• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Mau Beli Meja Buat Ruang Makan? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan

Mau Beli Meja Buat Ruang Makan? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan

Jangan sampai mejanya kegedean dan malah jadi nggak fungsional. Beli meja makan ada juga pertimbangannya loh. Berikut diantaranya!

Saat lagi menata interior dapur, memang cukup banyak elemen yang harus diperhatikan. Soal tata letak area kerja di dapur, pemisahan dapur kotor dan bersih, sampai beli kompor yang paling sesuai. Tapi, sayangnya, banyak orang yang mengenyampingkan benda yang namanya meja makan. Dengan kata lain, meja makan bakal dibeli atau dipesan ke tukang saat ruangannya udah jadi. Sah-sah aja sih, tapi yang penting saat mau beli atau pesan ke tukang, kamu perlu pertimbangkan 5 hal di bawah ini ya!

Jangan Salah Ukuran

Ini nih hal paling mendasar yang harus kamu tahu! Kalau ruang makannya cukup luas, tentu bebas banget pilih model apa aja. Mau yang bundar ditaruh di tengah ruang bisa, mau yang persegi panjang atau bahkan kotak juga nggak masalah. Tapi gimana kalau spotnya terbatas atau ruang makanmu yang model bergabung dengan dapur?

Baiknya sih ucapkan selamat tinggal sama meja bundar atau oval, apalagi kalau kaki mejanya pakai ukiran-ukiran. Karena selain makan tempat, bikin ruangan terkesan berat. Untuk ruang sempit, pilih meja persegi panjang dengan bentuk yang simpel aja. Lalu supaya hemat tempat, kalau kamu termasuk keluarga kecil, bisa pepet meja makan tersebut ke bidang dinding, atau bisa juga kamu bikin meja makan khusus yang bisa dilipat-lipat.

A photo posted by @kingfishandco on

Standar atau yang Tinggi?

Selain bentuk mejanya, tentukan juga ingin ketinggian meja yang bagaimana. Yang di pasaran, memang umumnya dijual meja dengan ketinggian standar duduk orang dewasa. Tapi sebagai alternatif, untuk ruang yang berukuran terbatas, orang-orang sekarang banyak yang membuat sendiri meja makan ala bar-bar restoran. Selain biar suasana ruang lebih beda, meja model ini bikin efek ruang jadi kelihatan lebih lapang.

Baca Juga: Pengin Dapur Nggak Terasa Sempit? Ikuti Aja Panduan Kami

Kursi Sesuai Kebutuhan

Kalau kamu beli satu set meja dan kursi makan, beres urusan! Tapi kalau kamu belinya lepasan, kamu perlu tahu soal kebutuhan kursi. Selain jumlahnya, tentu bentuknya, kamu mau yang sandaran tinggi, sandaran sedang sebatas bahu, atau bahkan yang tanpa sandaran (stool). Sandaran tinggi memang favorit karena nyaman diduduki, tapi bakal bikin ruang makan kelihatan kaku banget. Kalau kursi sandaran yang sebatas bahu sih masih termasuk yang ideal. Tapi kalau kamu bahkan tipe yang jarang makan di meja makan, model stool pun pasti nggak jadi masalah.

Baca Juga: Ini Nih Tempat Belanja Kursi Dapur yang Lucu-Lucu!

Bahan yang Sesuai

Cari bahan meja makan bisa yang sesuai sama kebiasaan kamu juga. Ada yang dari kayu solid (seperti jenis kayu mahogany, walnut, atau bahkan jati) yang cenderung mahal tapi pas buat gaya interior apapun, awet dan juga tahan lama. Ada yang dari kayu olahan (atau bahan kayu yang pabrikan, salah satunya jenis kayu MDF) yang harganya memang lebih terjangkau dan umumnya bentuknya minimalis, tapi ketahanannya kurang dibanding bahan lain.

Kalau yang umum, ada meja makan kaca yang transparan dengan rangka besi di bawahnya. Bahan kaca sama kaya meja makan dari marmer, keduanya tahan lama juga dan lebih mudah untuk dibersihkan. Cocok buat kamu yang senang serba-praktis nih. 

A photo posted by Dekohem (@dekohem) on

Tentukan Alasnya

Terakhir, soal alas. Kalau meja makanmu terbuat dari kayu, ada baiknya kamu gunakan alas meja atau taplak supaya permukaan meja nggak mudah kotor dan rusak. Sayang kan, udah beli kayu mahal-mahal, jadi rusak gitu aja karena ketumpahan makanan. Makanya, kamu bisa pilih taplak bermotif-motif lucu yang bisa diganti sewaktu-waktu. Atau setidaknya, gunakan alas piring atau yang dikenal dengan istilah table mat saat kamu sedang makan. Nah, kalau mau cari table mat dan peralatan makan dengan desain unik dan cantik, belanja di sini aja! Pilih yang kamu suka, ya!

Sudah kebayang mau meja makan dan kursinya yang model apa? Selamat hunting ya!

This post was written by Kak Moza