lagi dengan pemilik apakah seiring waktu ia pernah melakukan perubahan struktur atau nggak. Atau jika sudah terlalu lama, tandanya kamu nantinya perlu dana ekstra untuk memperbarui kualitas struktur.

Bentuk Fisik

519664022

Secara menyeluruh, cek kondisi fisik bangunan dari depan hingga ke bagian terbelakang bangunan. Apakah masih layak huni atau nggak? Mulai dari kondisi bidang dinding, lantai, hingga struktur atapnya harus dipastiin apakah masih berdiri dengan kokoh atau nggak. Karena jika kondisi fisiknya tak lebih dari 70% sehat, tandanya setelah membeli kamu bakal perlu renovasi yang cukup besar.

Baca juga: 6 Alasan kenapa Bangun Rumah Pakai Jasa Arsitek Lebih Hemat & Untung

Layout & Jumlah Ruang

httplistyourfrontdoor.com

Selain bentuk dan kondisi fisik bangunan, kamu juga perlu memiliki kecocokan dengan layout atau tata ruang di dalam rumah ini sendiri. Jika jumlah ruangnya sudah sesuai dengan kebutuhan kamu dan keluarga, lalu kamu rasakan sendiri apakah hubungan antar-ruangnya terkoneksi dengan baik. Ini hal yang cukup penting, karena setiap orang memiliki persepsi yang berbeda-beda. Sedikit tips, kamu nggak usah ragu untuk sering-sering datang berkunjung ke calon rumah yang akan dibeli.

Cek Saluran

httpspixabay.comidinfographic-rumah-listrik-internet-1101875

Hal ini sering dilupakan, padahal cukup penting. Sebagai calon pemilik rumah kamu perlu untuk mengetahui apakah seluruh aliran listrik berjalan dengan baik, dimana jalur dan sumber air bersih, dimana letak septic-tank, hingga mengetahui apakah tanah bangunan ini pernah disuntik rayap atau belum. Suatu waktu diperlukan dan ada gangguan, kamu tak repot-repot lagi menghubungi atau mencari si bekas pemilik rumah.

Baca juga: Sebelum Beli Rumah di Cluster, Perhatikan 5 Hal Penting Ini

Dokumen Administratif

httphouse.jumia.co.kejournal

Tak kalah pentingnya dengan bentuk fisik bangunan, sebelum bertransaksi kamu harus memastikan dokumen dan segala urusan administratif rumah ini dimiliki dengan benar. Mulai dari IMB (Izin Mendirikan Bangunan), SHM (Sertifikat Hak Milik), surat pembayaran PBB (Pajak Bumi Bangunan), hingga bukti-bukti tagihan lain seperti listrik, air, dan lainnya. Begitu juga dengan blue print atau salinan gambar kerja arsitektur dari rumah ini (jika ada). Surat-surat ini yang nantinya akan menjadi dokumen sah untuk kamu si calon pemilik.

Kalau sudah dicek semua, pasti kamu tak akan ragu lagi menentukan keputusanmu. Selamat membeli 🙂

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza