• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 5 Makanan Enak ini Ternyata Rendah Kalori!

5 Makanan Enak ini Ternyata Rendah Kalori!

Bingung nyari makanan rendah kalori yang enak? Simak 5 makanan berikut!

Lagi diet? Atau lagi pengen mengkonsumsi makanan rendah kalori?

Kamu pasti sering dilema dengan apa yang boleh kamu makan dan berapa kalori yang boleh kamu konsumsi, kan?

Sebenarnya perkiraan kalori yang dibutuhkan setiap hari sekitar 1.800 sampai 3.000. Semakin banyak aktivitasmu, semakin besar pula kalori yang kamu butuhkan. Untuk yang lagi diet, kamu sudah bisa kurus dengan hanya mengonsumsi 1,500 kalori per hari (tiga kali makan), dengan mengonsumsi 500 kalori setiap kali makan. Tetapi kalau kamu ingin ngemil, kamu bisa atur dengan mengonsumsi sekitar 350 kalori buat sarapan, 400 kalori buat makan siang, 250 kalori buat cemilan sore, dan 500 kalori buat makan malam.

Banyak dari kita yang mungkin merasa diet berarti menderita, karena nggak boleh makan makanan enak khususnya pas lagi jalan-jalan cantik bersama teman-teman. Namun, makanan enak nggak selalu identik dengan jumlah kalori yang tinggi. Berikut ini adalah beberapa menu makanan super lezat rendah kalori yang bisa kamu nikmati.

1. Rosti

5 Makanan Enak ini Ternyata Rendah Kalori!2

Sumber: Marche’
 

Rosti adalah masakan dari kentang khas Swiss yang sudah bisa ditemukan di berbagai negara termasuk Indonesia. Jumlah kalori pada Rosti panggang polos adalah sekitar 200 kalori, berarti kamu masih bisa menambah side dish seperti bacon & egg yang mengandung 130-150 kalori.

Menu ini bisa kamu temukan di Marche’ dengan harga plain rosti adalah Rp36.000 dan kalau ditambah bacon & egg menjadi Rp61.000.

2. Honey Bourbon Chicken

5 Makanan Enak ini Ternyata Rendah Kalori!3

Sumber: Quiznos Indonesia
 

Pernah dengar sub? Sub atau submarine sandwich adalah sebutan makanan yang menggunakan potongan roti jenis bread roll, sayuran segar, saos seperti mustard, keju, dan juga daging.

Mungkin kamu berpikir, kalau isinya saos, keju, daging, pasti high-calorie dong? Nah, sebenarnya ini tergantung variasi sub yang kamu milih. Triknya adalah pilih wheat bread (roti gandum) karena kalorinya paling rendah, dagingnya cukup pilih yang varian ayam, terus pilih small size saja.

Misalnya kamu boleh cobain Honey Bourbon Chicken dari Quiznos dengan harga mulai dari Rp60.000. Buat ukuran small nya mengandung sekitar 350 kalori, ukuran regular sekitar 640 kalori, dan ukuran besarnya 810 kalori. Jadi jangan di-upsize ya.

Baca Juga: 5 Menu Dessert Ini Bisa Membuat Kulitmu Semakin Indah

3. Grilled Salmon Fillet

5 Makanan Enak ini Ternyata Rendah Kalori!4

Sumber: Cattalin
 

Buat yang demen makan ikan, kamu harus mencoba fish fillet yang di-grill. Dibanding goreng, ikan yang di-grill memiliki kalori yang lebih rendah. Selain itu, jenis ikan yang dikonsumsi juga mempengaruhi kadar kalorinya, misalnya ikan dengan daging putih seperti cod dan dory memiliki kandungan kalori yang lebih rendah daripada ikan dengan daging merah, seperti salmon dan tuna yang lebih tinggi.

Kamu bisa mencoba grilled fish fillet di berbagai restoran western. Misalnya menu grilled salmon fillet Pizza e Birra yang berharga Rp135.000. Untuk sepotong medium fillet (120g) biasanya mengandung sekitar 287 kalori, maka itu, kamu harus berhati-hati sama side dish yang dipilih. Pilih saja sayuran segar dibanding side dish gorengan dengan kalori tinggi.

4. Grilled Chicken Salad

5 Makanan Enak ini Ternyata Rendah Kalori!5

Sumber: Eloneo
 

Kalau ngebahas menu diet berkalori rendah, kamu pasti nggak bisa lewatin menu satu ini, salad. Menu ini selalu identik dengan makanan sehat, karena bahan utama menu ini adalah sayur-sayuran. Untuk menu ini, kamu harus lebih berhati-hati di bahan pelengkapnya.

Beberapa bahan yang perlu kamu kurangi adalah keju, kacang-kacangan, saus mayonnaise, dan creamy dressing (saus kental). Pilihan daging yang disajikan juga harus diperhatikan, misalnya dibanding daging salmon, kalori pada grilled chicken pasti lebih rendah. Kamu juga bisa menambah bahan berprotein seperti telur rebus dan udang rebus.

Nah, salah satu menu salad yang rendah kalori dan berprotein tinggi adalah grilled chicken salad,yang bisa kamu cicipi di Toodz House, dengan harga Rp44.000.

5. Grilled Lamb

5 Makanan Enak ini Ternyata Rendah Kalori!6

Sumber: Meditations
 

Kalau kamu suka makan daging merah, nggak usah takut meskipun lagi diet. Agar asupan kalorinya tidak berlebihan, kamu harus memperhatikan bagian daging yang dipilih, ukuran daging, dan batasi frekuensi konsumsi daging merah menjadi maksimal dua kali dalam seminggu.

Daging domba termasuk salah satu daging merah yang lezat dan sehat yang boleh kamu konsumsi. Salah satu menu yang mudah ditemukan adalah grilled lamb, biasanya tersedia di berbagai restoran western, misalnya di Pizza e Birra dengan harga Rp120.000.

Biasanya seporsi daging domba mengandung sekitar 150-240 kalori (tergantung ukuran potongan) dan 200 kalori untuk side dish. Jadi untuk full set grilled lamb, jumlah asupan kalorimu masih di bawah 500.

Meskipun sedang diet, ingat bahwa kamu harus tetap stay fit dan healthy juga ya! Jika ingin diet yang lebih ekstrim, kamu bisa membatasi asupan kalorimu hingga 1.200 kalori per hari, tidak lebih dari itu. Dan tentu saja jangan cuma kontrol makan, kamu juga harus berolahraga yang rutin.

Sumber gambar utama: Public Domain Pictures

 

Categorised in: , ,

This post was written by Selvi Nelin