Game Tahun ‘90-an Yang Bikin Kamu Kangen Masa Kecil

Walau kini zaman makin canggih, video game tahun ‘90-an nggak bakal dilupain begitu aja dan masih seru buat kamu mainin.

Sekarang ini, buat main video game, kamu nggak perlu lagi nongkrong di depan TV. Lewat ponsel, kamu udah bisa main berbagai aplikasi game dengan gambar yang keren banget sampe ada yang bisa ngebawa kamu ke dunia game lewat teknologi Virtual Reality. Tapi, bukan berarti game masa lalu yang sempet populer di tahun ‘90-an jadi dilupain. Beberapa game jadul malah masih populer hingga kini. Mungkin ada dari kamu yang pernah ngerasain main game-game ini, atau pernah denger dari abang kamu. Seperti beberapa game berikut ini yang dijamin bakal bikin kamu kangen masa lalu, atau sekadar buat seru-seruan ngisi waktu luang kamu. Ayo, ada yang masih ingat cheat-nya?

Baca juga: Kenalan Dengan Google Cardboard dan 5 Aplikasi Wajibnya

1. Contra

via GIPHY

Siapa yang nggak kenal game ini. Buat cowok, game Contra bisa dibilang seru banget karena ngelibatin banyak tembak-tembakan dengan berbagai macam senjata, dari fireball, laser, rapid fire gun, sampe spread gun. Lance dan Bill yang jadi karakter utama game ini bertugas mengalahkan organisasi Red Falcon yang berencana menguasai dunia.

Cheat seru:

Kamu bisa ngedapetin 30 nyawa tambahan dengan cara menekan tombol atas, atas, bawah, bawah, kiri, kanan, kiri, kanan, B, A dan START. (Untuk Nintendo)

2. Super Mario Bros

via GIPHY

Super Mario Bros berkisah tentang petualangan Mario bersama adiknya, Luigi, untuk menyelamatkan Sang Putri dari para penjahat yang berwujud imut dan unik. Sebanyak 30 level permainan dengan berbagai tema bakal ngebawa fantasi kamu ke negeri penuh warna. Selain penjahat, ada juga macem-macem rintangan yang seru.

Cheat seru:

Setelah menang, jangan matikan console. Begitu kamu kembali ke layar judul, tekan B, maka kamu bisa milih di dunia mana kamu mau mulai bermain (untuk Nintendo).

3. Legend of Zelda

via GIPHY

Jauh sebelum Final Fantasy ngetop, Legend of Zelda adalah game petualangan yang seru banget buat dimainin. Walau Zelda dipakai sebagai judul mainan ini, tapi sepanjang game kamu bakal mainin tokoh Link, yang justru mau nyelametin putri Zelda. Game petualangan ini penuh karakter seru dan banyak misteri yang perlu kamu pecahkan.

Cheat seru:

Setelah kamu berhasil main game ini sampai tamat, kamu punya kesempatan buat akses petualangan kedua dengan cara berbeda. Masukkin nama Zelda di awal permainan, maka kamu bakal dapet kejutan, yaitu petualangan kedua dengan tantangan dan lingkungan yang baru buat kamu jelajahi (untuk Nintendo).

4. Street Fighter

via GIPHY

Ingat tokoh Ken dan Ryu? Dua karakter ini yang paling sering dipilih buat yang suka main Street Fighter. Di game ini kamu mungkin pertamakali dikenalin dengan jurus-jurus seru dari tiap-tiap karakter. Dan juga serangan combo yang bisa bikin lawan langsung KO.

Cheat seru:

Di Street Fighter pertama, kamu mungkin nggak bakal nemuin cheat, kecuali kombinasi joystick buat ngeluarin jurus atau ilmu spesial. Tapi di Street Fighter II Turbo, kamu bisa mainin game ini dengan gerakan yang lebih cepat alias Mega Turbo. Caranya, saat logo Capcom menghilang di credit pembuka, tekan Bawah, R, Atas, L, Y, B di joystick 2 (untuk Super Nintendo).

5. Mortal Kombat

via GIPHY

Sejak awal munculnya game ini, langsung dapet reaksi keras dari para ortu. Alasannya Mortal Kombat nampilin banyak aksi kekerasan yang dianggap sadis karena ngelibatin darah segala. Tapi di Sega, hanya yang tau cheat-nya aja yang bisa nampilin turnamen yang lebih mematikan dan lebih berdarah dari sebelumnya.

Cheat seru:

Buat kamu yang tentunya udah cukup gede sekarang, kamu bisa munculin aksi sadis penuh darah ini dengan masukin kode A, B, A, C, A, B, B lewat joystick pada saat layar Code of Honor (untuk Sega MegaDrive/Genesis).

6. Double Dragon

via GIPHY

Yang bikin unik game ini ketimbang Contra yaitu dua karakter di Double Dragon nggak pake senjata, alias pake tangan kosong. Billy dan Jimmy Lee adalah dua jagoan bela diri, dan mereka berusaha ngabisin seluruh geng Black Wariors buat nyelametin pacar Billy. Buat kamu yang nggak terlalu suka tembak-tembakan, game ini seperti ngegabungin antara game fighting dan action.

Cheat seru:

Kamu bisa ngelewatin Bos level 2 tanpa harus ngelawannya. Di akhir misi 2, begitu Bos penjahat keluar dari pintu, segera turun tangga. Setelah beberapa saat kamu akan denger kata “victory” dan kamu bisa langsung ke misi 3 (untuk Nintendo).

7. Duck Hunt

via GIPHY

Satu lagi yang nggak mungkin kamu lupain, main tembak-tembakan di game console buat pertama kalinya. Kamu diajak berburu bebek di alam liar dengan anjing pemburu kamu yang jenaka. Kamu harus nembak semua bebek yang melintas di layar dan dapetin poin tertinggi.

Cheat seru:

Kamu bisa menghentikan target dengan cara, pasang joystick di port 1 dan light gun di port 2. Tekan START di joystick untuk pause, lalu klik lagi. Ketika game mulai kembali, target masih berhenti bergerak, sehingga kamu punya sasaran empuk buat ditembak (untuk Nintendo).

Mau tau cara main game-game ini dengan lebih seru? Ajak temen-temen sekolah kamu dulu buat kumpul di rumah kamu sambil reunian. Dan bikin turnamen seru pakai game jadul ini.

Categorised in: ,

This post was written by Kak Moza